• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Pendidikan masyarakat

Peran Pendidikan Masyarakat dalam Pengembangan Pendidikan Informal

Pentingnya Peran Mahasiswa Pendidikan Masyarakat dalam Meningkatkan Kompetensi SDM Melalui Kebijakan Pengembangan Pendidikan Informal

admin imadiklus by admin imadiklus
in Pendidikan masyarakat, Pendidikan nonformal
Reading Time: 4 mins read
0
Peran Pendidikan Masyarakat dalam Pengembangan Pendidikan Informal
172
SHARES
1.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pentingnya Peran Mahasiswa Pendidikan Masyarakat dalam Meningkatkan Kompetensi SDM Melalui Kebijakan Pengembangan Pendidikan Informal Saat ini dapat kita ketahui bahwa peran mahasiswa tidak hanya sekedar belajar di bangku perkuliahan saja, tetapi mahasiswa juga memiliki peranan tersendiri khususnya di lingkungan masyarakat, yang harus kita pahami sekarang bahwa di era globalisasi ini mahasiswa tidak hanya bertugas sebagai agen perubahan atau agent of change di masyarakat, mahasiswa sudah seharusnya dapat menjadi agen pemberdayaan yang berperan dalam pembangunan fisik maupun non fisik di masyarakat, karena mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan peran mahasiswa khususnya mahasiswa Pendidikan Masyarakat.

Sebagian masyarakat masih sering bertanya-tanya tentang kehadiran jurusan Pendidikan Masyarakat, Kelahiran jalur Pendidikan Luar Sekolah atau yang dapat kita kenal sekarang dengan sebutan “Pendidikan Masyarakat” tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan bangsa Indonesia akan pendidikan, masih banyaknya masyarakat yang memiliki keterbatasan untuk mencapai daya jangkau di sekolah serta ketatnya proses dan persyaratan di persekolahan membuat sebagian masyarakat akhirnya memilih untuk tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk itu hadirnya Pendidikan Masyarakat sebagai sebuah institusi merupakan sebuah keniscayaan bagi sebagian besar masyarakat.

Pendidikan Masyarakat hadir untuk memberikan kesempatan kepada setiap lapisan masyarakat untuk dapat melakukan life long education atau pendidikan sepanjang hayat. Yang dimana dapat melakukan proses belajar dimana saja dan kapan saja hingga akhir hayat, tanpa memandang status, gender, dan lainnya, pendidikan masyarakat juga memiliki kaitan yang erat dengan pendidikan sepanjang hayat, yang memberikan arti bahwa untuk mendapatkan suatu pengetahuan itu tidak pernah ada batasnya. Pembelajaran seumur hidup memungkinkan kita untuk dapat menempatkan hidup, dan hal ini akan meningkatkan pemahaman kita tentang mengapa, dan apa itu kesuksesan dan kegagalan sebelumnya, dan hal tersebut membantu kita untuk memahami diri kita sendiri dengan lebih baik.

Mahasiswa dalam hal ini khususnya mahasiswa pendidikan masyarakat seharusnya dapat menjadi panutan di dalam masyarakat agar nantinya dapat menjadi generasi penerus bangsa yang diharapkan memiliki kemampuan, keterampilan, dan akhlak mulia yang dapat dimanfaatkan ketika terjun langsung di kehidupan bermasyarakat. untuk itu, untuk menjadi seorang mahasiswa PENMAS tidak bisa hanya sekedar belajar melalui teori saja namun harus diperkaya dengan pengetahuan dari segi praktik maupun kemasyarakatan, hingga nantinya mahasiswa Penmas ini dapat membantu dan berkontribusi untuk memberdayakan masyarakat di masa yang akan datang, untuk menciptakan masyarakat yang berdaya tentunya diperlukan suatu kesiapan dan kemantapan yang matang, salah satu persiapan yang dapat dilakukan oleh para pendidik masyarakat ialah dengan melakukan pengembangan pendidikan nonformal.

Di tengah situasi Indonesia yang semakin memanas dengan jumlah penduduk yang tinggi,meningkatnya jumlah penduduk miskin, tingginya angka tingkat pengganguran memberikan gambaran dan tamparan kepada kita khususnya mahasiswa pendidikan masyarakat untuk menyadari bahwa permasalahan seperti ini tidak akan pernah kunjung selesai jika kita hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja, perlunya kontribusi dari para pendidik masyarakat yang memang belajar pada bidang kemasyarakatan yang dimana sangat diperlukan dalam mendukung Sumber Daya Manusia yang berkompetensi dan dapat berkompetisi. Maka dari itu salah satu strategi yang dapat dilakukan yaitu melalui pengembangan pendidikan nonformal, pendidikan nonformal dapat menjadi tulang punggung bagi setiap masyarakat yang memiliki keinginan untuk meningkatkan kualifikasi diri, namun yang harus kita ketahui juga bahwa peningkatan SDM harus dibarengi dengan peningkatan kualitas kelembagaannya salah satunya yaitu PNF, sebelum kita lanjutkan lebih jauh mari kita pahami terlebih dahulu apa itu pendidikan nonformal. Pendidikan nonformal merupakan salah satu konsep yang lahir dari prinsip “lifelong learning” yang diciptakan oleh UNESCO pada tahun 1970an. dimana kebutuhan akan pendidikan tidak hanya kita dapat melalui pendidikan di sekolah atau secara formal saja.

Peran Pendidikan Masyarakat dalam Pengembangan Pendidikan Informal

Pendidikan nonformal menurut Undang-undang No tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 26 diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Beberapa program pendidikan Non Formal diantaranya adalah Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Kesetaran, Pendidikan Keaksaraan, Pendidikan Kursus dan Pelatihan, Pendidikan Kecakapan Hidup, Pendidikan Kepemudaan, Pendidikan Pemberdayaan Perempuan, dan Pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. Tentunya program-program yang ada di pendidikan nonformal ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang nantinya dapat bersaing dan berkiprah menjadi sumber daya manusia serta tenaga kerja yang kompeten, dan siap bersaing di kemudian hari. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan nonformal ini akan dapat berjalan dengan semestinya apabila didukung oleh para calon pendidik masyarakat. Pentingnya peran calon pendidik masyarakat disini sebagai seorang fasilitator, serta memberikan motivasi dan dorongan pada setiap kelompok masyarakat untuk dibekali dan diarahkan dalam penguasaan pengetahuan dan keterampilan serta memberikan muatan keterampilan agar nantinya setelah selesai mengikuti program dapat digunakan untuk pemecahan masalah dalam kehidupan.

Selain penguasaan pengetahuan, para calon pendidik juga harus dapat mengembangkan jiwa social entrepreneur terutama kepada masyarakat, dalam hal ini entrepreneur bukan hanya sekedar berjualan atau mengeluarkan produk saja tetapi juga dapat memberikan tawaran-tawaran yang menarik serta dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat melalui marketing dan packaging program yang bagus. dengan program ini nantinya akan dapat mengembangkan kompetensi dan life skill yang dimana dapat menghidupkan jiwa kemandirian di setiap diri individu, dengan keterampilan ini nantinya seseorang akan dapat menciptakan hidup yang lebih baik untuk dirinya maupun lingkungan sekitarnya. Untuk itu diperlukan berbagai kebijakan dari instansi pemerintah yang memang harus bersinergi dan berkoordinasi agar dapat menciptakan dan mendukung masyarakat Indonesia terutama sumber daya manusia nya agar bisa menjadi warga negara yang memberdayakan satu sama lain.

Untuk itu harapan saya untuk pendidikan masyarakat kedepannya adalah dapat menjadi lulusan yang dapat bermanfaat di masyarakat dan juga bisa memberikan suatu perubahan yang besar baik di lingkungan sekitar maupun masyarakat luas, tentunya perubahan yang mengarah kepada hal-hal yang positif, dan sebagai calon pendidik masyarakat sudah seharusnya dapat memberdayakan masyarakat untuk dapat menjalani hidup secara fleksibel, seperti dalam menghadapi perubahan yang selalu terjadi, tetap terus bisa bertahan dengan kemampuan dan kompetensi yang dimilikinya, harapan lainnya yaitu lulusan PENMAS dapat membuat masyarakat untuk hidup secara mandiri melalui life skillnya yang diperoleh melalui pendidikan nonformal.

DAFTAR PUSTAKA

Cahyono, H. (2019). PERAN MAHASISWA DI MASYARAKAT. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.4000/adlfi.2398Hayat, A. (n.d.).

REFORMASI PENDIDIKAN NON FORMAL UNTUK MENGURANGI PENGANGGURAN DI ERA OTONOMI DAERAH; PERSPEKTIF GOVERNANCE. 1–14.

SEMINAR DAN TEMU AKADEMISI PLS TINGKAT NASIONAL (Peran dan Ekspetasi Pendidikan Nonformal Dalam Menghadapi Masyarakat Eknomi Asean (MEA). (2015).

Sumber https://www.kompasiana.com/nabilafauziahfirdaus/61c2b2077a6d883d5d58d402/pentingnya-peran-mahasiswa-pendidikan-masyarakat-dalam-meningkatkan-kompetensi-sumber-daya-manusia-melalui-kebijakan-pengembangan-pendidikan-nonformal

Previous Post

Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak Remaja

Next Post

Pendataan Nasional Mahasiswa Baru Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Non Formal

admin imadiklus

admin imadiklus

telegram @tanpatinta

Related Posts

Pendidikan Kesetaraan dan Anak Putus Sekolah Wajib Belajar 9 Tahun

Pendidikan Kesetaraan dan Anak Putus Sekolah Wajib Belajar 9 Tahun

by Novia Purnama Sari
8 Agustus 2023
0

Pendidikan merupakan salah satu upaya kita untuk menanggulangi kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di negara kita yaitu Indonesia. Dimana kita ketahui...

KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA PENDIDIKAN NON FORMAL

KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA PENDIDIKAN NON FORMAL

by admin imadiklus
7 Agustus 2023
0

Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal ? Proses pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal merupakan upaya yang harus menjamin masayarakat...

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal

by admin imadiklus
5 Agustus 2023
0

Kepramukaan merupakan proses pendidikan nonformal yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur,...

Tujuan Pendidikan Nonformal dan Fungsi Pendidikan Nonformal

Tujuan Pendidikan Nonformal dan Fungsi Pendidikan Nonformal

by admin imadiklus
27 Mei 2023
0

Tujuan Pendidikan Nonformal dan Fungsi Pendidikan Nonformal Sutarto (2007:46) menyatakan bahwa pendidikan nonformal sebagai subsistem dari sistem pendidikan nasional diselenggarakan...

Next Post
Pendataan Nasional Mahasiswa Baru Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Non Formal

Pendataan Nasional Mahasiswa Baru Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Non Formal

Apa Itu Pendidikan Masyarakat (Penmas)

Apa Itu Pendidikan Masyarakat (Penmas)

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,874 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus