Teknologi Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah

Seiring perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi akan semakin meningkat. Maka dari itu pola pembelajaran juga harus dirubah mengikuti perubahan zaman yang disebabkan oleh perkembagan teknologi. Dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini setidaknya pendidik juga harus mampu menguasai dan mau menggunakan teknologi.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam Teknologi Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah  juga dilakukan dalam rangka meningkatkan efektifitas dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar serta mutu dari para peserta didik atau pun warga belajar. Beberapa manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan luar sekolah sebagai berikut:

  • TIK sebagai infrastruktur pembelajaran, Dengan dimanfaatkannya TIK ini pembelajaran jadi bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja, serta tidak terkendala lagi oleh keadaan di mana peserta didik, pengajar dan bahan ajar.
  • TIK sebagai sumber bahan belajar, Pemanfaatan TIK sebagai suatu sumber bahan belajar akan menjamin tersedianya materi-materi pembelajaran yang selalu terperbaharui dan selalu tersedia untuk diakses setiap saat. Selain itu materi-materi pembelajaran pun akan lebih mudah untuk diperbaharui menyesuaikan dengan cepatnya perkembangan ilmu pengetahuanyang terjadi. Contohnya warga belajar yang sedang belajar menjahit misalnya dapat mencari bahan pembelajaran atau materi pembelajaran lewat internet, youtube, dan lain-lainnya.
  • TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran, Melalui pemanfaatan TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran, suatu materi pembelajaran akan tersampaikan dengan lebih baik dengan mempertimbangkan konteks dunia nyatanya.
  • TIK sebagai pendukung  manajemen  pembelajaran, Pemanfaatan TIK dalam mendukung manajemen pembelajaran dapat dipergunakan untuk   membantu       mengelola        dan      mengolah         data-data         pendidikan dan pembelajaran sehingga menghasilkan suatu lembaga pendidikan yang berkualitasyang mampu menyediakan data pendidikan yang akurat, mudah dipergunakan, serta dapat diperoleh dengan tepat waktu.
  • TIK sebagai sistem pendukung  keputusan, Sistem kerja TIK yang membuat suatu data bisa selalu diperbaharui dan tersedia setiap saat akan memberikan jaminan terhadap ketersediaan data-data yang valid dan reliabel guna terciptanya keputusan dankebijakan yang menguntungkan suatu pihak.

 

Teknologi Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah

Dengan dimanfaatkannya teknologi dalam media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar, akan mempermudah cara pengajar dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didiknya. Dan akan mempermudah bagi peserta didik pada saat mereka hendak belajar secara mandiri. Karna jika teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan dengan baik, maka proses pembelajaran akan berlangsung dengan kondusif dan inovatif.

Pemanfaatan mungkin merupakan kawasan teknolohi pembelajaran tertua diantara kawasan-kawasan yang lain, karena penggunaan audio visual secara taratur mendahului meluasnya perhatian terhadap desain dan produksi media pembelajaran yang sistematis.
Pemanfaatan adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Mereka yang terlibat dalam pemanfaatan mempunyai tanggungjawab untuk mencocokkan pemelajar dengan bahan yang aktivitas yang spesifik, menyiapkan pemelajar agar dapat berinteraksi dengan bahan dan aktivitas yang dipilih, memberikan bimbingan selama kegiatan, memberikan penilaian atas hasil yang dicapai pemelajar, serta memasukkannya ke dalam prosedur organisasi yang berkelanjutan.
Fungsi kawasan pemanfaatan penting karena membicarakan kaitan pemelajar dengan bahan atau system pembelajaran. Jelas fungsi ini sangat kritis penggunaan olej pemelajar merupakan satu-satunya raison d’etre dari bahan pembelajaran. Kawasan pemanfaatan ini mempunyai jangkauan aktivitas dan strategi mengajar yang luas.
Dengan demikian pemanfaatan menuntut adanya penggunaan, diseminasi, difusi, implementasi dan pelembagaan yang sistematis. Fungsi pemanfaatan penting untuk memperjelas pemelajar dengan bahan atau system pembelajaran.
Ada empat kawasan pemanfaatan teknologi pembelajaran, yaitu:

  • pemanfaatan media,
  • difusi inovasi,
  • Implementasi dan pelembagaan,
  • kebijakan dan regulasi.

Pemanfaatan media adalah penggunaan yang sistematis dari sumber untuk belajar. Difusi inovasi adalah proses berkomunikasi melalui strategi yang terencana dengan tujuan untuk diadopsi. Implementasi dan pelembagaan. Implementasi adalah penggunaan bahan dan strategi pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya (bukan yang tersimulasikan). Sedangkan pelembagaan adalah penggunaan yang rutin dan pelestarian dari inovasi pembelajaran dalam suatu struktur atau budaya organisasi. Kebijakan dan regulasi adalah aturan dan tindakan dari masyarakat (atau wakilnya) yang mempengaruhi difusi atau penyebaran dan penggunaan teknologi pembelajaran.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *