• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Berita PLS

Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal

admin #TemanImadiklus by admin #TemanImadiklus
in Berita PLS, Berita Utama
Reading Time: 3 mins read
0
141
SHARES
1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Sudah menjadi kelaziman, setiap musim penghujan, dapat dipastikan akan diikuti pula oleh munculnya berbagai bencana, salah satunya adalah bahaya banjir. Di berbagai daerah, kedatangan banjir sering diikuti dengan timbulnya kerugian harta benda yang tidak sedikit, bahkan kematian.

Mungkinkah pegiat pendidikan nonformal (dalam hal ini tutor), seperti pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Kota Batu, mau dan bisa menyampaikan pesan-pesan pengurangan resiko bencana yang intinya menyadarkan masyarakat akan bahaya banjir dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menghindarkan, atau paling tidak mengurangi akibat banjir yang lebih besar lagi ?.

Dengan kata lain, mampukah pegiat pendidikan nonformal menterjemahkan konsep keaksaraan bencana yang memfokuskan pada upaya penumbuhan pemahaman, kesiapsiagaan dalam menghadapi tanda-tanda sebelum, pada saat, dan setelah terjadi bencana, termasuk upaya pemulihan trauma pasca bencana ?.

Curah hujan yang tinggi di daerah perbukitan/pegunungan yang rusak vegetasinya, seringkali diikuti oleh munculnya bahaya tanah longsor maupun terjadinya banjir bandang yang mengancam bahkan merusak harmoni lingkungan hidup flora fauna.

Penyebab utama banjir, konon karena curah hujan yang tinggi diatas normal, saluran air tidak mampu menampung air sehingga meluap dan menggenangi daerah sekitar. Untuk daerah pesisir pantai, seringkali terjadi rob, yaitu masuknya air laut ke daratan. Kondisi ini sangat menyibukkan banyak pihak.

Bukan itu saja, pembuangan sampah di sungai yang bisa mengakibatkan cepatnya proses sedimentasi dan penyumbatan saluran air, rusaknya lereng gunung akibat alih fungsi hutan menjadi lahan produktif sehingga daerah resapan air berkurang dan sumber mata air mengecil karena akar tanaman penyimpan air tidak ada.

Begitu juga dengan maraknya pembangunan pemukiman di daerah perbukitan dan terjadinya penyerobotan tanah bantaran sungai yang dijadikan pemukiman liar serta terjadinya penyempitan luasan sungai karena sengaja di reklamasi untuk lahan pemukiman liar.

Tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat, maka pesan-pesan yang disampaikan oleh tutor, akan mempercepat proses penyadaran akan pentingnya menjaga lingkungan alam sekaligus tetap waspada terhadap terjadinya bencana banjir.

Para pegiat pendidikan nonformal pun hendaknya juga menjelaskan apa saja yang harus dilakukan  sebelum terjadinya banjir, seperti (a) Mengenali tempat kerja/tempat tinggal sekitar apakah termasuk daerah rawan banjir atau tidak, (b) Tidak membuang sampah di Got atau Sungai, (c) Membersihkan saluran air, membakar sampah, (d) menjaga daerah resapan air dan sumber mata air dengan cara menghijaukan lereng gunung dan hutan yang gundul dengan aneka tanaman keras, (e) Jika musim hujan mulai datang, amankan barang-barang yang penting dan berharga ditempat yang aman.

Terus pada saat terjadi banjir, yang harus dilakukan adalah, mematikan aliran listrik, mengamankan barang-barang elektronika dan barang berharga lainnya, Jika banjirnya parah, maka sebaiknya segera mengungsi ke daerah yang aman, jika mampu, ikut serta melakukan evakuasi dan penyelamatan korban banjir, membantu mendirikan posko dan dapur umum. Membantu menjaga kebersihan dan keamanan lokasi pengungsian agar tetap bersih dan kering untuk menghindari munculnya aneka penyakit, waspadai penggunaan air  bersih, membantu memantau situasi banjir terkini dan debit air sungai sebagai antisipasi munculnya banjir susulan, Selalu koordinasi dengan pemerintah (dalam hal ini BPBD dan BNPB).

Sedangkan upaya-upaya yang perlu dilakukan sesudah terjadinya banjir (pasca banjir) diantaranya adalah membersihkan rumah dan lingkungan secara bergotong royong, jika perlu dilakukan penyemprotan dengan menggunakan desinfektan, bekerja sama dengan puskesmas/dinas kesehatan kabupaten/kota, membersihkan sumur dan saluran pembuangan (got), waspadai adanya sisa-sisa sampah dan binatang liar yang terbawa banjir.

Sepertinya, tugas penyuluhan yang seperti ini tidak begitu sulit bagi tutor PKBM di wilayah Kota Batu untuk menyisipkan materi kebencanaan dalam proses pembelajarannya, baik itu pada program keaksaraan fungsional, program pendidikan kesetaraan maupun program lain yang menjadi tugas pegiat pendidikan nonformal. Termasuk penyuluhan dasa wisma tangguh. Salam Literasi [eBas]

sumber: https://www.forumprbjatim.or.id/2021/11/penyuluhan-bahaya-banjir-melalui.html?m=1

Tags: Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
Previous Post

Telah Terbit JOURNAL LIFELONG EDUCATION JOURNAL  Vol 1 No 2 (2021): Oktober

Next Post

Pendidikan Luar Sekolah di Masyarakat, Pentingkah !

admin #TemanImadiklus

admin #TemanImadiklus

#TemanImadiklus volunteer imadiklus

Related Posts

Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap Dengan Perilaku Pengelolaan Sampah Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Trisobo, Kendal

Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap Dengan Perilaku Pengelolaan Sampah Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Trisobo, Kendal

by admin imadiklus
12 Desember 2022
0

Abstrak  Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap Dengan Perilaku Pengelolaan Sampah Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Trisobo, Kendal Produksi sampah masyarakat...

Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembuatan Seni Batik Kujur

Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembuatan Seni Batik Kujur

by admin imadiklus
26 November 2022
0

Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembuatan Seni Batik Kujur (Abu Huraerah, 2008:87) mengatakan bahwa pemberdayaan masyarakat adalah sebuah proses dalam bingkai usaha...

Pemberdayaan masyarakat di dusun kota Prabumulih

Pemberdayaan masyarakat di dusun kota Prabumulih

by admin imadiklus
26 November 2022
0

Pemberdayaan masyarakat di dusun kota Prabumulih Dusun Prabumulih (duspra) Terletak di kota Prabumulih Kec. Prabumulih barat Kel. Prabumulih Sumatera Selatan....

Formasi Lowongan ASN Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Masyarakat Pendidikan Non Formal

Formasi Lowongan ASN Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Masyarakat Pendidikan Non Formal

by admin imadiklus
19 November 2022
0

Formasi Lowongan ASN Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Masyarakat Pendidikan Non Formal

Next Post
Pendidikan Luar Sekolah di Masyarakat, Pentingkah !

Pendidikan Luar Sekolah di Masyarakat, Pentingkah !

Pendamping Desa 2021

Lowongan Pendamping Desa 2021

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,877 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Implementasi BUMDes dalam Upaya Menciptakan Lapangan Kerja bagi Pemuda di Desa Jungjang 31 Oktober 2022 Rachman Yushril Fadillah
  • Pengelolaan Pembelajaran pada Pelatihan Pengelola Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya 31 Oktober 2022 Indah Rahmawati
  • Upaya Pengembangan Minat Literasi dan Kemampuan Menghafal Pada Anak Melalui Video Animasi di Teras Baca Sumberpasir Kabupaten Malang 31 Oktober 2022 Riris Dwi Puji Rahayu
  • Model Operasional Pelatihan Pada Balai Latihan Kerja Tasikmalaya dalam Menyiapkan Tenaga Kerja Profesional 31 Oktober 2022 Hilmi Nur Fakhira
  • Pengaruh Keberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Potensi Lokal Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Anggota Kelompok Wanita Tani 31 Oktober 2022 Indri Dwi Ramadani
  • Upaya Pembentukan Kepribadian Islami Santri Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Al-Fikri Kebun Bunga Permai Kota Palembang 31 Oktober 2022 Andini Sarina
  • Model Magang Pendidikan Informal 31 Oktober 2022 Mira Nurlela
  • Upaya Pendamping Desa Dalam Pengembangan Desa Wisata Sopotinjak Kecamatan Batang Natal 31 Oktober 2022 Putri Anggina
  • Pemberdayaan Kelompok Tani Padi Melalui Penyuluhan Pertanian 31 Oktober 2022 Setia Ramandani
  • Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Pada Lembaga Sosial SOS Children’s Village, Kota Medan 31 Oktober 2022 Aisyah Anggreni
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Home
    • Tentang
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team Lej
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • Kategori
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
  • Acuan
    • CPNS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta

Terkait imadiklus