• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Artikel dan Opini

Fungsi Pendidikan dalam Masyarakat

admin imadiklus by admin imadiklus
in Artikel dan Opini
Reading Time: 6 mins read
0
Fungsi Pendidikan dalam Masyarakat

Fungsi Pendidikan dalam Masyarakat

394
SHARES
3.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Secara lebih luas yaitu, kepastiaannya pendidikan masyarakat dalam lingkup Negara disebutkan menurut UU No.20 Tahun 2003 pasal 2, bahwa: “pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada  Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab”.

Fungsi Sosialisasi

Pendidikan diharapkan mampu berperan sebagai proses sosialisasi dalam masyarakat bisa berjalan dengan baik,Sehingga proses sosialisasi bisa berjalan dengan wajar dan mulus.Oleh karena itu, Orang tua dan keluarga berharap sekolah dapat melaksanakan proses sosialisasi tersebut dengan baik agar Sosialisasi dalam masyarakat dapat di aplikasikan dengan baik dan benar.Bersama dengan metode dan teknik tersebut, sehingga proses transmisi nilai-nilai ini berkembang dengan lancar.

Fungsi Kontrol Sosial

Sekolah dalam menanamkan nilai dan loyalitas terhadap tatanan tradisional masyarakat harus juga berfungsi sebagai lembaga pelayanan sekolah untuk melakukan control social.Melalui pendidikan semacam ini individu bisa mengambil nilai nilai social.Melalui pendidikan semacam ini individu bisa mengambil nilai nilai social dan melakukan interaksi dalam kehidupannya sehari hari.

Sekolah sebagai lembaga yang berfungsi untuk mempertahankan dan mengembangkan proses sosialisasi serta control social diharapkan bisa mendidik peserta didiknya lebih berkualitas,sehingga tatanan masyarakat bisa terjalin dengan dengan baik.Selain itu sekolah juga berfungsi sebagai alat pemersatu dan segala aliran dan pandangan hidup yang dianut oleh para siswa,sebagai contoh sekolah di Indonesia,sekolah harus menanamkan nilai nilai pancasila yang dianut oleh bangsadan negara Indonesia kepada anak anak di sekolah

Fungsi pendidikan dan perubahan sosial

Fungsi pendidkan dalam perubahan sosial dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta didik yang analisis kritis berperan untuk menanamkan keyakinan keyakinan dan nilai nilai baru tentang cara berpikir manusia.pendidikan di abad modern ini kita telah berhasil menciptakan generasi baru dengan daya kreatif dan pemikiran kritis, sikap yang tidak mudah menyerah pada situasi yang ada dan digantikan oleh sikap yang bereaksi terhadap perubahan dengan menjauhi ketergantungan pada bantuan orang lain. Dengan memahami perubahan dalam kehidupan sosial, siswa juga dapat menjadi aktor perubahan.

Fungsi sekolah dalam masyarakat

Mengenai adanya tiga bentuk pendidkan yaitu Pendidikan informal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal disebut juga sekolah. Oleh karena itu, sekolah bukan satu-satunya lembaga pendidikan, ada juga lembaga pendidikan lainnya. Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan memiliki dua fungsi yaitu sebagai mitra masyarakat dan sebagai penghasil karya. Sekolah, sebagai mitra masyarakat, dipengaruhi oleh gaya pengalaman mereka sendiri di masyarakat.

Fungsi pendidikan untuk pelestarian budaya

Sekolah di samping mempunyai tugas untuk mempersatu satu budaya budaya etnik yang beraneka ragam juga harus melestarikan nilai nilai budaya.Daerah yang masih layak dilestarikan, seperti bahasa daerah, kesenian daerah, budi pekerti dan upaya pemanfaatan sumber daya lokal untuk kepentingan sekolah, dll. Contohnya adalah adanya kurikulum yang menawarkan pelajaran dengan muatan lokal.

Jadi menurut uraian diatas, fungsi pendidikan untuk masyarakat dalam lingkup negara antara lain mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Di Masyarakat anak berinteraksi dengan seluruh anggota masyarakat yang beraneka ragam kepribadiannya, dan juga berinteraksi dengan beda-beda serta peristiwa-peristiwa. Pada masyarakat anak juga dapat memperoleh pendidikan nonformal berupa kursus-kursus. Kepribadian dipengaruhi oleh gejala sosial,  kebudayaan yang ada di lingkungannya. Sebagai contoh anak yang kehidupan dengan orang-orang berpendidikan cenderung suka belajar, anak yang hidup di lingkungan cenderung berjiwa ekonomis (pertimbangan untung rugi). Anak yang bergaul dalam kehidupan keras dan penuh tekanan, anak menjadi patuh dan penurut, juga memungkinkan suka memberontak. Untuk itu sebagai orang tua  atau pemimpin kita dapat memilih lingkungan hidup, menciptakan lingkungan hidup yang menguntungkan perkembangan kepribadian anak.

Sedangkan fungsi pendidikan menurut Broom (dalam Eddy 2010:33) adalah (1) transmisi budaya, (2) meningkatkan integrasi sosial atau masyarakat, (3) mengadakan seleksi dan alokasi tenaga kerja melalui pendidikan itu sendiri, dan (4) mengembangkan kepribadian.

Dari pendapat Broom maka dapat diuraikan sebagai berikut: Sebagai transmisi kebudayaan maksudnya dari budaya yang sudah ada maka dapat dipindahkan kepada masyarakat berikutnya atau dari suatu masyarakat tertentu kepada masyarakat yang lainnya.

Meningkatkan integrasi sosial atau masyarakat artinya dengan pendidikan dapat dibentuk dan ditingkatkan integrasi sosial; mempersatukan masyarakat. Mengadakan seleksi dan alokasi tenaga kerja dimaksudkan melalui pendidikan dapat diadakan pemilihan bidang pekerjaan dan juga penempatan serta penyediaan tenaga kerja. Mengembangkan kepribadian mengandung makna, melalui pendidikan dapat dikembangkan adanya pribadi-pribadi yang unggul sesuai dengan harapan masyarakat, bangsa, dan negara.

Secara lebih rinci manfaat pendidikan untuk masyarakat menurut Pidarta (dalam Eddy 2010:33) adalah sebagai berikut: 1). Pendidikan sebagai transmisi dan pelestarian budaya, 2) Sekolah sebagai pusat budaya bagi masyarakat sekitarnya, 3) Sekolah mengembangkan kepribadian anak disamping oleh keluarga anak itu sendiri, 4) Pendidikan membuat orang menjadi warga negara yang baik, tahu akan kewajiban dan haknya, 5) Pendidikan meningkatkan integrasi sosial atau kemampuan bermasyarakat. 6) Pendidikan meningkatkan kemampuan analisis secara kritis, melalui pelajara ilmu, teknologi, dan kesenian, 7) Sekolah meningkatkan alat kontrol sosial dengan memberi pendidikan agama dan budu pekerti, 8) Sekolah membantu memecahkan masalah-masalah social, 9) Pendidikan adalah sebagai perubahan sosial melalui kebudayaan-kebudayaan yang baru, 10) Pendidikan berfungsi sebagai seleksi dan alokasi teaga kerja, 11) Pendidikan dapat memodifikasi hierarki masyarakat.

Agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas pendapat Pidarta perlu dikaji sebagai Berikut:

Pendidikan sebagai transmisi dan pelestarian budaya berarti selain berfungsi memindahkan juga diharapkan dapat melestarikan budaya yang sudah ada. Kita sebagai bangsa Indonesia memiliki kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional. Kebudayaan daerah yang beraneka ragam tersebut harus dapat dilestarikan atau dipelihara keberadaannya. Demikian pula dengan adanya kebudayaan nasional bangsa Indonesia, sebagai warga negarawajib melestarikannya.

Sekolah sebgai pusat budaya bagi masyarakat sekitarnya mempunyai makna bahwa sekolah sebagai lembaga pendidikan selain berusaha melestarikan budaya yag sudah ada, juga berperan sebagai tempat untuk mengadakan pembaruan budaya ke arah yang lebih maju, ke arah yang lebih unggul pada masyarakat dimana lembaga ersebut berada.

Sekolah megembangkan kepribadian anak disamping oleh keluarga anak itu sendiri. Tempat pengembangan kepribadian selain di dalam keluarga, juga berada di lembaga sekolah. Potensi-potensi yang dimiliki anak, oleh sekolah diusahakan untuk dikembangkan ke arah yang positif, potensi-potensi yang negatif dikendalikan. Dengan upaya-upaya tersebutmaka sekolah dapat dikatakan tetapi tempat pengembangan kepribadian anak.

Fungsi Pendidikan dalam Masyarakat

Pendidikan membuat orang menjadi warga negara yang baik

tahu akan kewajiban dan haknya. Pada lembaga pendidikan selain diberikan pendidikan budi pekerti, sopan santun, pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan. Melalui pendidikan kewarganegaraan anak didik agar menjadi warga negara yang baik, tahu tentang hak dan kewajibannya. Pendidikan sekolah berusaha menyeimbangkan antara hak dan kewajiban.

Pendidikan meningkatkan integrasi sosial atau kemampuan bermasyarakat

Pada lembaga sekolah merupakan pencerminan sebagai masyarakat kecil, demikian juga dalam kelas. Anak bergaul dengan anak lain yang beranekaragam latar belakangnya. Dengan demikian anak mulai mengenal berbagai keadaan anak lain. Melalui masyarakat kecil tersebut, dapat terbentuk suatu kondisi masyarakat walaupun dalam lingkungan terbatas, dengan dasar pembentukan masyarakat secara terbatas kemudian dapat berkembang terbentuknya persatuan sosial, selanjutnya anak memiliki kemampuan untuk hidup bermasyarakat

Pendidikan meningkatkan kemampuan menganalisis secara

kritis melalui ilmu, teknologi, dan kesenian. Hal ini mengandung ati bahwa dengan pendidikan maka anak didik mampu meningkatkan kemampuan menganalisis secara kritis, melalui pelajaran ilmu yang diajarkan, teknologi maupun kesenian. Sekolah meningkatkan alat kontrol sosial dengan pendidikan agama dan budi pekerti. jadi melalui pendidikan agama, budi pekerti maka anak dapat meningkatkan  kemampuan untuk memiliki alat kontrol sosial. Sekolah membantu memecahkan masalah-masalah sosialHal ini maksudnya dengan memperoleh pelajaran ilmu-ilmu di sekolah, kemudian dari anak diharapkan dapat memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.

Pendidikan adalah sebagai perubahan sosial melalui kebudayaan –kebudayaan yang baru

Pada dasarnya pendidikan selain sebagai pelestari budaya yang sudah ada, tetapi juga berperan sebagai pembaru. Dengan demikian pendidikan berfungsi sebagai perubahan sosial, maksudnya sistem sosial yang sudah ada dengan adanya pembaru budaya, akan nerubah sesuai ddengan perkembangan yang ada.

Penidikan berfungsi sebagai seleksi dan alokasi tenaga kerja melalui pendidikan maka dipersiapkan angkatan kerja sesuai bidang yang dikembangkan oleh lembaga pendidikan tersebut. Masing-masing bidang pendidikan mempersiapkan angkatan kerja, sehingga dari hasil pendidikan tersebut diperoleh angkatan kerja yang beranekaragam jenisnya. Angkatan kerja tersebut telah disesuaikan dengan bakat dan minat serta kemampuannya. Dari fungsi ini dapat dikatakan telah ada seleksi tenaga kerja sesuai bidangnya masing-masing. Bagi anak didik yang tidak memiliki kemampuan, maka dalam proses pendidikannnya telah terseleksi dengan sendirinya, sebab dalam prosesnya ada yang berhasil (lulus) dan tidak berhasil (tidal lulus).

Pendidikan dapat memodifikasi hierarki ekonomi masyarakat. Dari waktu ke waktu diharapkan output dari pendidikan sekolah semakin tinggi. Dengan perubahan tingkat kelulusan maka diharapkan ekonomi masyarakat semakin baik. Semakin tinggi pendidikannya semakin tinggi pula tingkat pendapatannya. Jadi dengan upaya pendidikan dapat menghasilkan lulusan yang semakin tinggi, sebagai dampaknya masyarakat yang berpenghasilan tinggi semakin banyak.

Previous Post

Media Partner Imadiklus

Next Post

Himpunan Akademisi dan Prodi Pendidikan Masyarakat Indonesia (HAPENMASI) Gelar Seminar Internasional dan Munas

admin imadiklus

admin imadiklus

telegram @tanpatinta

Related Posts

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang

by admin imadiklus
20 Oktober 2023
0

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tutor Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Karawang Permasalahan prioritas mitra...

OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

OPINI EVALUASI PROGRAM PLS DESA VOKASI DI BIDANG LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

by admin imadiklus
10 Oktober 2023
0

Pengertian Desa Vokasi Desa vokasi adalah kawasan pedesaan yang menjadi sentra penyelenggaraan pelatihan berbagai kecakapan vokasional dan pengelolaan unit-unit usaha,...

MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

MENGHINDARI MISKOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERGAULAN SEHAT BAGI PEREMPUAN

by admin imadiklus
9 Oktober 2023
0

Evaluasi program pendidikan merupakan proses deskripsi, pengumpulan data dan penyampaian informasi kepada pengambil keputusan yang akan dipakai untuk pertimbangan apakah...

MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

MENCIPTAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

by admin imadiklus
9 Oktober 2023
0

Para sosiolog mendefinisikan patologi sosial sebagai suatu tingkah laku yang bertentangan dengan norma kebaikan, stabilitas lokal, pola kesederhanaan, moral, hak...

Next Post
Himpunan Akademisi dan Prodi Pendidikan Masyarakat Indonesia (HAPENMASI) Gelar Seminar Internasional dan Munas

Himpunan Akademisi dan Prodi Pendidikan Masyarakat Indonesia (HAPENMASI) Gelar Seminar Internasional dan Munas

Mengenal Lebih Dekat Pendidikan Masyarakat PENMAS –  Majalah Penmas “Fokus”

Mengenal Lebih Dekat Pendidikan Masyarakat PENMAS - Majalah Penmas “Fokus”

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,874 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus