• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Berita PLS

WORKSHOP NASIONAL PNFI DAN TEMU KOLEGIAL

aqil by aqil
in Berita PLS, Berita Utama
Reading Time: 8 mins read
4
136
SHARES
1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

HASIL LAPORAN

WORKSHOP NASIONAL PNFI DAN TEMU KOLEGIAL JURUSAN PLS SE-INDONESIA

“Sinergitas PNFI, Perguruan Tinggi, dan Dunia Usaha Dalam Implementasi

Program Pendidikan Non-Formal

Oleh:

Akhmad Aqil Aziz (UNNES)

Korwil II IMADIKLUS Semarang 2010

  1. A. Waktu dan Tempat Kegiatan

Pelaksanaan dilakukan pada tanggal 6 8 Juli 2010 dan bertempat di P2-PNFI Regional II Semarang, Jl. Diponegoro 250 Ungaran Semarang, telp. (024) 6921187, fax (024) 6922884.

  1. B. Tujuan

Workshop sinergitas pendidikan non-formal dan informal dengan perguruan tinggi ini bertujuan yang pertama; merumuskan strategi-strategi pengembangan program PNFI dalam mmenuhi kebutuhan belajar masyarakat dan dunia kerja, kedua; merumuskan strategi-strategi pengembangan lab PLS jurusan/prodi PLS dan UPT PNFI dalam pembelajaran program-program PNFI yang Inovatif, kreatif dan kompetitif, ketiga; mengkaji pengembangan model pembelajaran PNFI di Unit Pelaksana Teknis (UPT) PNFI agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, keempat; menyusun sinergitas antar pemangku kepentingan dalam pembuatan kebijakan, pengembangan model pembelajaran PNFI dalam rangka mewujudkan keselarasan hasil-hasil pendidikan nonformal dengan kebutuhan dunia kerja.

  1. C. Peserta Kegiatan

Workshop ini diikuti oleh peserta sebanyak 105 orang yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan PLS seluruh Indonesia. Setiap jurusan mengirimkan 2 orang peserta, ditambah para birokrat, dan praktisi PNFI. Berikut daftar Perguruan Tinggi dan jumlah peserta workshop secara rinci dapat dilihat pada tabel sbb.

NoPerguruan TinggiKotaJumlah
1Universitas Nusa CendanaKupang2 orang
2Universitas JemberJember2 orang
3Universitas Negeri PadangPadang2 orang
4Universitas Negeri MalangMalang2 orang
5Universitas Pendidikan IndonesiaBandung2 orang
6Universitas Negeri ManadoManado2 orang
7Universitas Negeri JakartaJakarta2 orang
8Universitas Negeri YogyakartaYogyakarta2 orang
9Universitas Negeri SemarangSemarang2 orang
10Universitas Negeri SurabayaSurabaya2 orang
11Universitas Negeri MedanMedan2 orang
12Universitas Sultan Agung TirtayasaSerang2 orang
13Universitas Negeri MakasarMakasar2 orang
14Universitas Ibnu KhaldunBogor2 orang
15Universitas Muhamadiyah Pare-ParePare-Pare2 orang
16Universitas SiliwangiTasikmalaya2 orang
17STKIP SiliwangiCimahi2 orang
18Universitas Darulâ„¢UlumJombang2 orang
19Universitas Pendidikan GanesaSingaraja2 orang
20Universitas Muhammadiyah KendariKendari2 orang
21Universitas PalangkarayaPalangkaraya2 orang
22Universitas RiauPekanbaru2 orang
23IKIP MataramMataram2 orang
24Universitas BengkuluBengkulu2 orang
25P2-PNFIRegional5 0rang
26BP-PNFIRegional10 orang
27BPKB DIYDI Yogyakarta2 orang
28SKBJateng-DIY18 orang
29Birokrasi/PraktisiJateng-DIY8 orang
30Akademisi/Forum/IkatanPropinsi dan Pusat8 orang
Jumlah150 orang
  1. D. Narasumber
    1. Dirjen PNFI
    2. Staf Ahli Kemendiknas
    3. Ditjen Pendidikan Tinggi
    4. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi
    5. BKN Regional 1 Yogyakarta
    6. Pakar Perguruan Tinggi
    7. Pakar PNFI
    8. Kadin Pusat
  1. E. Gambaran Kegiatan

Workshop ini dilaksanakan dalam berbagai kegiatan, yaitu diantaranya:

  1. Penyampaian informasi grand desain dan kebijakan PNFI kepada semua peserta workshop.
  2. Penyampaian informasi lintas sector dan pemangku kepentingan terkait kebijakan dan pengembangan program PNFI, serta kebutuhan kerja.
  3. Penyampaian informasi perkembangan keilmuan Pendidikan Luar Sekolah (PLS).
  4. Diskusi kelompok untuk merumuskan usulan:
    1. Strategi sinergitas dalam rangka perluasan akses, peningkatan mutu dan daya saing program PNF.
    2. Strategi pengembangan kelembagaan dan Model Laboratorium Prodi PLS yang Unggul.
    3. Strategi penyelarasan kurikulum PLS dan program PNFI dengan dunia kerja dan dunia usaha/industry.
  1. F. Proses kegiatan
    1. 1. Persiapan
      1. Menyusun Desain
      2. Membentuk Kepanitiaan workshop
      3. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait
      4. Menghubungi nara sumber
      5. Penyusunan surat dan pemanggilan peserta
  2. 2. Pelaksanaan
    1. Pendaftaran peserta workshop
    2. Pembukaan, sajian keynote speaker dan penjelasan teknis
    3. Presentasi makalah
    4. Sidang komisi
    5. Sidang pleno
    6. Penutupan

Kegiatan workshop sinergitas PNFI dengan PT ini berlangsung selama tiga hari efektif, dengan rincian kegiatan sebagai berikut; 1) pembukaan, sajian keynote speaker, dan penjelasan teknis, 2) presentasi makalah, 3) siding komisi, dan,   4) siding pleno dan penutupan.

Keterangan!

  1. 1. Hari Pertama diisi agenda kegiatan:
    1. Laporan Kegiatan oleh Panitia
    2. Sambutan Selamat Datang oleh Rector UNNES
    3. Pembukaan dan Pengarahan oleh Dirjen PNFI
    4. Keynote Speaker oleh: Prof. Dr. Abdullah Al-Khaff (Staf Ahli Kemdiknas)
  2. 2. Hari Kedua berisi agenda kegiatan sajian sajian makalah dan siding pleno:
    1. Sinergitas PNFIdan PT Jurusan PLS dalam Perluasan Akses, Peningkatan Mutu dan Daya Saing Program PNF oleh: Prof. Dr. Rasdi Ekosiswoyo, Guru Besar UNNES
    2. Pengembangan Lab. PLS Prodi PLS dalam Implementasi Model Pembelajaran PNFI, oleh: Prof. Dr. Yoyon Suryono Guru Besar UNY
    3. Penguatan Kelembagaan PT yang membuka Prodi PLS, oleh: Dr. Hendarman, Dirjen Kelembagaan Ditjen Dikti
    4. Profesionalisme Pegawai dan Pengekuan Lulusan PT Jurusan PLS dalam Kepegawaian/Dunia Kerja, oleh: Kepala BKN Regional 1 Yogyakarta
    5. Tantangan dan Harapan Dunia Pendidikan PNFI, oleh: Drs. Kunto Nugroho HP, M.Si. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jateng.
    6. CSR dalam Pemberdayaan Masyarakat, oleh: Kadin Pusat
    7. Best Practice Penyelenggaraan Program PNF: Program Desa Vokasi oleh: Dr. Ade Kusmiadi, M.Pd, Kepala P2-PNFI Regional 2 Semarang
    8. Diskusi Kelompok/Sidang Komisi.
      1. Strategi Sinergitas PNFI dan PT dalam rangka Perluasan Akses, Peningkatan Mutu dan Daya Saing Program PNF
      2. Strategi Pengembangan Kelembagaan Prodi dan Lab PLS dalam Implementasi Program PNF yang Unggul
      3. Strategi Penyelarasan Program PNFI dengan Dunia Kerja dan Usaha/Industri
  3. 3. Hari Ketiga : Pleno hasil siding komisi dan penutupan.
  1. G. Hasil Kegiatan

Workshop sinergitas pengembangan program pendidikan nonformal dan informal dengan perguruan tinggi dalam rangka penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja dan temu kolega PLS se-Indonesia pada tanggal 6 8 Juli 2010 dan bertempat di P2-PNFI Regional II Semarang, Jl. Diponegoro 250 Ungaran Semarang telah menuai hasil diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Rumusan strategi-strategi pengembangan program PNFI dalam memenuhi kebutuhan belajar masyarakat dan dunia kerja.
  2. Rumusan strategi-strategi pengembangan lab PLS Jurusan/Prodi PLS dan UPT PNFI dalam pembelajaran program-program PNFI yang inovatif, kreatif dan kompetitif.
  3. Rumusan model pembelajaran PNFI di Unit Pelaksana Teknis (UPT) PNFI agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
  4. Rumusan sinergitas antar pemangku kepentingan dalam pembuatan kebijakan, pengembangan model pembelajaran PNFI dalam rangka mewujudkan keselarasan hasil-hasil pendidikan nonformal dan informal dengan kebutuhan dunia kerja.
  1. H. Penutup

Demikian laporan hasil “WORKSHOP NASIONAL PNFI DAN TEMU KOLEGIAL JURUSAN PLS SE-INDONESIA saya laporkan ke semua pengunjung website imadiklus.or.id, jika ada salah kata atau ucapan yang kurang berkenan dihati saudara saya pribadi   mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan saran yang bisa diambil dari hasil laporan ini dalah sebagai berikut:

Pertama, komitmen masing-masing komponen dalam melakukan peran masing-masing, terutama jurusan/program studi PLS sebagai motor penggeraknya.

Kedua, tenaga akademik jurusan/program studi PLS yang mampu membangun jejaring dengan mitra kerja demi kepentingan lembaga.

Ketiga, jurusan/program studi PLS harus mampu menghasilkan produk berbasis teknologi maju untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja lembaga mitra.

Keempat, prospektus jurusan/program studi perlu diperbaharui menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan dunia usaha. Dengan kata lain, prospektus jurusan/program studi PLS perlu selalu diupdate agar supaya lulusannya memiliki bekal yang cukup ketika mereka bersaing ke dunia kerja.

Kelima, semua stakeholders diajak serta mengembangkan jurusan/program studi ini dengan cara menjadikan mereka sebagai dosen-dosen luar biasa di jurusan/program studi.

Keenam, PPL mahasiswa dan mungkin juga KKN tidak lagi seperti sekarang ini tetapi “site nya lebih diperluas lagi. Semua dunia usaha sektor non formal pantas menjadi “site PPL/KKN mahasiswa, tentunya bukan berfokus pada technical skill tetapi lebih pada managerial skillnya.

Ketujuh, di era otonomi ini peran Pemerintah Kabupaten/Kota sangat menentukan. Jurusan/program studi ini harus memiliki kerjasama dengan semua Pemerintah Kabupaten/Kota karena mereka adalah usernya.

Kedelapan, promosi ke berbagai user perlu lebih ditingkatkan.

Previous Post

Mahasiswa Unnes Temui Dirjen PNFI

Next Post

MIMPI PENDIDIKAN LASKAR PELANGI

aqil

aqil

Mengenai Sayaseorang yang menghargai kejujuran, always try to look everything from the brightest side and still processing to become much better person :D Minat* all about music * friends * backpakerz * sport's..and the last..almost forget..mm..ladiez of course :D

Related Posts

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat,

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat

by admin imadiklus
3 Oktober 2023
0

Formasi Jabatan,Instansi, Unit Kerja, Jenis Pengadaan, Kebutuhan Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Non Formal Pendidikan Masyarakat, Pendidikan adalah salah satu aspek...

Anggaran untuk pendidikan non formal terus terkikis, tertinggal jauh dari pendidikan formal

Anggaran untuk pendidikan non formal terus terkikis, tertinggal jauh dari pendidikan formal

by admin imadiklus
1 Agustus 2023
0

Kesenjangan Pendidikan Formal & Non Formal Harus Dipikirkan Kesenjangan antara pendidikan formal dan non formal makin jelas terlihat. Otoritas Kemendikbudristek...

Daftar Program Wirausaha Merdeka 2023

Daftar Program Wirausaha Merdeka 2023

by admin imadiklus
8 Juli 2023
0

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa...

3 Kunci Sukses Diet ala Yulia Baltschun by I Hate Diet Book

3 Kunci Sukses Diet ala Yulia Baltschun by I Hate Diet Book

by Aminatus Sakdiah
1 Maret 2023
0

3 Kunci Sukses Diet ala Yulia Baltschun by I Hate Diet Book Dalam upaya untuk menurunkan berat badan, seringkali banyak...

Next Post

MIMPI PENDIDIKAN LASKAR PELANGI

MAKNA LAMBANG IMADIKLUS

MAKNA LAMBANG IMADIKLUS

Comments 4

  1. Ronggo Tunjung Anggoro says:
    13 tahun ago

    Sangat bernmanfaat Ini laporan pandangan mata Atau laporan Pelaksanaan kil >???

    Balas
  2. Ronggo says:
    13 tahun ago

    Sangat bernmanfaat Ini laporan pandangan mata Atau laporan Pelaksanaan kil >???

    Balas
  3. Edi Basuki says:
    13 tahun ago

    mantaffff dan sangat inspiratip…….

    Balas
  4. Edi says:
    13 tahun ago

    mantaffff dan sangat inspiratip…….

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,874 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus