• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Artikel dan Opini

Berkarya Bersama PLS Dalam Mensejahterakan Pendidikan Di Indonesia

sherly19 by sherly19
in Artikel dan Opini, Berita PLS, Pendidikan nonformal
Reading Time: 4 mins read
0
Berkarya Bersama PLS Dalam Mensejahterakan Pendidikan Di Indonesia

Berkarya Bersama PLS Dalam Mensejahterakan Pendidikan Di Indonesia

139
SHARES
1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pendidikan Luar Sekolah (PLS) atau yang kerap disebut dengan Pendidikan Non Formal merupakan salah satu jurusan yang ada di fakultas ilmu pendidikan. Dalam PLS mempelajari problematika pendidikan, masyarakat, manajemen pelatihan, serta bidang ilmu lain yan mencakup bidang pekerjaan social. Jurusan PLS dibentuk karena beberapa alas an, salah satunya yaitu karena masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang mendapatkan pendidikan formal. Tentu terdapat factor yang mendasari mengapa mereka tidak dapat mendapatkan atau melanjutkan pendidikan. Adapun factor paling umum adalah karena keterbatasan ekonomi. Indoenisa menduduki peringkat yang cukup tinggi dalam prosentase kemiskinan, sehingga hal yang mendominasi dalam permasalahan ekonomi memiliki kendala untuk memenuhi pendidikan dengan baik. Sehingga menjadikan mereka bekerja apa adanya dan tidak sesuai dengan yang mereka harapkan, karena pendidikan yang terbatas membatasi mimpi mereka.

Berkarya Bersama PLS Dalam Mensejahterakan Pendidikan Di Indonesia

Disinilah PLS memiliki fungsi dan peran yang sangat penting bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan di jalur pendidikan formal. Keberadaan PLS mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang beruntung dalam mendapatkan pendidikan secara formal.

Sasaran PLS antara lain adalah:

  • Warga masyarakat yang membutuhkan pendidikan di jalur sekolah sepenuhnya.
  • Warga masyarakat yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang tidak dapat diperoleh pada jalur sekolah atau pendidikan formal.
  • Warga masyarakat yang akan atau sudah bekerja tetap bisa untuk menuntut persyaratan tertentu yang tidak diperoleh dari jalur pendidikan formal.
  • Warga masyarakat yang ingin melanjutkan pada jenjang pendidikan lebih tinggi.

Pengetahuan dan keahlian lainnya yang dimiliki oleh penggiat di bidang PLS adalah pengetahuan psikologi anak, kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan observasi, dan pemahaman tentang perkembangan peserta didik.

Dengan adanya PLS sebagai pelengkap pendidikan dan membantu membuka jalur pendidikan di luar sekolah, maka prospek kerja lulusan PLS tidak hanya berpaku pada jenjang karir tertentu, tentunya PLS adalah sebagai sarana bagi orang yang ingin menjadi tenaga pendidik yang tidak harus berkutat di lingkungan sekolah. Beberapa prospek kerja PLS antara lain:

  1. Pemilik dan pengembang pendidikan masyarakat

Profesi ini menjadi salah satu jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tugas utama dari profesi ini adalah memantau dan melakukan pengendalian mutu pendidikan non formal. Karena statusnya sebagai PNS, gaji yang Kamu dapatkan akan disesuaikan dengan golongan jabatan.

  1. Pegawai Ditjen PAUD

Berpotensi untuk menjadi seorang pegawai Ditjen PAUD. Direktorat Jenderal PAUD atau Ditjen PAUD merupakan salah satu direktorat yang ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  1. Fasilitator PAUD

Apabila suka dengan anak kecil, suka dengan aktivitas anak-anak kecil yang aktif dan energik, Kamu bisa berkarir sebagai fasilitator PAUD. Dengan mengajar anak-anak tersebut dan mengajak mereka bermain.

  1. Tenaga Lapangan Pendidikan Masyarakat

Lulusan dari jurusan pendidikan luar sekolah bisa memilih karir sebagai tenaga lapangan pendidikan masyarakat. Tugasnya antara lain sebagai tenaga lapangan pendidikan masyarakat hampir sama seperti tugas pemilik pendidikan masyarakat. Memantau lembaga pendidikan non formal yang ada di masyarakat untuk menjamin kualitas mutunya.

  1. Badan Pemberdayaan Masyarakat

Bertanggung jawab melakukan tugas memberdayakan masyarakat sekaligus memfasilitasi terlaksananya program-program yang berkaitan dengan pemberdayaan di masyarakat. Salah satu program tersebut bisa berkaitan dengan terselenggaranya pendidikan non formal di masyarakat.

  1. Pengelola Dan Penyelenggara PNFI

Apa itu PNFI? PNFI merupakan singkatan dari Pendidikan Non Formal dan Informal. Untuk menjadi pengelola dan penyelenggara PNFI, Kamu bisa bekerja di dinas pendidikan setempat dan mengurusi bagian pendidikan non formal dan informal.

  1. Laboran PNFI

Lulusan Pendidikan Luar Sekolah juga bisa berkarir sebagai seorang laboran PNFI. Jika profesi sebelumnya bertugas mengelola dan menyelenggarakan PNFI, Profesi ini mampu menjadi sebagai seorang laboran atau seseorang yang bekerja di laboratorium.

  1. Ditjen Pendidikan Dasar Dan Menengah

Pegawai di Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah atau Ditjen Dikdasmen merupakan salah satu direktorat yang ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ditjen ini khusus menangani urusan pendidikan tingkat dasar seperti SD dan tingkat menengah seperti SMP dan SMA.

  1. Administrasi PNFI

Mengandalkan kemampuan dalam bidang kesekretariatan, kearsipan, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan administrasi, Kamu bisa melamar kerja sebagai tenaga administrasi di PNFI.

  1. Lembaga-Lembaga Ekonomi Dan Pemberdayaan Masyarakat

Bekerja di lembaga-lembaga ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Dengan memilih LSM yang aktif mengangkat isu pendidikan.

Terdapat beberapa kompetensi dasar yang dikuasai oleh lulusan-lulusan PLS. Di antaranya:

  1. Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program penyuluhan. Juga pelatihan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal dan informal.
  2. Menguasai konsep human behavioral sciences, teori pendidikan, terutama andragogi, pedagogi kritis dan sosial.
  3. Mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis, informasi dan data.
  4. Menerapkan gagasan inovatif-kreatif dalam program penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal dan informal secara profesional dan akuntabel.
  5. Memanfaatkan dan mereview ilmu pengetahuan, teknologi, seni dalam program yang berkaitan dengan masyarakat.
Tags: pls unesa
Previous Post

Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

Next Post

Cara Dzakira Dancer Untuk Meraih Kesuksesan Dengan Belajar Rugi

sherly19

sherly19

Related Posts

Tingkatkan Skill Remaja Perempuan Desa Pajaten, Tim PPK Ormawa Himapenmas Unsika Tahun 2023 Menyelenggarakan Pelatihan Desain

Tingkatkan Skill Remaja Perempuan Desa Pajaten, Tim PPK Ormawa Himapenmas Unsika Tahun 2023 Menyelenggarakan Pelatihan Desain

by admin imadiklus
1 Oktober 2023
0

Bina Remaja perempuan atau yang biasa dingkat menjadi Binar merupakan salah satu program dari Tim PPKO Himapenmas Unsika tahun 2023...

KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA PENDIDIKAN NON FORMAL

KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA PENDIDIKAN NON FORMAL

by admin imadiklus
7 Agustus 2023
0

Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal ? Proses pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal merupakan upaya yang harus menjamin masayarakat...

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal

by admin imadiklus
5 Agustus 2023
0

Kepramukaan merupakan proses pendidikan nonformal yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur,...

Anggaran untuk pendidikan non formal terus terkikis, tertinggal jauh dari pendidikan formal

Anggaran untuk pendidikan non formal terus terkikis, tertinggal jauh dari pendidikan formal

by admin imadiklus
1 Agustus 2023
0

Kesenjangan Pendidikan Formal & Non Formal Harus Dipikirkan Kesenjangan antara pendidikan formal dan non formal makin jelas terlihat. Otoritas Kemendikbudristek...

Next Post
Cara Dzakira Dancer Untuk Meraih Kesuksesan Dengan Belajar Rugi

Cara Dzakira Dancer Untuk Meraih Kesuksesan Dengan Belajar Rugi

Sanggar Belajar Sebagai Pusat Kegiatan Belajar, Untuk Mengetahui Tujuan Masa Depan

Sanggar Belajar Sebagai Pusat Kegiatan Belajar, Untuk Mengetahui Tujuan Masa Depan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,873 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus