• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tutor

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    PELATIHAN DASAR CANVA SEBAGAI MODAL PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Sosialisasi Imadiklus Training (IT) 1 Dalam Rangka Mengenalkan IMADIKLUS ke Mahasiswa Baru UNTIRTA

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Pendidikan masyarakat

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Non Formal

admin imadiklus by admin imadiklus
in Pendidikan masyarakat
Reading Time: 5 mins read
0
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Non Formal
137
SHARES
1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Non Formal Tujuan dari esai ini adalah untuk menunjukkan keunggulan pendidikan nonformal, yang sangat penting untuk mencapai pemberdayaan masyarakat. Dengan memberi orang keterampilan dan pengetahuan yang paling mereka butuhkan, pendidikan nonformal dapat membantu orang mencapai tujuan yang mereka inginkan. untuk meningkatkan masyarakat melalui pemberdayaan lokal. Orang mungkin menemukan metode praktis untuk memberdayakan tidak hanya diri mereka sendiri tetapi juga banyak orang lain untuk membuat keputusan yang benar melalui pemberdayaan masyarakat. Hanya pendidikan nonformal yang dapat membantu masyarakat untuk tetap bersekolah sekaligus memajukan pengetahuan, keterampilan, dan minat masyarakat. Orang harus lebih siap untuk mengelola pekerjaan mereka dan menjalani kehidupan yang makmur sebagai hasil dari pemberdayaan masyarakat. Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan non Formal

Masyarakat umum melakukan pendidikan nonformal semacam ini di luar lembaga pendidikan tinggi. Ini mengungkapkan kondisi asli penduduk dan tuntutan lingkungan.

Dalam situasi ini, masyarakat bertindak sebagai tempat untuk memulai pendidikan informal. Pendidikan nonformal sangat penting karena menggabungkan sifat kepribadian dan kemampuan untuk mempersiapkan individu untuk kebutuhan intelektual negara di masa depan dan harapan keterampilan masyarakat yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh manfaat.

Dengan memberdayakan masyarakat setempat dan mendorong masyarakat untuk lebih sadar, mandiri, dan berdaya, pendidikan nonformal dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Membangun fasilitas belajar mandiri dan meningkatkan sumber daya manusia merupakan landasan inisiatif untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia. Sebenarnya tujuan utamanya

Masyarakat yang kurang berhak mendapatkan pendidikan formal yang layak seringkali memilih program pendidikan nonformal untuk meningkatkan pengetahuannya, meskipun perekonomian masyarakat sedang sulit.

Pendidikan informal, atau pendidikan nonformal, adalah cabang pendidikan yang bertujuan memberikan dukungan terbaik untuk memajukan pengetahuan, memahami TI, membuka lapangan kerja baru, dan hidup dalam budaya. Pemberdayaan lingkungan memiliki hak untuk memanfaatkannya secara penuh dan berfungsi sebagai sumber daya yang penting bagi lingkungan dan individu lain yang ingin meningkatkan kemampuan pendidikan dan profesional mereka.

Pemberdayaan masyarakat memiliki tanggung jawab struktural baru yang harus berawal dari dan dilaksanakan oleh masyarakat, membantu masyarakat. Tujuan pemberdayaan harus menjadi pengembangan individu secara keseluruhan.

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Non Formal

Kesimpulan utama dari pembahasan di atas adalah bahwa pendidikan nonformal merupakan bagian dari sistem pendidikan yang memiliki tujuan pendidikan formal yang sama yaitu memberikan sumber daya pendidikan yang sebesar-besarnya kepada masyarakat.

Penyelenggaraan pendidikan nonformal diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada kelompok individu yang sebelumnya tidak dapat mengenyam pendidikan pada jenjang tertentu untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Orang dapat mengembangkan informasi, kemampuan, dan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk hidup mandiri melalui pendidikan nonformal dengan belajar dari masyarakat yang mereka bantu berdayakan. Semacam pendidikan yang ditawarkan oleh masyarakat yang disebut pendidikan nonformal mendorong belajar di luar kelas.

Pemberdayaan Masyarakat

Bertindak dengan dorongan, bakat, kreativitas, dan keterbukaan sambil bertindak pada tingkat pribadi dan sosial adalah apa yang disebut Robinson sebagai pemberdayaan. Gagasan ini berpendapat bahwa meningkatkan keterampilan masyarakat, mengubah perilaku masyarakat, dan pembangunan sosial adalah tiga tujuan mendasar dari pemberdayaan masyarakat.

Tak perlu dikatakan bahwa berdasarkan kebutuhan atau keprihatinan masyarakat, kapasitas masyarakat yang berbeda, termasuk mengelola operasi dan keterampilan pertanian, dapat dibentuk. Di mana dan bagaimana masyarakat umum dapat belajar tentang peristiwa terkini, aktivitas sosial, dan informasi hukum? Mereka juga akan memahami bahwa pendidikan adalah satu-satunya cara untuk mempromosikan periode global ini.
Menurut Pranarka dan Vidhindika, besarnya pemberdayaan memiliki dua faktor yang mereka gambarkan. Tahap pertama dari

Topik berikut sering dibahas dalam rangka pemberdayaan masyarakat: organisasi dan pembangunan masyarakat. Kapasitas masyarakat antara lain bercocok tanam, beternak, berdagang, atau mengembangkan keterampilan industri rumah tangga, selain sejumlah bakat dan kemampuan tambahan yang juga dapat ditumbuhkan.

Orang mengembangkan potensi atau keterampilan mereka berdasarkan pandangan mereka tentang kehidupan. Karena itu, kebanyakan orang dalam budaya saat ini terbuka untuk mengubah banyak hal. Melalui pemberdayaan masyarakat, dimungkinkan untuk bertransformasi menjadi hub distribusi program yang dapat memberdayakan masyarakat yang dikelola dengan baik.

Langkah pertama pemberdayaan, menurut Kindervatter (sebagaimana diterjemahkan oleh Soewarman, 2000), adalah ketika individu mulai berpikir bahwa mereka memiliki kemampuan untuk memperbaiki kehidupan mereka dan

Tujuan pengembangan strategi SDM adalah untuk memaksimalkan dan membentuk setiap orang ke dalam aktivitas yang lebih berdaya sambil mengembangkan informasi, kepribadian, dan kemampuan yang relevan dengan setiap aktivitas individu (Hermawan, 2016: 98). Hubungan antara pendidikan nonformal dan pemberdayaan, misalnya, dapat digunakan untuk secara metodis mengeksplorasi kegiatan dan praktik kelompok belajar masyarakat yang dapat meningkatkan keterampilan dan kinerja saat ini dan bersiap untuk kontribusi dan tanggung jawab di masa depan dengan menggunakan pembelajaran untuk mengetahui, untuk belajar, melakukan, hidup bersama, dan belajar menjadi seseorang yang sosial dan berbasis.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat hanyalah salah satu dari sekian banyak manfaat dari digalakkannya pendidikan nonformal (PKBM). Selain berlangsung di kampus pusat pusat

Pendidikan non formal

Philip H. Coombs mendefinisikan pendidikan nonformal sebagai tahapan program pendidikan yang dilaksanakan di luar sistem formal, sebagai program yang berdiri sendiri, atau sebagai komponen dari usaha yang lebih besar, dengan tujuan membantu peserta didik tertentu dalam mencapai tujuan mereka. untuk alasan instruktif. Ibrahim Bafadhol, sebaliknya, mengemukakan bahwa pendidikan nonformal adalah salah satu sarana pendidikan yang dapat diakses oleh masyarakat umum apabila mereka tidak mampu mengikuti dan berhasil menyelesaikan pendidikan formal pada jenjang tertentu. Penduduk setempat merupakan sebagian besar target audiens pendidikan nonformal. Program dirancang untuk menarik klien yang tertarik untuk belajar sambil beradaptasi dan ramah pengguna. Semua orang dalam masyarakat yang karena usianya belum berkesempatan untuk mengenyam pendidikan formal

Kesimpulan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Non Formal

Kesimpulan dari pembahasan di atas tentang pemberdayaan masyarakat pada pendidikan nonformal adalah sebagai berikut:

  1. Tujuan pemberdayaan masyarakat adalah memampukan individu dan kelompok mencapai kemandirian. Kebebasan berpikir, bertindak, dan bertanggung jawab atas diri sendiri merupakan bagian dari kemandirian tersebut.
  2. Prakarsa pendidikan nonformal oleh kelompok masyarakat untuk memberdayakan masyarakat. Kita telah mengetahui bahwa pendidikan nonformal mengacu pada pembelajaran yang terjadi di luar lingkungan pendidikan formal seperti ruang kelas. Dengan kata lain, pendidikan nonformal berbeda dengan sistem sekolah biasa dalam hal pendidikan. Pendidikan luar sekolah, dengan demikian, adalah pengajaran yang direncanakan oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Dalam konteks ini, keterkaitan antara informal

Daftar Pustaka

Dacholfany, M. I. ( 2018 ). Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan nonformal . Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(1), 43 -74.

Mahardhani, A. J. (2018 ). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Berkarakter Cinta Tanah Air . JPK (Jurnal Pancasila dan

Kewarganegaraan), 3 (2 ), 56 -63.

Syamsi, I. (2010 ). Pendidikan luar sekolah sebagai pemberdaya dalam masyarakat . Diklus, 14( 1).

Miradj, S., & Shofwan, I. (2021 ). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Proses Pendidikan Nonformal . Bayfa Cendekia Indonesia.

Siti Winda Adriani 1234 Departemen Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Padang Sitiwindaadriyeni@gmail.com

Previous Post

Pendidikan Luar Sekolah, Satu Jurusan Sejuta Tujuan

Next Post

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

admin imadiklus

admin imadiklus

telegram @tanpatinta

Related Posts

Apa Itu Pendidikan Masyarakat (Penmas)

Apa Itu Pendidikan Masyarakat (Penmas)

by admin imadiklus
18 Agustus 2022
0

Pendidikan Masyarakat ditujukan sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan masyarakat sehingga meminimalisir masyarakat yang kesulitan dalam mendapatkan pendidikan baik terkendala...

Peran Pendidikan Masyarakat dalam Pengembangan Pendidikan Informal

Peran Pendidikan Masyarakat dalam Pengembangan Pendidikan Informal

by admin imadiklus
26 Juli 2022
0

Pentingnya Peran Mahasiswa Pendidikan Masyarakat dalam Meningkatkan Kompetensi SDM Melalui Kebijakan Pengembangan Pendidikan Informal Saat ini dapat kita ketahui bahwa...

Musyawarah Nasional IV Ikatan Akademisi Pendidikan Nonformal Indonesia – Munas IV Ikapenfi

Musyawarah Nasional IV Ikatan Akademisi Pendidikan Nonformal Indonesia – Munas IV Ikapenfi

by admin imadiklus
29 Juni 2022
0

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, (PLS FIP Unnes) menyelenggarakan Konvensi dan Musyawarah Nasional IV Ikatan...

Mengenal Lebih Dekat Pendidikan Masyarakat PENMAS –  Majalah Penmas “Fokus”

Mengenal Lebih Dekat Pendidikan Masyarakat PENMAS – Majalah Penmas “Fokus”

by admin imadiklus
17 Juni 2022
0

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua. Alhamdulillahirobilalamin, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, serta kepada junjungan...

Next Post
Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Berbasis Komunitas Secara Konseptual

10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

10 Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah serta contoh jenis-jenisnya

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,877 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Implementasi BUMDes dalam Upaya Menciptakan Lapangan Kerja bagi Pemuda di Desa Jungjang 31 Oktober 2022 Rachman Yushril Fadillah
  • Pengelolaan Pembelajaran pada Pelatihan Pengelola Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya 31 Oktober 2022 Indah Rahmawati
  • Upaya Pengembangan Minat Literasi dan Kemampuan Menghafal Pada Anak Melalui Video Animasi di Teras Baca Sumberpasir Kabupaten Malang 31 Oktober 2022 Riris Dwi Puji Rahayu
  • Model Operasional Pelatihan Pada Balai Latihan Kerja Tasikmalaya dalam Menyiapkan Tenaga Kerja Profesional 31 Oktober 2022 Hilmi Nur Fakhira
  • Pengaruh Keberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Potensi Lokal Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Anggota Kelompok Wanita Tani 31 Oktober 2022 Indri Dwi Ramadani
  • Upaya Pembentukan Kepribadian Islami Santri Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Al-Fikri Kebun Bunga Permai Kota Palembang 31 Oktober 2022 Andini Sarina
  • Model Magang Pendidikan Informal 31 Oktober 2022 Mira Nurlela
  • Upaya Pendamping Desa Dalam Pengembangan Desa Wisata Sopotinjak Kecamatan Batang Natal 31 Oktober 2022 Putri Anggina
  • Pemberdayaan Kelompok Tani Padi Melalui Penyuluhan Pertanian 31 Oktober 2022 Setia Ramandani
  • Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Pada Lembaga Sosial SOS Children’s Village, Kota Medan 31 Oktober 2022 Aisyah Anggreni
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Home
    • Tentang
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Hubungi Admin
    • Team Lej
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
  • Kategori
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
  • Acuan
    • CPNS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta

Terkait imadiklus