• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Berita PLS Campur

Belajar Berbasis e-Education Bagi Lansia

Tasya Melati Dewi by Tasya Melati Dewi
in Campur, Pendidikan Luar Sekolah
Reading Time: 4 mins read
0
144
SHARES
1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Gambar: Illustrasi Okezone

Belajar merupakan suatu proses yang pasti akan terjadi dalam diri setiap orang. Belajar adalah serangkaian proses perubahan diri manusia yang meliputi perubahan kepribadian baik tingkah laku, sikap maupun hal-hal lain yang berkaitan. Adanya peningkatan pemahaman, pengetahuan, keterampilan dan juga daya pikir. Belajar adalah suatu proses dimana suatu organisma berubah tingkah lakunya sebagai akibat pengalaman (Gagne dalam Whandi, 2009). Seseorang dapat dikatakan belajar apabila adanya keaktifan dalam proses mental dan emosional. Rasa aktif tersebut tidak hanya dapat dirasakan oleh orang-orang sekitar inidividu, tapi juga yang lebih penting adalah oleh individu itu sendiri.

Seperti yang telah dituliskan sebelumnya dalam belajar seseorang harus dapat merasakan perubahan dalam hidupnya baik kecerdasan dan juga sikap. Selain itu, seseorang yang telah mengalami proses belajar pastinya memiliki pengalaman baru yang diterima dari lingkungan social maupun lingkungan fisik individu tersebut. Sehingga harapan kedepannya individu tersebut dapat membagikan pengalaman tersebut kepada individu lain dalam proses pembelajaran. Ketika seseorang telah berhasil mengadakan perubahan dalam proses belajar, maka perubahan tersebut harus bersifat kontiniu fungsional, positif aktif, tidak berlangsung sementara dan dilakukan secara sadar.

Belajar merupakan salah satu kegiatan bermanfaat maka dari itu belajar harus menghasilkan pengetahuan dalam dunia pendidikan. Seiring dengan perkembangan zaman ada beberapa metode penyaluran, diantaranya dengan e-education. E- education adalah konsep pendidikan dengan menggunakan inetrnet sebagai media. Diambil dari kata e yaitu electronic dan education yaitu pendidikan.

Pada prinsipnya, e-education tidak hanya membangun halaman web saja, juga berkaitan dengan teknis mengemas program pendidikan secara digital serta mampu menghadirkan dunia pendidikan dalam linimasa.

Dengan melibatkan computer dan internet sebagai media pembelajaran, harapannya warga belajar dapat memperluas khazanah ilmu pengetahuan mereka. Sehingga tidak hanya terpaku pada satu pusat/tujuan saja, namun memahami beragam informasi. Dalam e-education harus mampu menghadirkan komponen-komponen fisik seperti materi kuliah, tugas, diskusi, ujian dan lain-lain dalam bentuk virtual. Ruang lingkup e-education adalah chatting, news group, web page, rencana belajar, diskusi online, e-books, e-news, video conference dan lain-lain. Dalam e-education juga terdapat komunitas yang menaungi diantaranya guru, siswa, platform online pendidikan, pemerintah, penyedia jasa e-education dan lain-lain. Dalam penerapannya terdapat kelebihan dan kekurangan dalam e-education.

Membahas soal pendidikan yang menjadi perhatian saat ini adalah istilah education for all dan long life education. Tidak selamanya pendidikan melibatkan hanya guru dan murid di usia muda sebagai peserta didik. Namun, dalam arti luasnya pendidikan juga berlaku pada orang dewasa dan lanjut usia. Pengajar yang biasa disebut sebagai fasilitator/tutor dan murid sebagai warga belajar. Dalam hal  ini, warga belajar tidak bisa melakukan dan diperlakukan sebagaimana kegiatan pendidikan untuk anak-anak dan remaja. Masalah kemudian yang sering muncul adalah bagaimana kiat, teknis, strategi dan materi yang harus dihadirkan dalam pendidikan orang dewasa (andragogi). Supaya warga belajar dapat menumbuhkan minat mereka dalam proses belajar. Pemahaman terhadap perkembangan kondisi psikologi orang dewasa dan usia lanjut tentu saja mempunyai arti penting bagi para pendidik atau fasilitator dalam menghadapi orang dewasa dan para usia lanjut sebagai siswa atau warga belajar.

Upaya membelajarkan orang dewasa (andragogi) dan usia lanjut sebagai salah satu alternatif pemecahan kependidikan, sebab pendidikan sekarang ini tidak lagi dirumuskan hanya sekadar sebagai upaya untuk mentransmisikan pengetahuan, tetapi dirumuskan sebagai suatu proses pendidikan sepanjang hayat (long life education). Memasuki usia 60 tahun berarti telah sekitar 20 tahun masa kejayaan telah dilalui yang biasanya dihitung dari usia 40 tahun. Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa, banyak informasi dan kearifan baik yang bersifat universal ataupun unik telah didapatkannya. Potensi ini bila dikaji akan sangat bermanfaat, tetapi bila dibiarkan begitu saja akan jadi nostalgia yang lapuk dan kusam. Kajian pemikiran para lansia sangat berpeluang dalam mengurai masalah-masalah kehidupan secara jernih. Berbagai kepentingan relatif tidak membebani, apalagi ambisi tampaknya sudah tidak menggelayutinya. Potensi jelas ada sekarang tinggal bagaimana kita mengaktualisasikannya.

Kesadaran masing-masing lansia untuk mengaktualisasikan potensinya adalah kondisi yang ideal. Namun kondisi seperti itu tidak kita jumpai saat ini. Oleh karena itu dibutuhkan wahana, yang bisa mengkondisikan potensi lansia mewujud dalam halhal yang bermanfaat bagi kehidupan. Kesepian di kalangan lansia adalah hal wajar karena sedikitnya teman sebaya, dan sibuknya anak ataupun generasi yang lebih muda. Namun rasa kesepian justru salah satu pendorong para lansia untuk berkiprah dalam masyarakat. Organisasi lansia mungkin yang paling mudah menjadi wahana untuk itu. Namun bila memungkinkan dan perlu terus diupayakan melebarkan jangkauan kiprahnya. Organisasi lansia haruslah bisa membuat potensi para lansia menjadi berkembang. Sehingga, tidak hanya sebagai dasar pengembangan saja, namun bisa menjadi sarana aksi untuk para lansia. Yang menjadi fasilitator pun baik dari masyarakat dan pemuda harus bijak dalam memberikan treatment. Pelayanan harus bersifat pengawasan yang tidak over protectif agar lansia dapat terus mengembangkan potensinya.

e-Education sebagai suatu inovasi dalam bidang pendidikan tentu saja akan berinteraksi dengan bentuk pendidikan konvensional yang sudah sangat mapan. Kegagalan dalam proses difusi inovasi akan meyebabkan e-Education tertolak atau paling tidak tidak dipercaya untuk ikut dalam mengatasi masalah-masalah pendidikan dalam rangka memajukan pendidikan di negeri ini. Memang diakui bahwa menghadirkan suasana sekolah yang sesungguhnya melalui teknologi informasi bukanlah hal yang mudah. Oleh karena pendidikan bukan hanya sekadar proses transfer ilmu dan teknologi, justru penciptaan lingkungan pendidikan yang nyata harus terus diupayakan.

Semua segmen masyarakat perlu dimotivasi agar mau memanfaatkan teknologi informasi untuk belajar, tidak terkecuali bagi anggota masyarakat kelompok lanjut usia. Dengan demikian e-Education mampu membentuk masyarakat belajar yang kokoh. Kegiatan para lansia tidak difokuskan pada posyandu lansia tetapi turut menghidupkan gerak perpustakaan, warnet, musium, sanggar, telekonference, dan lain sebagainya. Penerapan e-Education sebagai salah satu bentuk teknologi komunikasi menempati posisi strategis. Tidak terkecuali bagi kelompok lanjut usia, akan mampu mengembangkan potensi. Belajar tidak mengenal batas waktu, tetapi kesempatan belajar secara kovensional tidak memberi kesempatan yang leluasa bagi lansia untuk terlibat di dalamnya. Oleh karenanya kalangan lansia perlu dimotivasi untuk terlibat dalam e-Education seperti halnya keterlibatannya dalam program posyandu lansia.

 

Oleh Erma Regina Y (PLS Universitas Sriwijaya)

Rujukan Pustaka:

 Eko Budi Prasetyo. 2012. Menjadi Lansia Teladan. Jurnal UNY. 1-6.

 Puguh                 Gita                  Januar.                 2010.                  Apa                 Itu                 Belajar?.

 https://www.kompasiana.com/pughiyman/55004441a333115b745101ea/apa-itu-belajar (diakses pada 19 Maret 2020)

 I     Gede     Sugiarsa.    2009.      e-Education.    https://tentangetechnology.wordpress.com/e-

 technology/e-education-2/ (diakses pada 19 Maret 2020)

Previous Post

Sosialisasi Stunting dan Pelatihan Pencegahan dengan Demonstrasi Memasak Gizi Seimbang

Next Post

Hubungan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Efektivitas dan Kondusivitas Pembelajaran Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Tasya Melati Dewi

Tasya Melati Dewi

Related Posts

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat,

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat

by admin imadiklus
3 Oktober 2023
0

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat, Pendidikan adalah salah satu aspek...

Ibu dan Anak Raih Gelar Magister Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Bareng

Ibu dan Anak Raih Gelar Magister Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Bareng

by admin imadiklus
12 Agustus 2023
0

Biasanya orang tua menjadi pendamping saat acara wisuda putra-putri mereka. Namun berbeda dengan kisah satu ini, Yekti Wulancahyani dan putra...

Daftar Program Wirausaha Merdeka 2023

Daftar Program Wirausaha Merdeka 2023

by admin imadiklus
8 Juli 2023
0

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa...

Jurnal Terbit – Edisi Terbaru LIFELONG EDUCATION JOURNAL Vol 3 No 1 (2023): April

Jurnal Terbit – Edisi Terbaru LIFELONG EDUCATION JOURNAL Vol 3 No 1 (2023): April

by admin imadiklus
27 Mei 2023
0

Jurnal Terbit - Edisi Terbaru LIFELONG EDUCATION JOURNAL Vol 3 No 1 (2023): April Kami dengan senang hati mengumumkan terbitnya...

Next Post
Hubungan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Efektivitas dan Kondusivitas Pembelajaran Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Hubungan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Efektivitas dan Kondusivitas Pembelajaran Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

MASALAH BELAJAR JARAK JAUH SISWA SEKOLAH  DASAR DI KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN

MASALAH BELAJAR JARAK JAUH SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,874 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus