Pendidikan luar sekolah sebagai proses pemberdayaan dapat dinyatakan sebagai suatu alat yang dapat membantu masyarakat dalam hal ini kelompok-kelompok masyarakat melalui beberapa tahapan tersebut,
selain itu proses ini merupakan bentuk pendidikan yang berorientasi pada perubahan sistem. Karena setiap diadakan inovasi dalam masyarakat, maka sistim baru akan dibuat untuk mencapai kebutuhan masyarakat dan kelompok-kelompok masyarakat tersebut. Sistem baru yang dibuat itu akan menyesuaikan dengan karakteristik dan budaya masyarakat setempat, khususnya kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat.
Pendidikan luar sekolah dan pengembangan kelompok masyarakat yang terorganisir merupakan dua mata rantai yang beriringan dalam kehidupan di masyarakat. Penciptaan unit-unit kecil yang terorganisir dalam masyarakat untuk kegiatan program pemberdayaan harus dibuat sebanyak mungkin. Aktifitas program yang tercipta itu dikembangkan melalui kelompok-kelompok masyarakat secara berkala dan berkelanjutan. Dengan demikian unit-unit terkecil kegiatan kelompok masyarakat itu akan terus meningkat kualitasnya secara profesional.
Pendidikan luar sekolah merupakan institusi yang terorganisir dan sistimatis yang sangat berguna dan bermanfaat dalam pemberdayaan masyarakat dan kerakyatan. Roh pendidikan luar sekolah ada ditengah- tengah masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat banyak. Unit-unit terkecil yang ada dalam masyarakat ini akan berguling-guling atau bergelundungan secara terus menerus dan tersistimatis dan tidak akan pernah lelah, dalam rangka memberdayakan masyarakat dan kerakyatan melalui program-program yang dibuat khusus untuk masyarakat.
Pendidikan luar sekolah yang ditujukan untuk kelompok masyarakat dalam rangka memberdayakan mereka untuk lebih mampu bermain dalam kehidupan masyarakat. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa pendidikan luar sekolah adalah pendidikan yang diselenggarakan diluar jalur sistem persekolahan. Berarti pendidikan luar sekolah adalah aktifitas pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat menurut kebutuhan masyarakat itu sendiri.
SIKLUS TAHAPAN PEMBERDAYAAN YANG DIKEMBANGKAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Kebijakan program-program yang dibuat untuk kelompok masyarakat adalah salah satu bentuk aktifitas pendidikan yang diselenggarakan dalam masyarakat. Ini adalah wujud pemberdayaan yang diselenggarakan oleh pendidikan luar sekolah dalam rangka memajukan kelompok masyarakat untuk mampu bersaing dengan kelompok masayarakat yang lainnya
pendidikan luar sekolah sebagai pemberdaya masyarakat, dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut :
- Pendidikan luar sekolah adalah setiap usaha pelayanan pendidikan yang diselenggarakan di luar sistem sekolah, berlangsung seumur hidup, dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana yang bertujuan untuk mengaktualisasi potensi manusia (sikap, tindak dan karya) sehingga dapat terwujud manusia yang gemar belajar-mengajar dan mampu meningkatkan
- Pemberdayaan masyarakat adalah kelompok orang yang mengerti dalam mengawasi sosial ekonomi dan tekanan-tekanan politik agar supaya mampu berkembang dan mengembangkan
- Pendidikan luar sekolah sebagai pemberdaya masyarakat adalah suatu cara untuk menggali suatu proses belajar kelompok masyarakat dan berlatih secara sistematis untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja mereka dalam pekerjaannya dan menyiapkan diri untuk peranan dan tanggungjawab yang akan datang, dengan memaknai belajar untuk mengetahui, belajar berbuat, belajar hidup bersama, dan belajar menjadi seseorang secara bersamaan dan
- Siklus tahapan pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan pendidikan luar Sekolah