• Pendataan
  • Team Lej
  • Alamat Jurnal
Rabu, Oktober 1, 2025
IMADIKLUS
Advertisement
  • DepanDepan
    • Alamat Jurnal
      • Team Lej
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • All
    • Curhat
    • PLS UM
    Jurnal vs Artikel: Perbedaan, Ciri, dan Contoh Lengkap

    Jurnal vs Artikel: Perbedaan, Ciri, dan Contoh Lengkap

    Mengoptimalkan Pendidikan Non-Formal untuk Pengembangan Karir

    Mengoptimalkan Pendidikan Non-Formal untuk Pengembangan Karir

    Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

    Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

    OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

    OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

    MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

    MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

    MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

    MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

    Opini evaluasi program sosialisasi “Cegah Kekerasan dan Pelecehan dengan Sosialisasi Perlindungan Perempuan”

    Opini evaluasi program sosialisasi “Cegah Kekerasan dan Pelecehan dengan Sosialisasi Perlindungan Perempuan”

    Opini Patalogi sosial "Stop bullying di lingkungan sekolah"

    Opini Patalogi sosial “Stop bullying di lingkungan sekolah”

    Tingkatkan Skill Remaja Perempuan Desa Pajaten, Tim PPK Ormawa Himapenmas Unsika Tahun 2023 Menyelenggarakan Pelatihan Desain

    Tingkatkan Skill Remaja Perempuan Desa Pajaten, Tim PPK Ormawa Himapenmas Unsika Tahun 2023 Menyelenggarakan Pelatihan Desain

    • Pendidikan Luar Sekolah
    • Pendidikan masyarakat
    • Pendidikan nonformal
    • Berita Utama
    • Berita PLS
    • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
    • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
    • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Posting Artikel
    • Log In
No Result
View All Result
  • DepanDepan
    • Alamat Jurnal
      • Team Lej
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • All
    • Curhat
    • PLS UM
    Jurnal vs Artikel: Perbedaan, Ciri, dan Contoh Lengkap

    Jurnal vs Artikel: Perbedaan, Ciri, dan Contoh Lengkap

    Mengoptimalkan Pendidikan Non-Formal untuk Pengembangan Karir

    Mengoptimalkan Pendidikan Non-Formal untuk Pengembangan Karir

    Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

    Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

    OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

    OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

    MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

    MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

    MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

    MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

    Opini evaluasi program sosialisasi “Cegah Kekerasan dan Pelecehan dengan Sosialisasi Perlindungan Perempuan”

    Opini evaluasi program sosialisasi “Cegah Kekerasan dan Pelecehan dengan Sosialisasi Perlindungan Perempuan”

    Opini Patalogi sosial "Stop bullying di lingkungan sekolah"

    Opini Patalogi sosial “Stop bullying di lingkungan sekolah”

    Tingkatkan Skill Remaja Perempuan Desa Pajaten, Tim PPK Ormawa Himapenmas Unsika Tahun 2023 Menyelenggarakan Pelatihan Desain

    Tingkatkan Skill Remaja Perempuan Desa Pajaten, Tim PPK Ormawa Himapenmas Unsika Tahun 2023 Menyelenggarakan Pelatihan Desain

    • Pendidikan Luar Sekolah
    • Pendidikan masyarakat
    • Pendidikan nonformal
    • Berita Utama
    • Berita PLS
    • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
    • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
    • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Posting Artikel
    • Log In
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Artikel dan Opini

Mensetarakan Pendidikan Non-Formal

admin imadiklus by admin imadiklus
21 Oktober 2010
in Artikel dan Opini
0
Mensetarakan Pendidikan Non-Formal
0
SHARES
4
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pendidikan sebagai sebuah senjata yang sangat ampuh untuk memajukan sebuah bangsa di dunia. hal ini didasarkan atas semakin tingginya peradapan suatu bangsa diakibatkan sumbangsih pendidikan itu sendiri, kuatnya suatu bangsa terletak pada hasil mutu pendidikan yang bermutu cerdas dan mermiliki budi pekerti yang luhur.

Dalam persolan tersebut diatas bahwasanya kita menyadari sangat sulitnya mencapai ketiga komponen tersebur bermutu, Cerdas dan memiliki budi pekerti yang luhur Ketiga komponen tersebut merupakan subjective yang tidak dapat dipisah-pisahkan satu antara yang lain. Kecerdasaran tidak memberikan sebuah harapan yang dapat membawa kemodaratan jika tidak dibarengi dengan budi pekerti yang melekat pada ajaran agama dan hal ini berlaku sebaliknya.

Undang Undang Dasar 1945 (UUD) pasal 31 Ayat 1 (satu) amendement ke IV (empat) menyataklan “Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran dari redaksional tersebut jelas bahwasannya setiap orang dimanapun ia berada tanpa terkecuali memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan baik formal maupun non-formal.yang dimulai dari tingkat pendidikan paling dasar Sekolah Taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi swasta maupun negeri. Didalam uu nomor 23 tahun 2003 tentang undang-undang system pendidikan Nasional dinyatakan secara jelas Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang Pasal 1 “ketentuan umum pada bagian kelima, khusus mengatur pendidikan non formal, pasal 26 ayat 1,s.d 7.

Pendidikan formal merupakan sebuah pendidikan alternative yang condong keberadaanya sebagai objek pendidikan sahaja, hal ini yang menyebabkan keberadaan sekolah non formal tidak dapat disamakan dengan pendidikan formal lainnya. Timbulnya pengecapan “stereotype tersebut ditengah-tengah masyarakat merupakan sebuah kemunduran dunia pendidikan yang menyebabkan tidak bermaknanya pendidikan tersebut

Flashback beberapa bulan yang lalu, tentang ujian nasiunal (UN) Berdasarkan data Badan Standart Nasional Pendidikan (BSNP) 1.522.162 siswa mengikuti ujian national yang diadakan secara serempak di indonesia dengan kelulusan 89,88 percent dengan artian terjadi penurunan kelulusan dari tahun 2009-2010, sehingga terdapat 154.079 siswa yang akan mengikuti ujian susulan
http://metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2010/04/25/104101/Tingkat-Kelulusan-UN-2010-Menurun

Dari angka diatas maka sebanyak 154.079 sisa yang akan menegikuti ujian susulan dengan tingkat trauma yang lebih tinggi dari sebelumnya dan sebahagian besar dari mereka tentunnya akan mengikuti ujian kesetaraan untuk mendapatkan kelulusan mereka dan yang menjadi permasalahan bagaimana dengan mutu institusi tersebut sekarang ¦?

Pengambangan pendidikan non-formal saat sekarang ini tidak secara konstans memperbaiki permasalahan pendidikan untuk mengembalikan fungsi pendidikan non formal yang dapat disetarakan dengan pendidikan formla lainnya.

Harapan penulis melalui tulisan ini dapat membantu pendidikan non formal kedepannya melalui beberapa hal dengan melakukan perubahan yang fundamental bagi lembaga pendidikan non formal melalui sebuah perencanaan pendidikan yang lebih mengedepankan mutu pendidikan dari pada tempat untuk mencari rezeki belaka, oleh karena itu tindakan yang harus dilakukan yakni melakukan perubahan membentuk sebuah lembaga pendidikan yang sama dengan sekolah formal lainnya sehingga pendidikan non formal kedepannya tidak dikelola melalui individu dengan artian pendidikan kesetaraan adalah pengelola pendidikan tersebut sehingga tidak memiliki regenerasi sehingga menimbulkan ketidak transparan didalam pengelolaan manajemen menyebabkan lembaga pedidikan kesetaraan tersebut terlihat sebagai lembaga yang ekslusif.

Andy Lesmana
Previous Post

Pendidikan Formal & Pendidikan Non Formal

Next Post

Penerimaan CPNS di Lingkungan Kemenpora

admin imadiklus

admin imadiklus

telegram @tanpatinta

Next Post
Penerimaan CPNS di Lingkungan Kemenpora

Penerimaan CPNS di Lingkungan Kemenpora

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stay Connected test

  • 23.9k Followers
  • 99 Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

7 September 2022
Kumpulan Gema Takbir (Free Download Mp3)

Kumpulan Gema Takbir (Free Download Mp3)

28 Maret 2023

ASAS-ASAS PENDIDIKAN

15 Januari 2013
Apa sih jurusan Pendidikan Masyarakat

Apa sih jurusan Pendidikan Masyarakat

24 Mei 2022
Temu ALUMNI Jurusan PLS Universitas Negeri Malang ANGKATAN 1964-2014

Pendidikan Nonformal – PNF

118
Ijasah Sarjana Pendidikan Luar Sekolah dikeluhkan di Cianjur

Ijasah Sarjana Pendidikan Luar Sekolah dikeluhkan di Cianjur

95
BELAJAR TANPA SEKOLAH

BELAJAR TANPA SEKOLAH

86
Mahasiswa Unnes Temui Dirjen PNFI

Mahasiswa Unnes Temui Dirjen PNFI

74
Jenis dan Program Pendidikan Luar Sekolah

Jenis dan Program Pendidikan Luar Sekolah

28 Mei 2025
Memahami Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Indonesia

Memahami Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Indonesia

6 Juli 2025
Imadiklus Training 1 UNESA: Cetak Pemimpin Mahasiswa Unggul

Imadiklus Training 1 UNESA: Cetak Pemimpin Mahasiswa Unggul

21 Mei 2025
Pendidikan Luar Sekolah: Membuka Peluang Belajar untuk Semua

Pendidikan Luar Sekolah: Membuka Peluang Belajar untuk Semua

18 Mei 2025

Recent News

Jenis dan Program Pendidikan Luar Sekolah

Jenis dan Program Pendidikan Luar Sekolah

28 Mei 2025
87
Memahami Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Indonesia

Memahami Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Indonesia

6 Juli 2025
29
Imadiklus Training 1 UNESA: Cetak Pemimpin Mahasiswa Unggul

Imadiklus Training 1 UNESA: Cetak Pemimpin Mahasiswa Unggul

21 Mei 2025
16
Pendidikan Luar Sekolah: Membuka Peluang Belajar untuk Semua

Pendidikan Luar Sekolah: Membuka Peluang Belajar untuk Semua

18 Mei 2025
18
IMADIKLUS

© 2025 by pembuatweb.com

Navigate Site

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Follow Us

No Result
View All Result
  • Depan
    • Alamat Jurnal
      • Team Lej
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Pendidikan Luar Sekolah
    • Pendidikan masyarakat
    • Pendidikan nonformal
    • Berita Utama
    • Berita PLS
    • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
    • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
    • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Posting Artikel
    • Log In

© 2025 by pembuatweb.com