• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Artikel dan Opini

Mengkritisi Fungsi PLS (tulisan semester 3)

Panji by Panji
in Artikel dan Opini
Reading Time: 2 mins read
8
136
SHARES
1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

“Katanya” C Fungsi PLS ada 3 :
1. Subtitusi
2. Komplement
3. Suplement
untuk pendidikan Sekolah

Saya yakin temen-temen lebih tahu dari saya tentang penjelasannya…

Nah… Entah Kenapa saya tuh “BT” banget dengan “anggapan” Fungsi PLS tersebut…

Asumsinya begini…
1. Subtitusi
Subtitusi mungkin bisa saya samakan artinya dengan cadangan… Cadangan tidak akan dipakai apabila “Pemain Inti”nya masih bagus atau Pemain inti mempunyai sebuah kharisma sehingga walaupun dia bermain jelek maka tetap akan dipakai…
Apabila saya samakan dengan keadaan PLS saat ini, ternyata Fungsi inilah yang menyebabkan PLS menjadi sesuatu yang kecil…
Contohnya: PLS hanya menjadi Cadangan apabila ada yang tidak dapat melanjutkan sekolah or…tidak lulus UAN..

2. Komplement
PLS “hanya” menjadi pelengkap bagi Pendidikan Sekolah… Subhanallah… Kayanya gini amat yakk…
Analoginya kaya empat sehat lima sempurna…
Apabila Empat sudah ada maka disebut sehat, tapi lebih bagus lagi apabila ditambah menjadi lima sehingga Sempurna… Tapi apabila hanya ada yang terakhir maka tidak disebut sempurna bahkan sehat…
Kalo disamakan dengan nasib PLS saat ini…
PLS “hanya” untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan yang kurang atau tidak dapat diperoleh didalam pendidikan sekolah. Contohnya: Kursus, try out, pelatihan dll
Jadi yang harus didahulukan itu adalah pendidikan sekolah, kalo sudah sekolah maka sudah dianggap “Sehat” dan lebih “sempurna” lagi kalo ikut PLS….tapi kalo hanya mengikuti Pendidikan Luar Sekolah saja???jangankan dianggap Sempurna, Sehat aja gak…
Jadi kalo Pendidikan Sekolah sudah lengkap maka PLS tidak ada…

3. SuPlement…
Arghhhh… Saya agak tidak kuat menjelaskannya…
PLS menjadi penambah bagi bagi pendidikan Sekolah Artinya, bahwa pendidikan luar sekolah dilaksanakan untuk menambah pengetahuan, keterampilan yang kurang didapatkan dari pendidikan sekolah. Contohnya: private, les, training
Jadi apabila Pendidikan Sekolah sudah cukup… Maka PLS tidak perlu ada????

Itu menurut pendapat saya…

Saya Harap ada bantuannya untuk mengkritisi dan menambah pendapat saya tersebut.. THX B4

HIDUP PENDIDIKAN
LAWAN DAN HANCURKAN KEBODOHAN

[Updated on: , 10/07/07 01:04 AM ]

Previous Post

BERITA DI TV

Next Post

PERAN ORGANISASI DALAM MEMPENGARUHI TINGKAH LAKU ANGGOTANYA

Panji

Panji

Related Posts

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

by admin imadiklus
20 Oktober 2023
0

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang Permasalahan prioritas mitra...

OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

by admin imadiklus
10 Oktober 2023
0

Pengertian Desa Vokasi Desa vokasi adalah kawasan pedesaan yang menjadi sentra penyelenggaraan pelatihan berbagai kecakapan vokasional dan pengelolaan unit-unit usaha,...

MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

by admin imadiklus
9 Oktober 2023
0

Evaluasi program pendidikan merupakan proses deskripsi, pengumpulan data dan penyampaian informasi kepada pengambil keputusan yang akan dipakai untuk pertimbangan apakah...

MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

by admin imadiklus
9 Oktober 2023
0

Para sosiolog mendefinisikan patologi sosial sebagai suatu tingkah laku yang bertentangan dengan norma kebaikan, stabilitas lokal, pola kesederhanaan, moral, hak...

Next Post

PERAN ORGANISASI DALAM MEMPENGARUHI TINGKAH LAKU ANGGOTANYA

SEBUAH WACANA IMADIKLUS HARI ESOK

Comments 8

  1. mulyadi says:
    14 tahun ago

    pada dasarnya ketiga fungsi tersebut memang diarahkan untuk menjadi pengganti, pelengkap dan penambah, tapi dalam kajian apa dulu…
    jika diperhatikan, teori tersebut muncul sudah lama sekali, ada di buku djuju sudjana, lupa lah. PLS bukan ilmu pasti seperti matematika, fisika, tapi ilmu yang memiliki ke khas-an sendiri, yaitu ilmu sosial yang lebih khusus. yang perlu diperhatikan adalah teori pendukung tersebut masih relevan atau tidak untuk masa sekarang, dilihat dari berbagai aspek, lingkungan, budaya, etc… maka dari itu, jika dianggap tidak relevan maka teori tersebut bukan satu-satunya fungsi PLS.

    secara lapang dada dan terbuka, maka bisa dkatakan semua teori PLS harus di rombak semua. untuk apa dipertahankan jika dari generasi ke generasi muncul anggapan dan pemahaman yang serupa – bisa dikatakan PLS dan lulusan PLS GAGAL TOTAL.

    keep spirit.

    Balas
  2. Panji says:
    14 tahun ago

    Kikikik….
    Kang Mul, baru kali ini ada yang sepaham dengan saya…
    Nah cara merombaknya itu bagaimana?Aku bingung masa PLS itu harus mengikuti PS dengan sifat oportuinis dan pragmatisnya…Pantes kali yah lulusan PLS GAGAL…

    Balas
  3. Ed Khan Tukang Kebun says:
    14 tahun ago

    …hehehe….ikut urun rembug, dg kesadaran kritis spt ini yg tumbuh dari generasi baru mhs PLS, maka mestinya mlaui membuat kajian serius thdp pend.luar sekolah hingga tidak jadi peripery aja dr pend formal, mlaui dr ontologis, epistemologis, hingga aksilogisnya…dg bgt akan dpt diformulasikan sbuah gagasan pend.luar sekolah baru, sbuah paradigma baru yg kokoh…bhwa PLS bukan skadr pelengkap…tp eksis dg sendirinya, sbg pendidikan yg bukan sekolah, tdk dlm sistem skolah, tp di luar itu…

    Balas
  4. Tukang Kebun says:
    14 tahun ago

    …hehehe….ikut urun rembug, dg kesadaran kritis spt ini yg tumbuh dari generasi baru mhs PLS, maka mestinya mlaui membuat kajian serius thdp pend.luar sekolah hingga tidak jadi peripery aja dr pend formal, mlaui dr ontologis, epistemologis, hingga aksilogisnya…dg bgt akan dpt diformulasikan sbuah gagasan pend.luar sekolah baru, sbuah paradigma baru yg kokoh…bhwa PLS bukan skadr pelengkap…tp eksis dg sendirinya, sbg pendidikan yg bukan sekolah, tdk dlm sistem skolah, tp di luar itu…

    Balas
  5. Panji Romadhon says:
    14 tahun ago

    Keharusan mahasiswa terutama bagi mahasiswa pendidikan luar sekolah adalah berpikir secara kritis untuk menimbulkan sesuatu yang baru tanpa mengekor dari hal-hal yang telah usang..akan tetapi trnyata semua hanya dapat menjadi sbuah wacana yang juga terkukung dalam bangku sekolah (Kuliah)ini membutuhkan proses diskusi n debat yang panjang..namun hal tersebut lebih baik daripada statis tanpa sebuah terobosan yang menggema..mau dimulai oleh kita dalam dunia maya ini mas?

    Balas
  6. Panji Waannabe Ulil Albab says:
    14 tahun ago

    Keharusan mahasiswa terutama bagi mahasiswa pendidikan luar sekolah adalah berpikir secara kritis untuk menimbulkan sesuatu yang baru tanpa mengekor dari hal-hal yang telah usang..akan tetapi trnyata semua hanya dapat menjadi sbuah wacana yang juga terkukung dalam bangku sekolah (Kuliah)ini membutuhkan proses diskusi n debat yang panjang..namun hal tersebut lebih baik daripada statis tanpa sebuah terobosan yang menggema..mau dimulai oleh kita dalam dunia maya ini mas?

    Balas
  7. Panji Ulil Albab says:
    14 tahun ago

    Keharusan mahasiswa terutama bagi mahasiswa pendidikan luar sekolah adalah berpikir secara kritis untuk menimbulkan sesuatu yang baru tanpa mengekor dari hal-hal yang telah usang..akan tetapi trnyata semua hanya dapat menjadi sbuah wacana yang juga terkukung dalam bangku sekolah (Kuliah)ini membutuhkan proses diskusi n debat yang panjang..namun hal tersebut lebih baik daripada statis tanpa sebuah terobosan yang menggema..mau dimulai oleh kita dalam dunia maya ini mas?

    Balas
  8. admin says:
    14 tahun ago

    Panji: Kikikik…. Kang Mul, baru kali ini ada yang sepaham dengan saya… Nah cara merombaknya itu bagaimana?Aku bingung masa PLS itu harus mengikuti PS dengan sifat oportuinis dan pragmatisnya…Pantes kali yah lulusan PLS GAGAL…

    Sip dah semua

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,874 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus