• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Artikel dan Opini

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

COMMUNITY EMPOWERMENT IN COMMUNITY-BASED VILLAGES

admin imadiklus by admin imadiklus
in Artikel dan Opini, Kebudayaan
Reading Time: 6 mins read
0
Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual
138
SHARES
1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual Melihat konsep pemberdayaan masyarakat di desa ini semakin luas, maka diperlukan adanya pembahasan mendalam mengenai pemberdayaan masyarakat di desa berbasis komunitas ini dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana implementasi pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas ini diselenggarakan dan bagaimana hasilnya.

Metode Penelitian

Pada kajian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode atau jenis penelitian studi kepustakaan (Library Research). Sarwono menyampaikan studi Pustaka adalah sebuah kegiatan mempelajari berbagai buku referensi serta hasil dari penelitian terdahulu. Secara sederhananya ini merupakan kegiatan membaca sejumlah referensi atau buku yang memiliki tujuan agar mengetahui inti/topik yang dikaji. Sedangkan menurut Nasir studi kepustakaan ni merupakan sebuah Teknik untuk memperoleh data dengan menelaah buku, literatur, atau referensi dari sejumlah laporan tentang suatu permasalahan yang ingin dipecahkan. Prosesnya ini dilihat sebagai kegiatan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan. Kemudian data tersebut dimasukkan ke dalam tulisan seorang penulis untuk memberikan validasi data dan dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan Sugiyono berpendapat bahwa studi Pustaka ini adalah kajian teoritis yang memiliki kaitan dengan kebudayaan serta norma yang berkembang pada suatu situasi sosial yang akan diteliti. (Abdhul, 2021).

Studi kepustakaan merupakan segala sesuatu yang dikerjakan penulis untuk mengumpulkan data informasi yang relevan terhadap tem atau permasalahan yang diangkat penulis. Data informasi diperoleh dari berbagai sumber referensi seperti buku, jurnal penelitian, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis dan disertasi, ketetapan-ketetapan, peraturan-peraturan, buku tahunan, dan sumber tertulis yang tercetak maupun dalam bentuk elektronik lainnya. (STUDI KEPUSTAKAAN.pdf, n.d.).

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

Pada Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dalam pasal 1 ayat (12) telah diatur mengenai pemberdayaan masyarakat desa. Yang mana mengartikan pemberdayaan masyarakat desa sebagai sebuah upaya mengembangkan kemandirian serta kesejahteraan masyarakat dengan cara meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kemampuan, sikap, perilaku, dan pendampingan yang sesuai dengan adanya esensi masalah serta prioritas kebutuhan dari masyarakat Desa.

Dengan adanya peraturan tersebut menandakan adanya pemberdayaan merupakan sebuah proses berdasarkan dari peningkatan kualitas seseorang yang tergabung dalam masyarakat desa. Selain itu, UU tersebut akan memberikan space bagi pengimplementasian pemberdayaan masyarakat desa di Indonesia secara menyeluruh. Tentunya akan membuka peluang yang seluas-luasnya bagi desa-desa dalam optimalisasi potensi yang ada sehingga mampu mewujudkan pembangunan menuju desa yang maju.   (Firman, 2021)

Pada buku Pengembangan Masyarakat karya Zubaedi (2013 : 21-22) telah dijelaskan adanya 4 perspektif dari konsep pemberdayaan menurut Jim Ife. Pertama, perspektif pluralis yang memandang pemberdayaan ini sebagai sebuah proses membantu seserang ataupun sekelompok orang kurang beruntung agar kedepannya dapat bersaing dengan efektif. Kedua, perspektif elitis yaitu upaya dalam mempengaruhi kalangan elite misalnya tokoh masyarakat, orang kaya, pejabat dan lain lain yang membentuk kalangan elit, konrontasi, dan memberikan upaya perubahan ada kalangan elite. Hal ini dilakukan dikarenakan adanya power serta control dari kalangan elite tersebut yang kuat terhadap Pendidikan, media, kebijakan public, partai politik, parlemen, dan birokrasi. Ketiga perspektif strukturalis merupakan kegiatan berjuang yang menantang karena tercapainya tujuan bergantung pada pengurangan bentuk-bebntuk ketimpangan structural. Dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan masyarakat yaitu proses pembebasan, berubahnya struktur secara fundamental dan upaya untuk mengeliminasi adanya penindasan structural. Keempat, perspektif post-strukturalis yaitu proses mengubah diskursus. Ini berarti pemberdayaan ditekankan kepada aspek intelektualitas daripada aktivitas atau aksi. Jadi, pemberdayaan ditekankan lebih kepada Pendidikan bukan aksi. (Zubaedi, 2013).

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

Implementasi Pemberdayaan Di Desa Berbasis Komunitas di Indonesia

Pembangunan masyarakat akan lebih optimal jika dilakukan bersamaan dengan adanya peran pihak pemerintah dan masyarakatnya itu sendiri. Studi kepustakaan yang digunakan sebagai referensi ini menampilkan keberhasilan program pemberdayaan masyarakat di desa yang berbasis komunitas.  Studi pemberdayaan yang dilakukan oleh Nur Kumilasari (2019) memperoleh hasil adanya peningkatan pe ndapatan dan peningkatan SDM masyarakat setempat yaitu memiliki sikap percaya diri, kreatif, dan mandiri. Dari sisi keagamaan, masyarakat sudah mampu untuk menunaikan ibadah zakat serta mampu melaksanakan pengajian rutinan sebaga bentuk untuk meningkatkan keimanan. (Kumilasari, 2019)

Selanjutnya, dalam studi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Yusus Adam Hilman (2018) 4 beberapa program kegiatan pemberdayaan berbasis komunitas yang direncanakan telah berhasil memberikan dampak yang positif pada masyarakat sasaran yaitu para wanita janda di Desa Dadapan Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. (Hilman & Nimasari, 2018). Dampak yang dimaksud yaitu meningkatnya pendapatan masyarakat, menumbuhkan kesetiakawanan sosial, dan menumbuhkan jiwa kemandirian. Tidak jauh berbeda dengan penelitian sebelumnya, pada kegiatan program pemberdayaan yang dilakukan oleh Siti Yumnah tepatnya di Dusun Sentono Kelurahan Glanggang pada kegiatan pengabdian di Posyandu Delima juga memperoleh keberhasilan program pemberdayaan masyarakat. Masyarakat sekitar daerah tersebut pada awalnya tidak menerapkan PHBS di lingkungan tempat tinggal, akan tetapi setelah adanya kegiatan ini masyarakat mngalami peningkatan pengetahuan dan kesadaran untuk melakukan PHBS. Karena masyarakat juga telah menerima manfaat nyata yang dirasakan setelah mereka menerapkan program tersebut sehingga hal tersebut menumbuhkan komitmen masyarakat untuk selalu menerapkan dimanapun mereka berada. (Yumnah, 2021)

Berbeda kasus dengan penelitian tersebut diatas, penelitian yang dilakukan oleh Tiara Ramadhani yaitu pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas satu ini dilakukan melalui UMKM pada kelompok pembuat kritcu Bangka Belitung ini menunjukkan adanya peningkatan permintaan produksi sehingga menyebabkan peningkatan penghasilan para  ibu rumah tangga pelaku UMKM. (Ramadhani, 2020). Berlanjut pada penelitian selanjutnya tentang pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas yaitu mengolah limbah menjadi berkah di daerah Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini dilakukan oleh Nazarudin, dkk yang memberikan kesimpulan bahwa adanya keberhasilan program yang dilakukan. Program tersebut memberikan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar dan mampu mengubah pola piker masyaraakat terhadap tumbuhan gulma dan limbah dimana awalnya tidak bernilai dan tidak berpotensi untuk memberikan sumbangsih pendapatan baru bagi masyarakat. (Nazaruddin et al., 2020).

Kesimpulan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

Pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas ini merupakan sebuah pendekatan pembangunan yang memiliki penyesuaian atau beradaptasi kepada kebutuhan atau kepentingan sasaran masyarakatnya yang kemudian diberikan fasilitas yang sesuai oleh agen of change atau pelaksana program kegiatan pemberdayaan. Dalam prosesnya, pelaksana program kegiatan pemberdayaan memerlukan adanya penggalian informasi serta pemahaman terlebih dahulu atas daerah yang berpotensi untuk dikembangkan secara optimal. Pemberdayaan masyarakat berbasis masyarakat menggunakan pendekatan yang sesuai yaitu dengan pola partisipasi.

Hasil penelitian terdahulu yang telah disebutkan diatas, menunjukkan adanya keberhasilan dari masing-masing program pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas yang telah dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat  yang dilakukan berbasis komunitas ini cukup efektif untuk diimplementasikan di desa yang ada di Indonesia secara menyeluruh. Keberhasilan ini juga dipengaruhi karena adanya partisipasi aktif dari masyarakat terhadap pelaksanaan program kegiatan pemberdayaan masyarakat desa berbasis komunitas.

Daftar Pustaka

Abdhul, Y. (2021, 11 25). Studi Pustaka : Pengertian, Tujuan, dan Metode. Retrieved from deepublish store: https://deepublishstore.com/studi-pustaka/

Admin. (2017, 1 22). Pengertian dan Jenis-jenis Komunitas Menurut Ahli. Retrieved from https://comdev.binus.ac.id/blog/2017/01/pengertian-dan-jenis-jenis-komunitas-menurut-ahli/#:~:text=Menurut%20McMillan%20dan%20Chavis%20(1986,berkomitmen%20untuk%20terus%20bersama%2Dsama.

Admin. (2022, Februari 10). Pengertian Komunitas, Jenis, dan Manfaatnya. Retrieved from https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-komunitas-jenis-dan-manfaatnya/#:~:text=Menurut%20KBBI,kelompok%20masyarakat%20atau%20sebuah%20paguyuban.

Admin. (2022, 3 9). Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli. Retrieved from Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2022/03/09/01150061/pengertian-masyarakat-menurut-para-ahli#:~:text=Menurut%20Soerjono%20Soekanto%2C%20masyarakat%20adalah,kesatuan%20manusia%20dan%20bersifat%20berkelanjutan.

Bender, D. (2016). DESA – Optimization of variable structure Modelica models using custom annotations. ACM International Conference Proceeding Series, 18-April-2016(1), 45–54. https://doi.org/10.1145/2904081.2904088

Fahmy, I. A. (2022, 10 27). 6 Pengertian Pemberdayaan Menurut Para Ahli dan Aspeknya. Retrieved from Pinhome Blog: https://www.pinhome.id/blog/pengertian-pemberdayaan-menurut-para-ahli/#Daulay_2006

Firman, A. A. (2021). pemberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas. Jurnal Tata Sejuta, 132-146.

Haris, A. (2014). Memahami Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Media. Journal Universitas Hassanudin, 50-62.

Hilman, Y. A., & Nimasari, E. P. (2018). Model Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Berbasis Komunitas. Aristo, 6(1), 45. https://doi.org/10.24269/ars.v6i1.778

KBBI. (n.d.). Retrieved from https://kbbi.web.id/masyarakat

Kumilasari, N. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas; Studi Terhadap BumDes . UIN Walisongo.

Nazaruddin, N., Ruhamah, R., Inayatillah, I., & Fitri, C. D. (2020). Mengolah Limbah Menjadi Berkah: Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Komunitas di Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat. Intervensi Komunitas, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.32546/ik.v1i2.639

Ramadhani, T. (2020). Community-Based Community Empowerment Through Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) (Case Study of Kritcu BaBe Making Group in Batu Belubang Village). RECIPROCAL: Journal of Actual Progressive Sociology Research, 2(2), 200–210. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.31

Reza, N. F. (2021). Community Empowerment through Potato Chips Home Industry Business in Penanggungan Village, Wanayasa District, Banjarnegara Regency.

LITERATURE STUDIES.pdf. (n.d.).

Wikipedia. (2022, 11 18). Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat

Yumnah, S. (2021). Assistance in the Community Health Empowerment Program against Covid-19 through the Pomegranate Posyandu Cadre Community in Glanggang Village. ABDI KAMI: Journal of Community Service, 4(1), 037. https://doi.org/10.29062/abdi_kami.v4i1.443

Zubaedi. (2013). COMMUNITY DEVELOPMENT BOOKS (1).pdf (p. 270).s

Azka Nafiurrohmah, Dadang Yunus Lutfiansyach, Abdul Malik, Amin Yusuf
azkanapik@student.unnes.ac.id, dadangyunus@upi.edu,
abdul.malik@mail.unnes.ac.id,  aminyusuf@mail.unnes.ac.id

Previous Post

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Non Formal

Next Post

10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

admin imadiklus

admin imadiklus

telegram @tanpatinta

Related Posts

10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

by admin imadiklus
31 Januari 2023
0

Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah masih sering membuat banyak orang keliru. Tampak sekilas, kedua tulisan tersebut mempunyai kesamaan. Namun, keduanya...

Bangkit Bersama Membagun Bangsa

by risangpriyo
29 Desember 2022
2

Pandemi Covid-19 merupakan ujian berat bagi berbagai Negara di dunia tidak terkecuali bagi Indonesia. Sejak bulan Maret 2020 Pandemi Covid-19...

Pentingnya pendidikan non formal

Pentingnya pendidikan non formal

by admin imadiklus
11 Desember 2022
0

Pendidikan non formal adalah sebuah pendidikan yang tidak dilaksanakan di sekolah atau kampus, tetapi dapat dilakukan di berbagai tempat seperti...

Dinamika Kelompok Tentang Majelis Ta’limul Qur’an

Dinamika Kelompok Tentang Majelis Ta’limul Qur’an

by Roudhotul Jannah
30 September 2022
0

Definisi dinamika kelompok menurut Floyd D.Ruch (dalam Gunarsa, 2008) adalah analisa dari relasi-relasi kelompok sosial, berdasarkan  prinsip bahwa tingkah laku...

Next Post
10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,877 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Implementasi BUMDes dalam Upaya Menciptakan Lapangan Kerja bagi Pemuda di Desa Jungjang 31 Oktober 2022 Rachman Yushril Fadillah
  • Pengelolaan Pembelajaran pada Pelatihan Pengelola Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya 31 Oktober 2022 Indah Rahmawati
  • Upaya Pengembangan Minat Literasi dan Kemampuan Menghafal Pada Anak Melalui Video Animasi di Teras Baca Sumberpasir Kabupaten Malang 31 Oktober 2022 Riris Dwi Puji Rahayu
  • Model Operasional Pelatihan Pada Balai Latihan Kerja Tasikmalaya dalam Menyiapkan Tenaga Kerja Profesional 31 Oktober 2022 Hilmi Nur Fakhira
  • Pengaruh Keberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Potensi Lokal Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Anggota Kelompok Wanita Tani 31 Oktober 2022 Indri Dwi Ramadani
  • Upaya Pembentukan Kepribadian Islami Santri Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Al-Fikri Kebun Bunga Permai Kota Palembang 31 Oktober 2022 Andini Sarina
  • Model Magang Pendidikan Informal 31 Oktober 2022 Mira Nurlela
  • Upaya Pendamping Desa Dalam Pengembangan Desa Wisata Sopotinjak Kecamatan Batang Natal 31 Oktober 2022 Putri Anggina
  • Pemberdayaan Kelompok Tani Padi Melalui Penyuluhan Pertanian 31 Oktober 2022 Setia Ramandani
  • Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Pada Lembaga Sosial SOS Children’s Village, Kota Medan 31 Oktober 2022 Aisyah Anggreni
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Home
    • Tentang
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team Lej
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • Kategori
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
  • Acuan
    • CPNS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta

Terkait imadiklus