• Pendataan
  • Team Lej
  • Alamat Jurnal
Rabu, Oktober 1, 2025
IMADIKLUS
Advertisement
  • DepanDepan
    • Alamat Jurnal
      • Team Lej
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • All
    • Curhat
    • PLS UM
    Jurnal vs Artikel: Perbedaan, Ciri, dan Contoh Lengkap

    Jurnal vs Artikel: Perbedaan, Ciri, dan Contoh Lengkap

    Mengoptimalkan Pendidikan Non-Formal untuk Pengembangan Karir

    Mengoptimalkan Pendidikan Non-Formal untuk Pengembangan Karir

    Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

    Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

    OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

    OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

    MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

    MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

    MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

    MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

    Opini evaluasi program sosialisasi “Cegah Kekerasan dan Pelecehan dengan Sosialisasi Perlindungan Perempuan”

    Opini evaluasi program sosialisasi “Cegah Kekerasan dan Pelecehan dengan Sosialisasi Perlindungan Perempuan”

    Opini Patalogi sosial "Stop bullying di lingkungan sekolah"

    Opini Patalogi sosial “Stop bullying di lingkungan sekolah”

    Tingkatkan Skill Remaja Perempuan Desa Pajaten, Tim PPK Ormawa Himapenmas Unsika Tahun 2023 Menyelenggarakan Pelatihan Desain

    Tingkatkan Skill Remaja Perempuan Desa Pajaten, Tim PPK Ormawa Himapenmas Unsika Tahun 2023 Menyelenggarakan Pelatihan Desain

    • Pendidikan Luar Sekolah
    • Pendidikan masyarakat
    • Pendidikan nonformal
    • Berita Utama
    • Berita PLS
    • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
    • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
    • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Posting Artikel
    • Log In
No Result
View All Result
  • DepanDepan
    • Alamat Jurnal
      • Team Lej
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • All
    • Curhat
    • PLS UM
    Jurnal vs Artikel: Perbedaan, Ciri, dan Contoh Lengkap

    Jurnal vs Artikel: Perbedaan, Ciri, dan Contoh Lengkap

    Mengoptimalkan Pendidikan Non-Formal untuk Pengembangan Karir

    Mengoptimalkan Pendidikan Non-Formal untuk Pengembangan Karir

    Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

    Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

    OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

    OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

    MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

    MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

    MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

    MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

    Opini evaluasi program sosialisasi “Cegah Kekerasan dan Pelecehan dengan Sosialisasi Perlindungan Perempuan”

    Opini evaluasi program sosialisasi “Cegah Kekerasan dan Pelecehan dengan Sosialisasi Perlindungan Perempuan”

    Opini Patalogi sosial "Stop bullying di lingkungan sekolah"

    Opini Patalogi sosial “Stop bullying di lingkungan sekolah”

    Tingkatkan Skill Remaja Perempuan Desa Pajaten, Tim PPK Ormawa Himapenmas Unsika Tahun 2023 Menyelenggarakan Pelatihan Desain

    Tingkatkan Skill Remaja Perempuan Desa Pajaten, Tim PPK Ormawa Himapenmas Unsika Tahun 2023 Menyelenggarakan Pelatihan Desain

    • Pendidikan Luar Sekolah
    • Pendidikan masyarakat
    • Pendidikan nonformal
    • Berita Utama
    • Berita PLS
    • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
    • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
    • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Posting Artikel
    • Log In
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Berita Utama

SYARAT SEORANG GURU YANG MENDIDIK

Panji Romadhon by Panji Romadhon
1 Mei 2012
in Berita Utama
0
SYARAT SEORANG GURU YANG MENDIDIK
0
SHARES
17
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Surat Untuk Ibu Guru Yang Sekarang Mendidik Putraku*

 Ibu guru yang baik, saya titipkan anak saya kepada anda. Saya lakukan ini dengan ketulusan, kebangggan, dan perasaan was-was. Maklumlah sebagai orang tua, saya terlalu cemas dengan dirinya. Saya ingat masa-masa ketika ia baru lahir ke dunia ini, tangisan dan tawanya telah membuat kami semua tenggelam dengan  perasaan haru. Kini waktunya ia bersekolah dan kami percayakan putera kami sepenuhnya kepada anda. Sebagaimana dulu ibu dan ayah saya mempercayakan saya pada asuhan anda ibu guru.

Ibu guru tahu, ia punya harta yang tak ternilai harganya, yaitu keterus terangan. Kalau ia tak suka pada sesuatu ia tak ragu berpendapat . Ini adalah bakat alamiah yang dipunyai oleh semua anak. Saya ingin ibu menjaga sikapnya itu. Kami ingin ibu guru memandunya danmelatihnya untuk menjadi seorang anak yang berani bicara jujur dan terus terang.

Lewat surat ini kami ingin berbagi pengalaman dan bertukar saran dalam memahami putera kami. Pertama-tama saya meminta ibu guru, untuk menjaga dan menghargai sikapnya itu. Ibu tahu, anak saya mungkin tidak tergolong pintar, tapi sikap keterus terangannya itu, jika dipahat dan diperkuat maka ia akan sama pintarnya dengan yang lain. Semangat anak saya akan menyala nyala jika ibu guru murah dalam memuji dan memberi dukungan; dan akan menyusut jika ia terlalu banyak diremehkan dan dibohongi. Beritahukan padanya apapun yang ditanyakan dan kami berharapa ibu tidak marah, kalau putera kami suatu saat mengkritik ibu guru. Pertanyaan adalah kesukannya dan kami berharap ibu guru menjaganya dan tetap memberi iklim yang membuat kemampuannya bertanya itu hidup dan tumbuh.

Terus teranglah padanya tentang apa yang ibu guru ketahui. Kami ingin putera kami bisa belajar tentang kenyataan hidup yang sebenarnya. Walau kenyataan itu menyakitkan tapi katakanlah yang sesungguhnya pada mereka. Saya ingin ibu guru melatihnya untuk tetap optimis melihat realitas yang buram dan menyalakan api semangatnya untuk terus belajar. Sikap terus terang dari ibu guru akan memberinya kekuatan dalam melawan kejamnya realitas dan sesekali berikan kepercayaan kecil padanya, untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tangan. Saya ingin ibu guru melatih kemandiriannya supaya tumbuh rasa percaya dirinya. Saya tidak ingin ibu guru menjadikan dirinya anak yang sempurna tapi tidak berpeluh keringat, ia harus bisa dan mampu melakukan pekerjaan tangan apapun.

Ibu guru yang baik, langkah anak kami yang masih rapuh ini butuh bimbingan dan arahanmu. Tolong beri dia semangat saat dirinya mencari jalan untuk maju, saat dia merangkak ketika dia seharusnya berlari dan saat dia diam ketika anda tahu dia harus memimpin. Dia masih terlalu muda, jadi sesuatu yang wajar kalau dia tidak begitu konsisten. Dia masih belia, jadi sesuatu yang normal jika kadang terlalu nekad. Dia masih hijau, karenanya sering sekali berpikir aneh-aneh. Jangan ibu guru memarahinya atau menjulukinya dengan nama-nama yang menyakitkan. Tolong berikan perlakuan yang sama pada anak kami maupun temn-temannya, bahwa kalau mereka semua murid-murid istimewa.

Jika ia punya kelemahan dan keterbatasan, tolong secara diam-diam ibu catat dan rekam. Kelak katakan padanya sembari membantunya mengatasi masalah itu. Katakan juga pada kami sehingga kami ikut membantu dan bisa melibatkannya untuk memecahkan keterbatasan itu. Mengajari anak yang kini sedang menemukan identitas dan meraba harga dirinya memang tidak mudah, tapi karena itulah, kita bisa bertukar pengalaman dan pengetahuan. Latihlah dirinya untuk berorganisasi, karena di sana dirinya akan menemukan mutiara perilaku agung, yakni solidaritas dan cinta pada sesama. Latihlah dirinya untuk memahami persoalan yang lebih luas ketimbang kepentingannya sendiri. Saya ingin ibu mengajarinya untuk berkorban dan memahat sikap kepedulian . Anak saya datang pada ibu dengan tekad untuk belajar. Mohon ibu guru jangan mengecewakannya. Jadikan masa-masa sekolah ini sebagai sesuatu yang menyenangkan, menarik, dan menggairahkan baginya. Ajaklah dia sesekali keluar untuk melihat kalau pendidikan itu bukan hanya dari bangku ke bangku tapi juga lewat kenyataan keseharian. Saya ingin ketika dia meninggalkan kelas ibu, dirinya memiliki keyakinan yang lebih atas kemampuannya sendiri.

Kelak ketika ia meninggalkan kelas ibu, saya berharap dirinya akan memiliki kecintaan besar pada pengetahuan dan sesamanya. Sebagai pelajar dan sebagai pribadi, kami sangat berharap ibu bisa tekun membimbing dan mengarahkannya. Pada akhirnya, bantulah putera kami menemukan harapan di atas bongkahan kehidupan bangsa yang buram dan menyakitkan ini. Tahukah ibu, tahun ini ibu akan menjadi salah seorang yang paling penting dalam hidupnya. Dia akan memutuskan atau meniru atau menolak nilai-nilai yang ibu guru semaikan. Dia mungkin akan menghormati dan mengingat ibu sepanjang hayatnya atau sebaliknya dia tidak lagi mengingat ibu dan merasa kecil hati atas setiap tindak tanduk ibu yang mungkin bertolak belakang dengan nilai yang ibu ajarkan. Sejujurnya, saya sebagai orang tua ingin ibu bisa menjadi seseorang yang paling dikaguminya-tapi untuk ini, ibulah yang bisa menentukan.

Oh ya, pada saat tahun ajaran berakhir, mohon berikan ucapan terima kasih dan pelukan hangat padanya. Berterima kasihlah kepadanya karena telah menjadi bagian dari kehidupan ibu., sebagaimana saya sangat berterima kasih kepada ibu karena telah menjadi bagian dari kehidupan anak saya. Kami tahu, diatas segala harapan kami, ibu guru sendiri didera oleh banyak problem. Tuntutan akan kesejahteraan hingga status membuat kami semua juga ingin berbuat banyak untuk anda. Jadikan putera kami menjadi seorang yang kelak akan memahami profesimu dan kelak bisa berbuat banyak untukmu. Jangan ragu untuk meminta bantuan solidaritas maupun perjuangan dari kami. Karena kami tahu, tahun ini anda menjadi bagian dari kehidupan kami sekeluarga. Dengan cinta dan penuh harapan, ayah dari siswa anda.

Salam

Dari kami sekeluarga

*Ini sebuah surat yang saya ambil dari sebuah buku dengan judul GURU: MENDIDIK ITU MELAWAN karangan Eko Prasetyo dan diterbitkan oleh Resist Book

Surat Untuk Ibu Guru Yang Sekarang Mendidik Putraku*

Previous Post

DEFINISI DINAMIKA KELOMPOK

Next Post

Pendidikan Nonformal Informal dalam undang undang SISDIKNAS

Panji Romadhon

Panji Romadhon

Next Post
Pendidikan Nonformal Informal dalam undang undang SISDIKNAS

Pendidikan Nonformal Informal dalam undang undang SISDIKNAS

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stay Connected test

  • 23.9k Followers
  • 99 Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

7 September 2022
Kumpulan Gema Takbir (Free Download Mp3)

Kumpulan Gema Takbir (Free Download Mp3)

28 Maret 2023

ASAS-ASAS PENDIDIKAN

15 Januari 2013
Apa sih jurusan Pendidikan Masyarakat

Apa sih jurusan Pendidikan Masyarakat

24 Mei 2022
Temu ALUMNI Jurusan PLS Universitas Negeri Malang ANGKATAN 1964-2014

Pendidikan Nonformal – PNF

118
Ijasah Sarjana Pendidikan Luar Sekolah dikeluhkan di Cianjur

Ijasah Sarjana Pendidikan Luar Sekolah dikeluhkan di Cianjur

95
BELAJAR TANPA SEKOLAH

BELAJAR TANPA SEKOLAH

86
Mahasiswa Unnes Temui Dirjen PNFI

Mahasiswa Unnes Temui Dirjen PNFI

74
Jenis dan Program Pendidikan Luar Sekolah

Jenis dan Program Pendidikan Luar Sekolah

28 Mei 2025
Memahami Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Indonesia

Memahami Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Indonesia

6 Juli 2025
Imadiklus Training 1 UNESA: Cetak Pemimpin Mahasiswa Unggul

Imadiklus Training 1 UNESA: Cetak Pemimpin Mahasiswa Unggul

21 Mei 2025
Pendidikan Luar Sekolah: Membuka Peluang Belajar untuk Semua

Pendidikan Luar Sekolah: Membuka Peluang Belajar untuk Semua

18 Mei 2025

Recent News

Jenis dan Program Pendidikan Luar Sekolah

Jenis dan Program Pendidikan Luar Sekolah

28 Mei 2025
87
Memahami Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Indonesia

Memahami Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Indonesia

6 Juli 2025
29
Imadiklus Training 1 UNESA: Cetak Pemimpin Mahasiswa Unggul

Imadiklus Training 1 UNESA: Cetak Pemimpin Mahasiswa Unggul

21 Mei 2025
16
Pendidikan Luar Sekolah: Membuka Peluang Belajar untuk Semua

Pendidikan Luar Sekolah: Membuka Peluang Belajar untuk Semua

18 Mei 2025
18
IMADIKLUS

© 2025 by pembuatweb.com

Navigate Site

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Follow Us

No Result
View All Result
  • Depan
    • Alamat Jurnal
      • Team Lej
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Pendidikan Luar Sekolah
    • Pendidikan masyarakat
    • Pendidikan nonformal
    • Berita Utama
    • Berita PLS
    • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
    • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
    • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Posting Artikel
    • Log In

© 2025 by pembuatweb.com