Pendidikan Non-Formal Adalah Program Pembelajaran Yang Terselenggara Secara Terancang*) Untuk Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan, Dan Sikap Pada Diri Peserta Didik Pendidikan In-Formal Adalah Peristiwa Belajar Yang Terselenggara Sedemikian Saja Secara Tidak Terancang*) Yang Menghasilkan Perubahan Pengetahuan, Keterampilan, Dan Sikap Pada Diri Peserta Didik
*)terancang = hadir/ada lengkap delapan standar
8 Ciri Pendidikan nonformal
- Tujuan: Jangka pendek, yang berupa kemampuan fungsional untuk kepentingan saat ini maupun masa depan. Menekankan kepada kompetensi, dan tidak menekankan pentingnya ijazah.
- Waktu: Relatif singkat, mulai yang beberapa hari sampai beberapa minggu, dan pada umumnya kurang dari satu tahun.
- Persyaratan peserta didik: Persyaratan untuk mengikuti program pendidikan adalah kebutuhan, minat, dan kesempatan.
- Isi Program/Kurikulum: Kurikulum berpusat pada pada
kepentingan dan kebutuhan peserta didik. - Program Pembelajaran: Struktur program pembelajaran bersifat luwes. Jenis dan uruan program kegiatan bervariasi.
- Proses Pembelajaran: Proses pembelajaran berpusat pada peserta didik, dipusatkan di lingkungan masyarakat dan lembaga, serta berkaitan dengan kehidupan peserta didik dan masyarakat.
- Hasil Belajar: diterapkan langsung dalam kehidupan dan lingkungan pekerjaan atau di masyarakat.
- Pengawasan: Pengawasan dilakukan oleh pelaksana program dan peserta didik, dan pembinaan rogram dilakukan secara demokratik