• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Artikel dan Opini

PERAN LITERASI KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN ANAK

sherly19 by sherly19
in Artikel dan Opini
Reading Time: 4 mins read
0
PERAN LITERASI KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN ANAK

PERAN LITERASI KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN ANAK

177
SHARES
1.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Di era zaman moderen ini budaya literasi di Indonesia menurun, karena kurangnya minat baca pada anak-anak. Budaya literasi ini harus ditingkatkan, khususnya pada anak-anak yang masih berusia dini. Dengan modal menanamkan dan mengenalkan budaya literasi kepada anak sejak usia dini, sehingga literasi bisa menjadi bagian hidup anak-anak Indonesia. Dengan modal menanamkan dan mengenalkan budaya literasi kepada anak sejak usia dini, sehingga literasi bisa menjadi bagian hidup anak-anak Indonesia. Budaya literasi dapat di kenalkan melalui lingkungan keluarga

Keluarga berperan sangat  penting bagi pertumbuhan anak baik dari segi fisik maupun psikologi anak. Keluarga akan menjadi penentu arah kehidupan anak dan Keluarga juga lingkungan utama yang memberikan rasa aman fisik, psikis dan kasih sayang.

Dalam keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Peran ayah ibu atau orang tua sangat penting bagi perkembangan anak, segala sesuatu yang dilakukan orang tua akan di tiru oleh anak. Orang tua harus mencontohkan sesuatu hal yang baik kepada anak. Setiap perilaku atau ucapan yang dilakukan orang tua akan di tiru oleh anaknya, sebab anak akan menyimpan semua memori apa yang dia lihat dan dia dengar dengan jangkau  yang lama.

apa sih literasi itu?

Literasi awalnya diartikan sebagai kebutuhan dan keterampilan membaca-menulis, namun seiring perkembangan zaman, literasi sudah mencakup nonverval, keterampilan menyimak-berbicara, kecakapan visual, berpikir kritis, hingga kemampuan tentang teknologi Suggate, Schaughency, McAnally, dan Reese (2018) menjelaskan bahwa pendidikan literasi awal merupakan pendidikan yang diberikan untuk meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia usia dini. Kemampuan literasi awal dapat diartikan sebagai kemampuan yang mengacu pada pengetahuan mengenai huruf

Peran orang tua terhadap literasi pada anak di lingkungan keluarga

menurut UU No 2 tahun 1989 Bab IV Pasal 10 ayat 4, orang tua merupakan teladan utama bagi anak. berbagai ucapan dan tingkah laku yang dilakukan oleh orang tua akan ditiru dan dicontoh oleh anak-anak. begitu pula dengan kebiasaan ayah dan ibu dalam kegiatan literasi. Bila membaca dan menulis menjadi hal utama dalam kehidupan keluarga makan dengan sendirinya anak akan terbiasa membaca dan menulis.

Anak dengan latar belakang orang tua yang percaya bahwa dengan melakukan kegiatan membaca sejak usia anak masih sangat dini akan tumbuh menjadi seorang pembaca yang aktif. Hubungan anak dan ibu ketika membaca bersama membawa minat yang cukup besar untuk mendorong kemampuan literasi anak. Sedangkan Menurut penelitian Marrew, keluarga terutama orang tua berperan sebagai model perilaku. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukannya, anak-anak yang pandai membaca dan menulis sebelum masuk sekolah adalah mereka yang berasal dari keluarga berbudaya baca tulis

PERAN LITERASI KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN ANAK
PERAN LITERASI KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN ANAK

Tujuan literasi pada anak di lingkungan keluarga

orang tua yang membaca buku di depan anak dengan tujuan menumbuhkan ketertarikan anak pada buku akan mengatakan bahwa anak cenderung menunjukkan reaksi yang tertarik. Kemudian anak akan merasa tertarik untuk dibacakan buku. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian, dimana sebanyak 68,5% anak meminta orang tua membacakan buku untuknya ketika orang tua membaca buku didepannya. Hal ini disebabkan karena orang tua yang memiliki tujuan menumbuhkan ketertarikan anak pada membaca akan sebisa mungkin menarik anak untuk senang pada aktivitas membaca, dan berupaya dengan keras agar anak merasa senang ketika diajak bercerita. Keluarga yang memiliki lingkungan literat yang baik akan dapat melahirkan generasi bangsa yang melek akan membaca dan menulis dan membawa Indonesia raya ke dalam kemajuan dan keunggulan.

  1. Manfaat literasi pada anak di linngkungan keluarga
  • Anak-anak yang tumbuh di lingkungan literat akan mengetahui banyak informasi dan mampu membuka cakrawala dunia dan akhirnya akan membawa kemajuan untuk dirinya, keluarga, masyarakat dan Indonesia.
  • Anak yang mendapatkan pembekalan sejak dini mengurangi resiko hambatan dalam bahasa.
  • kemampuan membaca dan menulis sejak dini penting untuk diajarkan pada anak usia dini berpengaruh terhadap kecerdasan anak.
  • Pinto, Pessanha, dan Aguiar (2013) menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kualitas kondisi lingkungan rumah dengan capaian literasi awal pada anak usia dini. Semakin baik kualitas kondisi lingkungan rumah seorang anak, maka semakin baik capaian literasi awal mereka

Berdasarkan hasil kajian diatas, literasi awal merupakan pendidikan yang diberikan untuk meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia usia dini. Kemampuan literasi awal dapat diartikan sebagai kemampuan yang mengacu pada pengetahuan mengenai huruf. Hal tersebut dapat di lakukan sejak anak masih balita, untuk meningkatkan kemampuan anak di bidang literasi sejak usia dini, kemampuan literasi akan memberikan pengaruh baik saat anak sudah memasuki bangku sekolah, hal ini membantu persiapan orang tua untuk anak memasuki dunia sekolah, minimal orang tua memberikan anak pengetahuan tentang huruf abjad. Literasi tidak hanya sebatas anak bisa membaca, menulis, dan berhitung. Namun literasi juga berpengaruh dalam kemampuan anak dalam mengegembangkan kemampuan untuk berpikir kritis. Oleh karena itu literasi yang di terapkan kepada anak usia dini memiliki peran sebagai pondasi awal hidup mereka. Keluarga adalah peran yang paling utama dalam kehidupan anak, terlebih lagi orang tua, karena mereka selalu berada di dekat anak, segala sesuatu yang orang tua lakukan akan mudah di tiru anak. Anak adalah peniru yang aktif. Sebaiknya orang tua memberi contoh positif bagi perkembangan anak seperti membaca, menonton konten positif dan hal-hal yang memiliki pengaruh positif bagi anak. Salah satunya adalah dengan melakukan literasi dirumah minimal 15-20 menit sehari. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin anak akan terbiasa oleh hal tersebut.

Tujuan literasi adalah  Orang tua dapat melakukan beberapa cara supaya anak tertarik dalam kegiatan literasi yang akan ditanampak pada diri anak sejak usia dini. Semisal dengan membuatkan taman baca mini di pojok rumah dan di hias dengan menarik, dan berwarna-war uan utama dalam lierasi keluarga ini untuk menumbuhkan ketertarikan anak dalam hal ni, hal tersebut bisa menarik keinginan anak. Anak yanng berada di lingkungan keluarga yang suka literasi akan menjadikan anak itu tertarik dengan hal literasi, sehingga dapat menjadikan anak yang menjadi generasi bangsa yang melek akan membaca dan menulis dan membawa Indonesia raya ke dalam kemajuan dan keunggulan. Literasi dalam keluarga sejak anak berusia dini juga memiliki manfaat bagi perkembangan anak, anak akan  bisa melakukan membaca atau menulis saat pertama masuk sekolah. Sesuatu yang di ajarkan ke anak sejak dini anak akan mudah untuk mengingat/melakukannya, karena saat masih kecil anak mudah untuk mengingat akan hal yang di lihat atau dengar.

Dapat disimpulkan bahwa literasi sejak usia dini sangat berpengaruh bagi pertumbuhan anak dan persiapan anak  yang akan masuk sekolah. Keluarga sebagai lingkungan kecil yang pertama anak kenal, dan peran orang tua sangat berpengaruh bagi anak. Maka dari itu orang tua harus memberikan contoh hal yang positif.

Tags: pls unesa
Previous Post

Tujuan dan Strategi Pendidikan Sepanjang Hayat

Next Post

Cerita Singkat IMADIKLUS TRAINING 1 UNESA

sherly19

sherly19

Related Posts

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

by admin imadiklus
20 Oktober 2023
0

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang Permasalahan prioritas mitra...

OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

by admin imadiklus
10 Oktober 2023
0

Pengertian Desa Vokasi Desa vokasi adalah kawasan pedesaan yang menjadi sentra penyelenggaraan pelatihan berbagai kecakapan vokasional dan pengelolaan unit-unit usaha,...

MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

by admin imadiklus
9 Oktober 2023
0

Evaluasi program pendidikan merupakan proses deskripsi, pengumpulan data dan penyampaian informasi kepada pengambil keputusan yang akan dipakai untuk pertimbangan apakah...

MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

by admin imadiklus
9 Oktober 2023
0

Para sosiolog mendefinisikan patologi sosial sebagai suatu tingkah laku yang bertentangan dengan norma kebaikan, stabilitas lokal, pola kesederhanaan, moral, hak...

Next Post
Cerita Singkat IMADIKLUS TRAINING 1 UNESA

Cerita Singkat IMADIKLUS TRAINING 1 UNESA

Kegiatan IMADIKLUS, Kesan dan Pesan Peserta IT 1 UNESA

Kegiatan IMADIKLUS, Kesan dan Pesan Peserta IT 1 UNESA

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,874 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus