Manfaat Menjadi Public Relations di Masyarakat Public relations adalah bentuk komunikasi yang terencana,baik itu kedalam maupunke luar, antara satu organisasi dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang spesifik. Mahasiswa sekarang perlu belajar bukan hanya di kampus saja, tapi mahasiswa harus bersosialisasi dan menawarkan pengalaman sekaligus memperjuangkan
idealisme.
Di Indonesia Public Relations menggunakan kata kata Humas (Hubungan Masyarakat), sehingganya sampai sekarang di setiap lembaga instansi pemerintah sejak dari pusat ada lembaga Humas, peranan public relations dalam organisasi merupakansalah satu kunci penting untuk pemahaman fungsi public relations dan komunikasiorganisasi sebagai sarana pencapaian proses profesionalitas dari praktisi humas.
Peran Public Relations bagi masyarakat dan perusahaan atau Lembaga lainya sangat penting,karena kegiatan public relations juga mempengaruhi baik buruknya citra disuatu perusahaan atau Lembaga tersebut.
Dari dulu hingga kini bagi mahasiswa mempelajari public relations karena hubunganmasyarakat dibutuhkan oleh semua perusahaan. Sebab tim public relations lah yangmenjaga nama perusahaan mereka. Tak hanya itu saja, public relations juga merupakan penghubung antara perusahaan dengan media dan jika perusahaan punya tim public relations yang berkualitas, maka nama perusahaan juga untung karenanya. Itulah sebabnya prospek Public Relations menjanjikan karena dibutuhkan banyak perusahaan.
Untuk bisa bersaing di tingkat nasional bahkan di dunia internasional, seorang public relation harus memiliki rasa percaya diri dan mampu mempromosikan brand masing masing dengan baik.
Hal itu dikatakan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menjadi narasumber dalamacara Konvensi Nasional Humas (KNH) 2016 di Hotel Aryaduta Kota Bandung, (27/10/2017). KNH 2016 merupakan konvensi terbesar para pemangku kepentingan humas seIndonesia. “Dalam dunia internasional, kita harus percaya diri apalagi untuk mempromosikan brand yang kita punya,” terangnya.
Ridwan menceritakan dalam memimpin Kota Bandung, dirinya memanfaatkan mediasosial untuk menginformasikan kepada masyarakat program maupun progress sebagai bentuk menjaga akuntabilitas. “Dalam dunia Public Relations juga sama, melalui medsosini kita bisa melaporkan atau mempromosikan semaksimal mungkin dan sebaik mungkin,” terangnya.
Menurut The British Institute Of Public Relations, public relations adalah keseluruhanupaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.
Menurut Ruslan (2008:23), ruang lingkup tugas Public Relations dalam sebuah organisasi lembaga antara lain meliputi aktivitas sebagai berikut yaitu membina hubungan ke dalam (internal public) dan hubungan keluar (eksternal public). Hubungan ke dalam penting dilakukan organisasi terhadap publik internal.
Lalu apa saja sih manfaat Manfaat Peran Fungsi Public Relations ?
- Membuat organisasi bersikap responsif terhadap kepentingan publik dan kontribusinya kepada sistem informasi publik yang amat penting bagi masyarakat demokratis dan kelangsungan hidup organisasi.
- Membantu dan mempertahankan hubungan antara publik dengan manajemen organisasionalyang memperhatikan tanggung jawab sosial dan kepemimpinan yang bermoral
- Membantu organisasi untuk mengantisipasi dan merespons persepsi dan opini publik. Merespon nilai dan gaya hidup yang baru, merespons pergeseran di antara elektorat dan didalam lembaga legislatif, dan merespons perubahan-perubahan lain di lingkungan.
- Membuat informasi menjadi tersedia melalui sistem informasi publik. Dan juga meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ke publik dengan mendukung pernyataan pendapat dan debat pasar ide yang kompetitif.
- Melayani kepentingan publik dengan sudut pandang alternatif dalam forum publik, termasuk suara dari orang-orang yang diabaikan oleh media massa.
- Membantu masyarakat dengan menjadi perantara konflik dan membangun konsensus yang dibutuhkan untuk ketertiban sosial.
Oleh Oleh Intan Karomah – Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Email :intankaromah4@gmail.com Melalui Kirim Artikel