• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Pendidikan nonformal

Pendidikan Nonformal sebagai Pemenuhan Kebutuhan Belajar Masyarakat

Pendidikan Nonformal untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup

admin imadiklus by admin imadiklus
in Pendidikan nonformal
Reading Time: 4 mins read
0
Pendidikan Nonformal sebagai Pemenuhan Kebutuhan Belajar Masyarakat

Pendidikan Nonformal sebagai Pemenuhan Kebutuhan Belajar Masyarakat

155
SHARES
1.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pendidikan Nonformal sebagai Pemenuhan Kebutuhan Belajar Masyarakat Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Pendidikan mampu membantu manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003 membagi Pendidikan di Indonesia menjadi tiga jalur, yaitu pendidikan formal, informal, dan nonformal. Pendidikan formal merupakan pendidikan yang dilakukan di lembaga pendidikan, seperti sekolah yang memiliki beragam jenjang, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan informal adalah pendidikan keluarga dan lingkungan sekitar. Sedangkan pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan yang dilakukan di luar pendidikan formal, tetapi tetap dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal yang sering kita lihat yaitu kursus dan pelatihan, taman baca masyarakat, kelompok bermain, pendidikan kesetaraan (atau yang lebih dikenal dengan paket A, B, C), dan pendidikan anak usia dini, pendidikan pemberdayaan, pendidikan kecakapan hidup, lain sebagainya. Pendidikan nonformal biasanya bersifat lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Pendidikan non formal Bukan hal Asing

Adanya pendidikan nonformal tentu dipertimbangkan dari permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia. Perkembangan zaman tentu saja menjadi faktor terjadinya perubahan pada masyarakat. Hal ini menjadi tantangan baru bagi masyarakat untuk meningkatkan kompetensi, dari segi pengetahuan dan keterampilan agar tidak tertinggal dalam memecahkan tantangan kehidupan sehari-hari ataupun tuntuntan dunia kerja. Kadang kali, ilmu dan keterampilan yang didapatkan melalui pendidikan formal belum mampu merespon kebutuhan baru yang sesuai dengan perkembangan masyarakat dan tidak semua masyarakat memiliki kesempatan untuk belajar di pendidikan formal hingga pendidikan tinggi. Oleh karena itu, pendidikan nonformal hadir sebagai pelengkap untuk mengakomodasi keterbatasan pendidikan formal bagi masyarakat dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Menurut Muhammad Ivan (2021), kebijakan pendidikan pada era 1960 hingga 1970-an menyebutkan bahwa pendidikan nonformal menjadi isu internasional yang dianggap sebagai salah satu jalur pendidikan yang mampu mengatasi berbagai permasalahan layanan pendidikan masyarakat, khususnya masyarakat yang mengalami hambatan dalam pelayanan pendidikan formal. Hal ini juga yang mendasari perkembangan pendidikan nonformal untuk mengakomodasi para siswa yang putus sekolah dan tidak dapat melanjutkan pendidikan maupun bagi masyarakat yang ingin mengembangkan pengetahuan dan keterampilan hidupnya ataupun sekedar tuntutan dalam dunia kerja.

Pendidikan Nonformal sebagai Alternatif bagi Siswa Putus Sekolah APA SAJA SATUAN PENDIDIKAN NON FORMAL

Fenomena putus sekolah masih merupakan suatu permasalahan yang cukup menyita perhatian. Latar belakang ekonomi yang rendah memang menjadi faktor yang menyebabkan angka putus sekolah tinggi, tetapi tidak hanya itu, fenomena putus sekolah dapat juga terjadi pada mereka yang memiliki latar belakang ekonomi yang cukup hingga mapan karena adanya ketidakcocokan antara siswa dan lingkungan sekolah (Kuntoro, 2006). Selain itu, masih banyak masyarakat yang memiliki kendala dalam membaca dan menulis karena tidak dapat menyelesaikan pendidikan formal saat pendidikan dasar.

Sesuai dengan pasal 26 ayat 1 Undang-Undang Sisdiknas No 20 tahun 2003, pendidikan nonformal hadir sebagai pelengkap untuk mengakomodasi keterbatasan pendidikan formal bagi masyarakat dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Oleh karena itu, pendidikan kesetaraan dalam pendidikan nonformal dapat membantu warga masyarakat yang putus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikan guna menghadapi tantangan kebutuhan sehari-hari ataupun tuntutan dunia kerja. Pendidikan kesetaraan juga mendukung program pemerintah, yaitu masyarakat wajib mengenyam pendidikan selama 9 tahun. Pendidikan keseteraan dalam pendidikan nonformal ini hadir dalam program paket A, B, C. Paket A setara SD, Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA. Pelaksanaan pendidikan kesetaraan juga biasanya tidak sepadat pendidikan nonformal yang dilakukan setiap hari. Pendidikan kesetaraan biasanya dilaksanaan 3 kali dalam seminggu dengan waktu yang menyesuaikan dengan masyarakat yang mengikuti program pendidikan kesetaraan tersebut.

Pendidikan Nonformal untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup

Pendidikan nonformal yang berprinsip pada pendidikan sepanjang hayat juga hadir sebagai pendidikan kecakapan hidup yang memiliki peran penting untuk mengembangkan kecakapan dan keterampilan hidup masyarakat dalam menghadapi tantangan hidup di era globalisasi. Pendidikan kecakapan hidup ini berorientasi pada pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat, biasanya dikemas dalam lembaga kursus dan pelatihan. Pendidikan kecakapan hidup tidak hanya berorientasi pada pencapaian peningkatan pendapatan dan tuntutan dalam pekerjaan, tetapi pendidikan kecakapan hidup dalam pendidikan nonformal bertujuan untuk pengembangan diri, intelektual, sosial dan budaya (Kuntoro, 2006). Pendidikan kecakapan hidup biasanya lebih fleksibel dan menyeseuaikan dengan waktu dan kebutuhan masyarakat. Proses pelaksanaannya lebih fokus dan mendalam terhadap suatu bidang tertentu yang diharapkan hasilnya mampu melahirkan masyarakat yang lebih kompeten dan cakap dalam mengatasi tantangan kehidupan sehari-hari.

Eksistensi pendidikan nonformal yang berbasis pada pemenuhan kebutuhan belajar masyarakat dan penguatan sumber daya manusia memiliki peran untuk mengakomodasi kebutuhan belajar warga masyarakat. Hadirnya berbagai macam program pendidikan nonformal seperti pendidikan kesetaraan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan pemberdayaan, dan lain sebagainya menjadi salah satu upaya untuk mengatasi kesenjangan sosial yang ada di masyarakat.

Sumber:

Ivan, M (2021). Pendidikan Nonformal yang Terlupakan. Diakses dari https://www.solopos.com/pendidikan-nonformal-yang-terlupakan-1112787

Kuntoro, S. A. (2006). Pendidikan Nonformal (Pnf) Bagi Pengembangan Sosial. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 14–18. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/295555318.pdf

Sulfemi, W. B. (2018). Manajemen Pendidikan Nonformal. STKIP Muhammadiyah Bogor

https://www.kompasiana.com/vinantirhm/61c26f8917e4ac41a90034a3/eksistensi-pendidikan-nonformal-sebagai-pemenuhan-kebutuhan-belajar-masyarakat Kreator: Vinanti Julia

Previous Post

Kebutuhan masyarakat akan pendidikan nonformal (PNF)

Next Post

Pendidikan Luar Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

admin imadiklus

admin imadiklus

telegram @tanpatinta

Related Posts

KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA PENDIDIKAN NON FORMAL

KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA PENDIDIKAN NON FORMAL

by admin imadiklus
7 Agustus 2023
0

Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal ? Proses pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal merupakan upaya yang harus menjamin masayarakat...

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal

by admin imadiklus
5 Agustus 2023
0

Kepramukaan merupakan proses pendidikan nonformal yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur,...

Tujuan Pendidikan Nonformal dan Fungsi Pendidikan Nonformal

Tujuan Pendidikan Nonformal dan Fungsi Pendidikan Nonformal

by admin imadiklus
27 Mei 2023
0

Tujuan Pendidikan Nonformal dan Fungsi Pendidikan Nonformal Sutarto (2007:46) menyatakan bahwa pendidikan nonformal sebagai subsistem dari sistem pendidikan nasional diselenggarakan...

Pendidikan Nonformal sebagai Sub Sistem Pendidikan Nasional

Pendidikan Nonformal sebagai Sub Sistem Pendidikan Nasional

by admin imadiklus
27 Mei 2023
0

Berdasarkan situasi dan kondisi yang berkembang di Indonesia saat ini maka di dalam mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pengajaran nasional...

Next Post
Pendidikan Luar Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

Pendidikan Luar Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

Daftar Alamat Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Non Formal

Daftar Alamat Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Non Formal

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,874 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus