• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Berita PLS Campur

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MASA PRENATAL

admin #TemanImadiklus by admin #TemanImadiklus
in Campur
Reading Time: 4 mins read
0
143
SHARES
1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
MASA PRENATAL

Oleh

Agus Tomi (108141410064)
Cakra Ashar F. (208141419523)
Guntur Tri Cahyono (108141415274)
M. Fendik Setyawan (108141410056)
Nungky Firdiani (108141410047)
Nurias Zetya N. L. (108141410062)

UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
MALANG
2008

1. Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interseluler, bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruan, sehingga dapat di ukur dengan satuan panjang dan berat.
Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian.

2. Ciri – ciri dan prinsip tumbuh kembang anak
¢ Ciri “ ciri :
a. perkembangan menimbulkan perubahan
b. pertumbuahan dan perkembangan pada awal menentukan perkembangan selanjutnya.
c. Perkembangan dan pertumbuhan mempunyai kecepatan yang berbeda
d. Perkembangan berkorelasi dengan pertumbuhan
e. Perkembangan mempunyei pola yang tetap
f. Perkembangan memiliki tahap yang berurutan
¢ Prinsip :
a. perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar
b. pola perkembangan dapat diramalkan

3. Faktor “ faktor yang mempengaruhi kwalitas tumbuh kembang anak
a. faktor dalam (Internal) :
o Ras / Etnik / bangsa
o Keluarga
o Umur
o Jenis kelamin
o Genetik
o Kelainan kromosom

b. faktor luar (Eksternal)
c. faktor prenatal :
o Gizi
o Mekanis
o Toksin / zat kimia
o Endikrin
o Radiasi
o Infeksi
o Kelainan imonologi
o Anoksia embrio
o Psikolofi Ibu
d. faktor persalinan
e. faktor pasca salin :
? Gizi
? Penyakit kronis
? Lingkunagn fisis dan kimia
? Psikologis
? Endokrin
? Sosial “ Ekonomi
? Lingkungan pengasuhan
? Stimulasi
? Obat “ obatan

4. Aspek perkembangan yang dipantau
a. Gerak kasar atau motorik kasar
b. Gerak halus atau motorik halus
c. Kemampuan bicara dan bahasa
d. Sosialisasi dan kemandirian

5. Periode tumbuh kembang anak
a. Masa prenatal ( masa jenis dalam kandungan)
? Masa zigot atau mudigah konsepsi “ 2 minggu
? Masa embrio 2 minggu “ 8/12 minggu
? Masa janin atau fetus 9/12 minggu “ akhir kehamilan :
? Fetus dini 9 minggu “ trimester ke- 2
? fetus lanjut trimester akhir kehamilan
Menjaga agar janin tumbuh dan berkembang menjadi anak sehat :
o Menjaga kesehatan dengan baik
o Selalu berada dalam lingkungan yang menyenangkan
o Mendapat nutrisi yang sehat untuk janin yang dikandungnya
o Memeriksa kesehatan secara teratur ke sarana kesehatan
o Memberi stimulasi dini terhadap janin
o Memberikan kasih saying terhadap janin baik dari suami maupun keluarga
o Menghindari stres baik fisik maupun psikis
o Tidak bekerja berat yang nantinya dapat membahayakan kondisi kehamilan.
b. Masa bayi (infancy) 0 sampai 11 bulan dibagi dalam dua periode :
1) Masa neonatal 0 sampai 28 hari. Dibagi menjadi 2 periode :
? neonatal dini umur 0 “ 7 hari
? neonatal lanjut umur 8 “ 28 hari

Hal “ hal yang dilakukan agar bayi tumbuh dan berkembang menjadi anak sehat :
o bayi lahir lahir ditolong oleh tenaga kesehatan yang terlatih, di sarana kesehatan yang memadai.
o Untuk mengantisipasi resiko buruk pada bayi saat dilahirkan, jangan terlambat pergi ke sarana kesehatan bila dirasakan sudah saatnya untuk melahirkan.
o Saat melahirkan sebaiknya didampingi oleh keluarga
o Sambutlah kelahiran anak penuh suka cita dan penuh syukur
o Berikan ASI sesegera mungkin
2) Masa Post (pasca) neonatal 29 hari “ 11 bulan
Masa bayi adalah masa dimana kontak erat antara ibu dan anak terjalin, sehingga dalam masa ini, pengaruh ibu dalam mendidik anak sanyat besar
c. Masa balita (12 “ 59 bulan)
Masa 3 tahun pertama :
o Belajar berjalan
o Mengenal huruf
o Bersosialisasi
o Berbicara
Perkembangan moral serta dasar “ dasar moral dan kepribadian anak juga dibentuk pada masa ini sehingga setiap kelainan atau penyimpangan sekecil apapun apabila tidak dideteksi apalagi tidak ditangani dengan baik akan mengurangi kwalitas SDM dikemudian hari.
d. Masa anak Prasekolah (60-72 bulan)
o Pertumbuhan stabil melakukan aktivitas jasmani serta memulai keterampilan dan proses berfikir.
o Anak mulai senang bermain di luar
o Anak mulai berteman
Perlu diperhatikan bahwa proses belajar pada masa ini adalah dengan cara bermain. Orang tua dan keluarga berperan memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, agar dapat dilakukan intervensi dini bila anak mengalami kelainan atau gangguan.

6. Tahapan Perkembangan Anak Menurut Umur
a) Umur 0 “ 3 bulan :
¢ Mengankat kepala setinggi 45 derajat
¢ Menggerakkan kepala dari kiri, kanan
¢ Melihat dan menatap wajah anda
¢ Mengoceh spontan / bereaksi dengan mengoceh
¢ Suka tertawa keras
¢ Bereaksi terkejut terhadap suara keras
¢ Membalas tersenyum ketika di ajak bicara
¢ Mengenal ibu dengan penglihatan, penciuman, pendengaran, kontak.
b) Umur 3 “ 6 bulan
¢ Berbalik dari telungkup ke terlentang
¢ Mengankat kepala setinggi 90 derajat
¢ Mempertahankan posisi kepala tetap tegak dan stabil
¢ Menggenggam pensil
¢ Meraih benda yang ada dalam jangkauannya
¢ Memegang tangannya sendiri
¢ Mengarahkan pancangan mata kepada benda “ benda kecil
¢ Mengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekik
¢ Tersenyum ketika melihat mainan atau gambar yang menarik saat bermain sendiri.
c) Umur 6 “ 9 bulan
¢ Duduk
¢ Belajar berdiri
¢ Merangkak meraih mainan atau mendekati seseorang
¢ Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain
¢ Memungut dua benda pada masing “ masing tangan
¢ Bersuara tanpa arti
¢ Bermain tepuk tangan
d) Umur 9 “ 12 bulan
¢ Mengankat badan ke posisi berdiri
¢ Belajar berdiri selama 30 detik untuk meraih barang yang diinginkan
¢ Memasukkan benda ke mulut
¢ Mengulang bunyi yang di dengar
¢ Menyebut 2 “ 3 suku kat yang sama tanpa arti
¢ Mengeksplorasi sekitar, ingin tahu, ingin menyentuh apa saja
¢ Bereaksi terhadap suara yang perlahan atu bisikan
¢ Senang diajak bermain
¢ Mengenal anggota keluarga
e) Umur 12 “ 18 bulan
¢ Berdiri sendiri tanpa berpegangan
¢ Membungkuk, memungut mainan kemudian berdiri kembali
¢ Berjalan mundur lima langkah
¢ Memanggil ayah dengan sebutan papa, ibu dengan sebutan mama
¢ Menumpuk 2 kubus
¢ Menunjukkan apa yang diinginkan tanpa menangis atau merengek
¢ Melihatkan rasa cemburu atau bersaing
f) Umur 18 “ 24 bulan
¢ Berjalan tanpa terhuyun “ huyun
¢ Bertepuk tangan melambai “ lambai
¢ Menumpu 4 buah kubus
¢ Memungut benda kecil dengan ibu jari dan jari “ jari telunjuk
¢ Membantu atau meniru pekerjaan rumah
¢ Memegang cangkir sendiri atau belajar makan dan minum
g) Umur 24 “ 36 bulan
¢ Jalan, naik tangga sendiri
¢ Dapat bermain dan menendang bola kecil
¢ Mencoret coret pensil pada kertas
¢ Bicara dengan menggunakan 2 kata
¢ Makan nasi sendiri tanpa tumpah
¢ Dapat menunjuk 1 atau lebih bagian tubuhnya ketika diminta
¢ Melihat gambar dan dapat menyebutnya dengan benar
¢ Melepas pakaiannya sendiri
h) Umur 36 “ 48 bulan
¢ Berdiri a kaki 2 detik
¢ Melompat lompat
¢ Mengayun sepeda roda 3
¢ Menggambar garis lurus
¢ Menumpuk 8 buah kubus
¢ Menyebut nama, umur, tempat lahir
¢ Mendengarkan cerita
¢ Mencuci dan mengeringkan tangan sendiri
i) Umur 60 “ 72 bulan
¢ Berjalan lurus
¢ Menggambar 6 bagian
¢ Menggambar orang lengkap
¢ Menangkap bola kecil dengan kedua tangan
¢ Menggambar segi 4
¢ Mengerti arti lawan kata
¢ Mengerti pembicaraan yang menggunakan 7 kata atau lebih

7. Beberapa Gangguan Tumbuh Kembang Anak
? Gangguan bicara dan bahasa
? Cerebral palsy
? Sindrom down
? Perawakan pendek
? Gangguan autisme
? Retardasi mental
? Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH)

 

 

Previous Post

Kaos IMADIKLUS

Next Post

Materi Mata Kuliah DIFUSI INOVASI >> Unsur-Unsur Difusi

admin #TemanImadiklus

admin #TemanImadiklus

#TemanImadiklusvolunteer imadiklus

Related Posts

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat,

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat

by admin imadiklus
3 Oktober 2023
0

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat, Pendidikan adalah salah satu aspek...

Daftar Program Wirausaha Merdeka 2023

Daftar Program Wirausaha Merdeka 2023

by admin imadiklus
8 Juli 2023
0

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa...

3 Kunci Sukses Diet ala Yulia Baltschun by I Hate Diet Book

3 Kunci Sukses Diet ala Yulia Baltschun by I Hate Diet Book

by Aminatus Sakdiah
1 Maret 2023
0

3 Kunci Sukses Diet ala Yulia Baltschun by I Hate Diet Book Dalam upaya untuk menurunkan berat badan, seringkali banyak...

LPDP 2023 KEMBALI DIBUKA, INTIP SOSIALISASI LPDP OLEH IMADIKLUS

LPDP 2023 KEMBALI DIBUKA, INTIP SOSIALISASI LPDP OLEH IMADIKLUS

by admin imadiklus
11 Februari 2023
0

LPDP 2023 KEMBALI DIBUKA, INTIP SOSIALISASI LPDP OLEH IMADIKLUS?, SOSIALISASI BEASISWA LPDP TAHUN 2023?

Next Post

Materi Mata Kuliah DIFUSI INOVASI >> Unsur-Unsur Difusi

Matari Mata Kuliah Difusi Inovasi Bag.2 >> Proses Keputusan INOVASI

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,874 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus