• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Berita PLS

Pendidikan Luar Sekolah ku Sayang, PLS-ku Malang

admin imadiklus by admin imadiklus
in Berita PLS
Reading Time: 5 mins read
1
137
SHARES
1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pendidikan Luar Sekolah ku Sayang, PLS-ku Malang Oleh : Riky Syaily

Suatu ketika seorang pencuri sandal tertangkap basah oleh warga sedang mencuri beberapa pasang sandal milik warga yang sedang beribadah di mesjid, seketika semua warga beramai-ramai menghakimi pencuri tersebut hingga sang pencuri babak belur, sampai akhirnya seorang diantara warga memberanikan diri untuk membela pencuri tersebut, hingga warga sepakat untuk membawa pelaku pencurian tersebut ke pihak berwenang, tanpa adanya sidang aparat mem-vonis pelaku tersebut selama 1 tahun di dalam penjara, di lain tempat seorang pejabat tertangkap basah oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menggelapkan uang pemerintah sebesar 2 triliun, dan tentunya sudah sewajarnya pula pelaku tersebut di proses dengan jalur hukum, hasil sidang menetapkan pelaku korupsi tersebut di vonis dengan hukuman 10 tahun penjara dengan denda sesuai yang ditetapkan, wajar bukan?

Namun yang sangat mengherankan, berselang 1 minggu pelaku korupsi sudah berada di lingkungan luar dan bisa menghirup udara bebas, padahal sudah terbukti dia di vonis dengan hukuman 10 tahun penjara, aneh kan!? tentu saja aneh, nah untuk masalah seperti ini siapa sih sebenarnya patut disalahkan!? System perhukuman di Indonesia atau pelaku system itu sendiri atau mungkin kebudayaan di negri kita ini yang sudah menganggap bahwa korupsi adalah budaya turun temurun dan sudah menjadi sesuatu yang tidak tabu lagi..alahhhhh terserahlah…itu kan permasalahan orang-orang hukum bukan kita…lantas apa hubungannya dengan kita selaku orang pendidikan…!? Nah sebelum saya masuk kedalam pembahasan ada sebuah cerita lagi, tapi kali ini cerita tentang dunia pendidikan..

Suatu ketika saya sedang observasi di salah satu PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) untuk mendapatkan data guna mengerjakan salah satu tugas yang diberikan oleh dosen, singkat kata, data terkumpul dan sayapun sudah bergegas untuk pulang, sesampainya di rumah ketika hasil dari observasi tersebut mau saya ketik ulang, dengan tidak sadar saya merasa aneh dengan struktur organisasi di PKBM tersebut, keanehannya terletak pada pimpinan PKBM tersebut dan para tutornya, mengapa pimpinannya bertitel Insinyur sedangkan beberapa tutornya bertitel Sarjana Pendidikan Luar Sekolah….bukannya terbalik saya pikir…lebih-lebih tutor bertitel Sarjana Pendidikan Luar Sekolah kok mengajar Matematika, bukannya di kurikulum PLS belum pernah ada mata kuliah Matematika…aneh juga kan…

Untuk apa kuliah di PLS kalo ujung-ujungnya mengajar Matematika, bukannya lebih tepat kuliah di jurusan Pendidikan Matematika…

Sudahlah…cerita pengalaman tersebut hanyalah sebuah prolog dari permasalahan yang akan saya bahas tentang ketimpangan-ketimpangan yang terjadi antara system perkuliahan di PLS dengan realita-realita yang banyak terjadi di lapangan…

Jika kita cermati tujuan dari kurikulum PLS salah satunya adalah menjadikan mahasiswa PLS sebagai manajer dari pendidikan luar sekolah, tepatnya seseorang yang memegang kendali atas manajemen Pendidikan Luar Sekolah, lalu jika kita hubungkan kembali dengan beberapa kasus yang terjadi pada masa sekarang (salah satu contoh permasalahan PKBM yang saya angkat sebelumnya) akan menimbulkan beberapa pertanyaan…(maaf…pertanyaannya cukup di jawab dalam hati pembaca saja, bukan kuis koq…hehehe ^_^)….

Apakah output menjadikan seorang manajer Pendidikan Luar Sekolah tersebut sudah tersentuh secara nyata?
Jika belum, mengapa hal ini bisa terjadi?
Apakah kurikulum Pendidikan Luar Sekolah sudah tidak relevan?
Solusi konkrit apa yang seharusnya bisa kita ambil?

Emang saya pikir permasalahan relevansi ini ga pernah akan muncul bila output dari kurikulum PLS itu sendiri berusaha untuk idealis dan professional dalam mencari lapangan pekerjaan yang sesuai, namun jalan untuk idealis serta professional itulah yang membutuhkan kompetensi yang menunjang, kita bisa ambil satu contoh, dalam mata kuliah kita mempelajari bagaimana merancang suatu program Pendidikan Luar Sekolah dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan, Monitoring, Evaluasi sampai Tindak Lanjut, tapi apakah ada mata kuliah yang membahas tentang bagaimana cara kita untuk meminta bantuan baik fisik maupun pesak (maksudnya materi maupun sarana atau prasarana) ga ada kan…bukankah produk yang bisa dihasilkan dari lulusan PLS adalah ide/gagasan yang kemudian akan dijual, lalu bagaimana cara menjual ide/gagasan tersebut kalau kita tidak di belajarkan cara untuk menjualnya.

Percuma saja jika kita merancang suatu program hingga berbentuk proposal tanpa tau mesti dikemanakan proposal tersebut harus dijual, sia-sia saja bukan….

Membahas relevansi kurikulum PLS saya sempat mendengar kabar tentang mata kuliah PLP khususnya untuk tahun akademik 2007-2008, ternyata untuk praktisnya di lapangan semua mahasiswa disebar diseluruh SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) di seluruh pelosok Kota Bandung dan Kab.Bandung bahkan sampai ke luar kota seperti cianjur, sukabumi dan garut..menurut saya meskipun seluruh mahasiswa disebar di seluruh SKB di pelosok Indonesia mungkin pengalaman yang didapat semua mahasiswa tetap saja sama, toh semua SKB di Indonesia juga pada esensinya sama, jadi menurut saya gak ada warna baru dari pengalaman yang didapat mahasiswa yang ber-PLP jika semuanya ber-PLP di tempat yang ber-tupoksi sama dan seolah-olah SKB adalah satu-satunya garapan PLS bukankan garapan PLS luas sekali (beberapa orang berkata PLS= Pendidikan Luas Sekali), yang lebih mengejutkan lagi mahasiswa yang ber-PLP tersebut mengajar pada program pendidikan kesetaraan di SKB-SKB yang menjadi tempat prakteknya, bukankah sudah jelas-jelas PLS tidak mempunyai kompetensi untuk mengajar (Akta IV-nya saja sudah dihilangkan….bener kan????)

Saya jadi teringat perkataan salah satu Dosen saya, dia mengatakan “Kebanyakan orang-orang PLS mengecilkan diri sendiri, jika kita pahami PLS bisa masuk kemana saja kesemua aspek kehidupan, dimana saja, kapan saja, apa saja bisa menjadi garapan PLS tergantung bagaimana cara kita mengemasnya sehingga menjadi suatu bentuk kegiatan PLS yang mempunyai ciri khas ke-PLS-annya”, Satu hikmah yang bisa saya ambil dari perkataan dosen saya tersebut “Sesuatu yang besar berasal dari impian yang besar, jangan pernah mengecilkan diri sendiri jika ingin sesuatu yang besar”.

Walaupun berat sekali tantangan bagi saya (saya sebagai lulusan PLS) dalam mengamalkan ilmu yang saya peroleh selama perkuliahan agar idealis dan relevan dengan pekerjaan yang suatu saat Tuhan berikan kepada saya, namun saya akan berusaha sekuat mungkin agar pekerjaan saya memang berada pada garis idealis pada kompetensi yang saya dapat di PLS, walaupun jika pada akhirnya saya keluar dari batas garis idealis tersebut saya mohon maaf, saya hanya individu yang tidak cukup besar untuk menghacurkan batu berukuran sebesar gunung.

Mungkin tulisan saya ini tidak berarti apa-apa bila dibandingkan dengan tulisan lain dari rekan-rekan PLS yang lainnya, namun tulisan ini adalah suatu tanda bahwa saya benar-benar mencintai PLS dan mengharapkan kemajuan PLS…

Bangkitlah PLS-ku….

Majulah PLS-ku….

Gunakan Panca indramu…

Matamu untuk melihat orang yang membutuhkanmu..

Hidungmu untuk mencium penderitaan orang yang membutuhkanmu…

Telingamu untuk mendengar keluhan orang yang membutuhkanmu..

Lidahmu untuk merasakan penderitaan orang yang membutuhkanmu…

Kulitmu untuk merasakan penderitaan orang yang membutuhkanmu…

Gunakan tanganmu untuk menolong orang yang membutuhkanmu…

Gunakan kakimu untuk berjalan menolong orang yang membutuhkanmu…

Beribu anak Indonesia Membutuhkanmu…

Beribu pengangguran di Indonesia mengharapkan pertolonganmu…

Beribu masyarakat termajinalkan membutuhkanmu…

Pertolonganmu adalah secercah cahaya bagi mereka…

Previous Post

Pengertian Program Pendidikan Kesetaraan

Next Post

Tips Buat Mahasiswa Baru PLS

admin imadiklus

admin imadiklus

telegram @tanpatinta

Related Posts

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat,

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat

by admin imadiklus
3 Oktober 2023
0

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat, Pendidikan adalah salah satu aspek...

Anggaran untuk pendidikan non formal terus terkikis, tertinggal jauh dari pendidikan formal

Anggaran untuk pendidikan non formal terus terkikis, tertinggal jauh dari pendidikan formal

by admin imadiklus
1 Agustus 2023
0

Kesenjangan Pendidikan Formal & Non Formal Harus Dipikirkan Kesenjangan antara pendidikan formal dan non formal makin jelas terlihat. Otoritas Kemendikbudristek...

Daftar Program Wirausaha Merdeka 2023

Daftar Program Wirausaha Merdeka 2023

by admin imadiklus
8 Juli 2023
0

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa...

3 Kunci Sukses Diet ala Yulia Baltschun by I Hate Diet Book

3 Kunci Sukses Diet ala Yulia Baltschun by I Hate Diet Book

by Aminatus Sakdiah
1 Maret 2023
0

3 Kunci Sukses Diet ala Yulia Baltschun by I Hate Diet Book Dalam upaya untuk menurunkan berat badan, seringkali banyak...

Next Post
Tips Buat Mahasiswa Baru PLS

Tips Buat Mahasiswa Baru PLS

BEM-J PLS UNESA Menyelenggarakan turnamen futsal

BEM-J PLS UNESA Menyelenggarakan turnamen futsal

Comments 1

  1. Silvia maharani says:
    1 tahun ago

    Halo kak , saya juga mahasiswa pls yang sekarang menenpuh pendidikan di semester 3 , jujur saja saya setuju dengan pendapat penulis bahwasannya lulusan pls masih kurang arah dalam segi keilmuan , saya kadang mikir satu ilmu apa yang bisa saya terapkan untuk menggerakkan masyarakat.

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,874 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus