• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Artikel dan Opini

Kebutuhan masyarakat akan pendidikan nonformal (PNF)

admin imadiklus by admin imadiklus
in Artikel dan Opini
Reading Time: 5 mins read
0
Kebutuhan masyarakat akan pendidikan nonformal (PNF)
148
SHARES
1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kebutuhan masyarakat akan pendidikan nonformal (PNF) sekarang ini semakin bertambah meningkat. Banyak faktor yang mendorong terjadinya peningkatan kebutuhan PNF dalam kehidupan masyarakat. Perubahan masyarakat yang terjadi sangat cepat sekarang ini menyebabkan hasil pendidikan yang diperoleh di sekolah (pendidikan formal) menjadi tidak sesuai atau tertinggal dari tuntutan baru dalam dunia kerja. Ilmu pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh dari sekolah seolah-olah semakin cepat menjadi usang dan kurang dapat digunakan untuk memecahkan tantangan baru yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi semacam ini menuntut adanya layanan pendidikan yang dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah yang berfungsi sebagai penambah atau pelengkap pendidikan formal. Pendidikan formal sering kurang dapat merespon bermacam-macam kebutuhan baru yang berkembang di masyarakat sebagaimana dijelaskan di atas, sehingga tuntutan layanan pendidikan nonformal sangat dibutuhkan.

Di samping itu terdapat fenomena banyaknya angka putus sekolah atau tidak dapat menyelesaikan satu jenjang pendidikan sekolah disebabkan karena beberapa alasan seperti keadaan ekonomi orang tua, ketidakcocokan siswa dengan kehidupan sekolah yang bersifat elitis, formalisme yang kaku dalam pola hubungan antara guru dan murid, kurikulum yang terasing dari kehidupan masyarakat. Siswa yang mengalami putus sekolah sering bukan sekedar mereka yang berlatar belakang ekonomi rendah, tetapi juga terdapat mereka yang berasal dari keluarga ekonomi mapan, tetapi mereka merasa tidak cocok atau merasa terpenjara dalam sekolah, dan merasa bosan dengan formalisme dan rutinitas kehidupan sekolah. Fenomena siswa putus sekolah dapat terjadi di sekolah pedesaan maupun di perkotaan. Apabila kita mengharapkan mereka yang putus sekolah tidak kehilangan kesempatan untuk memperoleh layanan pendidikan, maka pendidikan nonformal sering menjadi alternatif layanan pendidikan yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kebutuhan masyarakat akan pendidikan nonformal (PNF)

Fenomena angka putus sekolah yang masih cukup besar diperparah dengan masih adanya warga masyarakat yang menderita buta aksara (membaca dan menulis) secara fungsional karena belum tuntasnya pencapaian pendidikan dasar bagi semua warga negara usia pendidikan dasar. Di sini tidak dapat ditampilkan data kuantitatif siswa yang putus sekolah dan mereka yang buta aksara fungsional, karena keterbatasan terhadap jangkauan perolehan data tersebut. Namun demikian, secara kualitatif adanya fenomena ini menunjukkan keprihatinan kita atas belum tuntasnya layanan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun yang dilakukan oleh sekolah.
Pendidikan nonformal sekarang ini, dalam rangka membantu menuntaskan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, dilibatkan dalam layanan pendidikan program wajib belajar tersebut. Kemunculan program pendidikan kesetaraan dalam pendidikan nonformal yaitu program Paket A setara SD, Paket B setara SMP, paket C setara SMA lebih dipicu oleh kebutuhan penuntasan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun (Paket A dan Paket B) di samping memberi akses pendidikan yang lebih tinggi yaitu Paket C. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 26 ayat 1 menyebutkan sebagai berikut:

Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidik formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.

Dalam pengertian undang-undang ini program kesetaraan yang dilakukan oleh bidang pendidikan nonformal, dapat dimasukkan dalam fungsinya sebagai pengganti pendidikan formal, seolah-olah mereka yang tidak dapat mengikuti atau tidak menyelesaikan satu jenjang pendidikan formal dapat digantikan melalui program kesetaraan. Program pendidikan nonformal adalah bermacam-macam. Pasal 26 ayat 3 menyebutkan beragam program pendidikan nonformal sebagai berikut:

Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) membedakan pendidikan menjadi tiga pusat pendidikan yaitu: pendidikan keluarga, pendidikan sekolah, dan pendidikan masyarakat. Tiga pusat pendidikan rumusan Ki Hajar Dewantara tersebut tampaknya diganti dengan istilah lain yaitu jalur pendidikan. Pasal 13 Undang-Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003 menyebutkan: Ayat 1, jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya. Ayat 2, pendidikan sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 diselenggara- kan dengan sistem terbuka melalui tatap muka dan/ atau melalui jarak jauh.
Pendidikan nonformal tampaknya dipandang identik dengan pendidikan masyarakat (konsep Ki Hajar Dewantara), tetapi sesungguhnya menurut pendapat saya terdapat nuansa, fungsi, dan orientasi yang berbeda. Pendidikan masyarakat memiliki bentuk orientasi dan fungsi lebih luas. keterampilan, pelatihan kerja, Bentuk pendidikan yang pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan ke- mampuan peserta didik.”

Bunyi ayat 3 ini tampak- nya ingin menyebutkan satu persatu program layanan pendidikan yang termasuk bagian pendidikan nonformal. Tetapi tampaknya tidak dapat menyebut satu persatu secara tuntas, hal ini ditunjukkan bunyi bagian kalimat terakhir, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan ke- Apabila pendidikan nonformal dipandang sebagai pendidikan masyarakat maka bentuk, tujuan, dan kegiatan pendidikan nonformal seharusnya menyentuh seluruh dimensi dari kehidupan masyarakat, sebagaimana konsep pendidikan sepanjang hayat yang menekankan bahwa seluruh aktivitas kehidupan dapat diartikan sebagai aktivitas belajar atau pendidikan. diselenggarakan di masyarakat adalah bermacam-macam bukan hanya pendidikan nonformal yang diselenggarakan secara sistematis, dengan tujuan dan kurikulum yang terstruktur. Di masyarakat masih banyak bentuk pen- didikan lain yang sering tidak dirancang secara sistematis, yang terjadi secara alami menyatu dalam semua kegiatan kehidupan seperti kegiatan dalam pekerjaan, peristiwa seni
budaya, olahraga, keagamaan, mampuan peserta didik. Dengan demikian, terdapat peluang untuk memasukkan program layanan pendidikan nonformal lain yang masih belum disebut. Pemahaman tentang cakupan kegiatan (layanan) pendidikan nonformal membutuhkan interpretasi yang luas, mungkin bukan sekedar apa yang sudah disebutkan pada ayat 3 tersebut di atas, sehingga dapat menyebutkan program layanan pendidikan nonformal lain. Lebih-lebih apabila fungsi pendidikan nonformal diletakkan sebagai bagian yang mendukung pendidikan sepanjang hayat maka banyak kegiatan pendidikan masyarakat yang dapat dimasukkan seperti pendidikan olahraga masyarakat, pendidikan rekreasi untuk mengisi waktu luang, bahkan pendidikan seni budaya masyarakat

Dalam pengertian undang-undang ini program kesetaraan yang dilakukan oleh bidang pendidikan nonformal, dapat dimasukkan dalam fungsinya sebagai pengganti pendidikan formal, seolah-olah mereka yang tidak dapat mengikuti atau tidak menyelesaikan satu jenjang pendidikan formal dapat digantikan melalui program kesetaraan.

Program pendidikan nonformal adalah bermacam-macam. Pasal 26 ayat 3 menyebutkan beragam program pendidikan nonformal sebagai berikut:
Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) membedakan pendidikan menjadi tiga pusat pendidikan yaitu: pendidikan keluarga, pendidikan sekolah, dan pendidikan masyarakat. Tiga pusat pendidikan rumusan Ki Hajar Dewantara tersebut tampaknya diganti dengan istilah lain yaitu jalur pendidikan. Pasal 13 Undang-Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003 menyebutkan: Ayat 1, jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya. Ayat 2, pendidikan sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 diselenggara- kan dengan sistem terbuka melalui tatap muka dan/ atau melalui jarak jauh.

Pendidikan nonformal tampaknya dipandang identik dengan pendidikan masyarakat (konsep Ki Hajar Dewantara), tetapi sesungguhnya menurut pendapat saya terdapat nuansa, fungsi, dan orientasi yang berbeda. Pendidikan masyarakat memiliki bentuk orientasi dan fungsi lebih luas. keterampilan, pelatihan kerja, Bentuk pendidikan yang pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan ke- mampuan peserta didik.” Bunyi ayat 3 ini tampak- nya ingin menyebutkan satu persatu program layanan pendidikan yang termasuk bagian pendidikan nonformal. Tetapi tampaknya tidak dapat menyebut satu persatu secara tuntas, hal ini ditunjukkan bunyi bagian kalimat terakhir, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan ke-

Apabila pendidikan nonformal dipandang sebagai pendidikan masyarakat maka bentuk, tujuan, dan kegiatan pendidikan nonformal seharusnya menyentuh seluruh dimensi dari kehidupan masyarakat, sebagaimana konsep pendidikan sepanjang hayat yang menekankan bahwa seluruh aktivitas kehidupan dapat diartikan sebagai aktivitas belajar atau pendidikan. diselenggarakan di masyarakat adalah bermacam-macam bukan hanya pendidikan nonformal yang diselenggarakan secara sistematis, dengan tujuan dan kurikulum yang terstruktur. Di masyarakat masih banyak bentuk pen- didikan lain yang sering tidak dirancang secara sistematis, yang terjadi secara alami menyatu dalam semua kegiatan kehidupan seperti kegiatan dalam pekerjaan, peristiwa seni budaya, olahraga, keagamaan, mampuan peserta didik. Dengan demikian, terdapat peluang untuk memasukkan program layanan pendidikan nonformal lain yang masih belum disebut.

Pemahaman tentang cakupan kegiatan (layanan) pendidikan nonformal membutuhkan interpretasi yang luas, mungkin bukan sekedar apa yang sudah disebutkan pada ayat 3 tersebut di atas, sehingga dapat menyebutkan program layanan pendidikan nonformal lain. Lebih-lebih apabila fungsi pendidikan nonformal diletakkan sebagai bagian yang mendukung pendidikan sepanjang hayat maka banyak kegiatan pendidikan masyarakat yang dapat dimasukkan seperti pendidikan olahraga masyarakat, pendidikan rekreasi untuk mengisi waktu luang, bahkan pendidikan seni budaya masyarakat

Sumber http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/2756

Previous Post

Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

Next Post

Pendidikan Nonformal sebagai Pemenuhan Kebutuhan Belajar Masyarakat

admin imadiklus

admin imadiklus

telegram @tanpatinta

Related Posts

Begini Cara Mudah Merayakan Hari Perempuan

Begini Cara Mudah Merayakan Hari Perempuan

by Aminatus Sakdiah
6 Maret 2023
0

Begini Cara Mudah Merayakan Hari Perempuan Hari Perempuan atau yang biasa dikenal sebagai International Women's Day (IWD), dirayakan setiap tanggal...

Tips Mewujudkan Keluarga Harmonis dengan Love and Respect

Tips Mewujudkan Keluarga Harmonis dengan Love and Respect

by Aminatus Sakdiah
17 Februari 2023
0

Tips Mewujudkan Keluarga Harmonis dengan Love and Respect Baru-baru ini saya mendengar cerita tentang rahasia penyelamat hubungan rumah tangga dari...

10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

by admin imadiklus
31 Januari 2023
0

Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah masih sering membuat banyak orang keliru. Tampak sekilas, kedua tulisan tersebut mempunyai kesamaan. Namun, keduanya...

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

by admin imadiklus
18 Januari 2023
0

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual Melihat konsep pemberdayaan masyarakat di desa ini semakin luas, maka diperlukan adanya...

Next Post
Pendidikan Nonformal sebagai Pemenuhan Kebutuhan Belajar Masyarakat

Pendidikan Nonformal sebagai Pemenuhan Kebutuhan Belajar Masyarakat

Pendidikan Luar Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

Pendidikan Luar Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,878 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Implementasi BUMDes dalam Upaya Menciptakan Lapangan Kerja bagi Pemuda di Desa Jungjang 31 Oktober 2022 Rachman Yushril Fadillah
  • Pengelolaan Pembelajaran pada Pelatihan Pengelola Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya 31 Oktober 2022 Indah Rahmawati
  • Upaya Pengembangan Minat Literasi dan Kemampuan Menghafal Pada Anak Melalui Video Animasi di Teras Baca Sumberpasir Kabupaten Malang 31 Oktober 2022 Riris Dwi Puji Rahayu
  • Model Operasional Pelatihan Pada Balai Latihan Kerja Tasikmalaya dalam Menyiapkan Tenaga Kerja Profesional 31 Oktober 2022 Hilmi Nur Fakhira
  • Pengaruh Keberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Potensi Lokal Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Anggota Kelompok Wanita Tani 31 Oktober 2022 Indri Dwi Ramadani
  • Upaya Pembentukan Kepribadian Islami Santri Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Al-Fikri Kebun Bunga Permai Kota Palembang 31 Oktober 2022 Andini Sarina
  • Model Magang Pendidikan Informal 31 Oktober 2022 Mira Nurlela
  • Upaya Pendamping Desa Dalam Pengembangan Desa Wisata Sopotinjak Kecamatan Batang Natal 31 Oktober 2022 Putri Anggina
  • Pemberdayaan Kelompok Tani Padi Melalui Penyuluhan Pertanian 31 Oktober 2022 Setia Ramandani
  • Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Pada Lembaga Sosial SOS Children’s Village, Kota Medan 31 Oktober 2022 Aisyah Anggreni
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Home
    • Tentang
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team Lej
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • Kategori
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
  • Acuan
    • CPNS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus