• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Artikel dan Opini

Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

admin imadiklus by admin imadiklus
in Artikel dan Opini, Berita Utama, Kegiatan Kampus
Reading Time: 3 mins read
1
Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara
143
SHARES
1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara Kegiatan pembelajaran keaksaraan fungsional mengarah pada pemberian keterampilan yang bersifat ekonomi produktif dan keterampilan sosial. Keterampilan fungsional menjadi tekanan pada kegiatan pendidikan keaksaraan fungsional karena sebagian besar warga belajar sasaran program penuntasan buta aksara adalah masyarakat miskin serta penyandang buta aksara,sehingga secara ekonomi dan pendidikan perlu diberdayakan. Bentuk pembelajaran keterampilan fungsional harus disesuaikan dengan minat dan kebutuhan warga belajar, serta bersifat fungsional seperti pelatihan ekonomi kreatif berbasis pemanfaatan potensi lokal yaitu membuat sambel kerang. Sedangkan aspek keterampilan sosial antara lain adalah membantu memasarkan produk lokal melalui pemasaran offline dan pemasaran online dengan maksud untuk memfungsikan keaksaraannya, mendapatkan informasi, dan memanfaatkan peluang bagi upaya peningkatan kualitas ekonomi warga belajar.

Buta aksara adalah seseorang yang tidak dapat membaca, menulis, dalam huruf latin dan berhitung dengan angka Arab, sedangkan buta aksara fungsional adalah orang yang tidak dapat memanfaatkan kemampuan baca, tulis, dan berhitung dalam kehidupan sehari-hari (Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Luar Sekolah, 2006: 3). Pemberantasan buta huruf merupakan bagian integral dalam pengentasan masyarakat dari kebodohan, kemiskinan, keterbelakangan dan ketidak berdayaan dalam kerangka makro pengembangan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Pemberantasan buta huruf menjadi amat penting dan strategis.

Angka warga Sulawesi Selatan yang buta aksara masih sangat tinggi, bahkan bisa disebut berada di zona merah. Jumlahnya, mencapai 250.769 atau dalam presentase 4,49% dari jumlah penduduk daerah ini.

Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

Program pendidikan keaksaraan fungsional sebagai sarana pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan melingkupi berbagai aspek kehidupan, yaitu masyarakat yang berdaya adalah masyarakat yang hidup di dalam suatu masyarakat madani (civil society) yakni suatu masyarakat yang percaya atas kemampuan para anggotanya untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik, serta masyarakat yang menyadari akan hak dan kewajibannya dalam hidup bersama masyarakat. Direktorat Pendidikan masyarakat telah mengembangkan progran Keaksaraan Fungsional , dalam menangani buta huruf ini. Keaksaraan fungsional adalah pendekatan baca, tulis, dan hitung yang teritegrasi dengan keterampilan usaha berdasarkan kebutuhan dan potensi lokal warga belajar. Tujuan program ini adalah membelajarkan warga belajar agar mampu membaca, menulis dan berhitung serta berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sebagai dasar untuk meningkatkan usaha dan perekonomian kehidupannya.

Masyarakat pesisir mempunyai cara berbeda dalam aspek pengetahuan, kebiasaan, peranan sosial, sosial budaya, ekonomi, dan struktur sosialnya. Sementara itu, dibalik kemiskinannya, masyarakat pesisir tidak mempunyai banyak cara dalam mengatasi yang dihadapinya terutama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. kompleksitas yang dihadapi masyarakat pesisir adalah kemiskinan, keterbatasan pengetahuan untuk pengelolaan sumber daya dan teknologi, serta peran aktif antara pihak luar dengan masyarakat pesisir

sehingga dapat menghidupkan kualitas dan keterampilan masyarakat pesisir tanpa melunturkkan karakter budayanya.

Potensi lokal adalah sebuah kemampuan atau kekuatan yang dimiliki oleh suatu daerah atau tempat yang dapat dikembangkan untuk menghasilkan manfaat atau keuntungan bagi daerah tersebut. Desa Ujung Baji Kec.Sanrobone memiliki potensi Sumber Daya Alam yang melimpah seperti Kerang, Rumput Laut, Ikan Bandeng, Udang,dan kepiting. Mengingat bahwa Desa Ujung Baji Kec.Sanrobone adalah desa yang disekitarnya terdapat pantai dan pertambakan. Sumber Daya Alam tersebut membutuhkan Sumber Daya Manusia yang memadai untuk mengelolah potensi lokal agar dapat memberikan hasil yang sangat maksimal. Namun kenyataannya, Sumber Daya Manusia masyarakat Desa Ujung Baji Kec.Sanrobone masih sangat terbatas karena masih tingginya buta aksara dan angka putus sekolah. Oleh karena itu, diperlukan usaha dalam memberantas buta aksara sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Desa Ujung Baji Kec.Sanrobone.

Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengatahuan dari sumber daya manusia sebagian faktor yang utama.

Kegiatan pembelajaran keaksaraan fungsional mengarah pada pemberian keterampilan yang bersifat ekonomi produktif dan keterampilan sosial. Keterampilan fungsional menjadi tekanan pada kegiatan pendidikan keaksaraan fungsional karena sebagian besar warga belajar sasaran program penuntasan buta aksara adalah masyarakat miskin serta penyandang buta aksara,sehingga secara ekonomi dan pendidikan perlu diberdayakan.

Selengkapnya 

Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

Oleh

Nama : M.PADLI THAMRIN – JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2022 Alamat Email : padlithamrin852@gmail.com dikirim melalui 

Kirim artikel dalam bentuk File ke imadiklus

Previous Post

Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

Next Post

Peranan Pendidikan Non Formal dalam Education for Sustainable Development

admin imadiklus

admin imadiklus

telegram @tanpatinta

Related Posts

10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

by admin imadiklus
31 Januari 2023
0

Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah masih sering membuat banyak orang keliru. Tampak sekilas, kedua tulisan tersebut mempunyai kesamaan. Namun, keduanya...

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

by admin imadiklus
18 Januari 2023
0

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual Melihat konsep pemberdayaan masyarakat di desa ini semakin luas, maka diperlukan adanya...

Bangkit Bersama Membagun Bangsa

by risangpriyo
29 Desember 2022
2

Pandemi Covid-19 merupakan ujian berat bagi berbagai Negara di dunia tidak terkecuali bagi Indonesia. Sejak bulan Maret 2020 Pandemi Covid-19...

Pentingnya pendidikan non formal

Pentingnya pendidikan non formal

by admin imadiklus
11 Desember 2022
0

Pendidikan non formal adalah sebuah pendidikan yang tidak dilaksanakan di sekolah atau kampus, tetapi dapat dilakukan di berbagai tempat seperti...

Next Post
Peranan Pendidikan Non Formal dalam Education for Sustainable Development

Peranan Pendidikan Non Formal dalam Education for Sustainable Development

Pengaplikasian Seni Retorika dalam Komunikasi Berdasar pada Pola Pikir Publik

Pengaplikasian Seni Retorika dalam Komunikasi Berdasar pada Pola Pikir Publik

Comments 1

  1. Twicsy says:
    2 bulan ago

    Posting yang bagus, saya telah membagikannya dengan teman-teman saya.

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,877 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Implementasi BUMDes dalam Upaya Menciptakan Lapangan Kerja bagi Pemuda di Desa Jungjang 31 Oktober 2022 Rachman Yushril Fadillah
  • Pengelolaan Pembelajaran pada Pelatihan Pengelola Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya 31 Oktober 2022 Indah Rahmawati
  • Upaya Pengembangan Minat Literasi dan Kemampuan Menghafal Pada Anak Melalui Video Animasi di Teras Baca Sumberpasir Kabupaten Malang 31 Oktober 2022 Riris Dwi Puji Rahayu
  • Model Operasional Pelatihan Pada Balai Latihan Kerja Tasikmalaya dalam Menyiapkan Tenaga Kerja Profesional 31 Oktober 2022 Hilmi Nur Fakhira
  • Pengaruh Keberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Potensi Lokal Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Anggota Kelompok Wanita Tani 31 Oktober 2022 Indri Dwi Ramadani
  • Upaya Pembentukan Kepribadian Islami Santri Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Al-Fikri Kebun Bunga Permai Kota Palembang 31 Oktober 2022 Andini Sarina
  • Model Magang Pendidikan Informal 31 Oktober 2022 Mira Nurlela
  • Upaya Pendamping Desa Dalam Pengembangan Desa Wisata Sopotinjak Kecamatan Batang Natal 31 Oktober 2022 Putri Anggina
  • Pemberdayaan Kelompok Tani Padi Melalui Penyuluhan Pertanian 31 Oktober 2022 Setia Ramandani
  • Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Pada Lembaga Sosial SOS Children’s Village, Kota Medan 31 Oktober 2022 Aisyah Anggreni
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Home
    • Tentang
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team Lej
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • Kategori
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
  • Acuan
    • CPNS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta

Terkait imadiklus