URGENSI PENDIDIKAN NON FORMAL DI MASA PANDEMI
Masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu pendidikan non formal. Dan kebanyakan orang mengetahui bahwa pendidikan non formal itu hanya sebatas lembaga bimbingan belajar atau sering disebut LBB. Nah, kali ini penulis akan menjelaskan apa itu pendidikan non formal sebenarnya.
Menurut Langeveld (1971: 5) menjalaskan bahwa pendidikan itu sendiri meruakan setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak sehingga dapat membantu anak tersebut untuk menjalankan tugasnya sendiri. Sedangkan untuk pengertian, tujuan dan tujuan pendidikan yang ada di Indonesia dirumuskan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 dan 3 bahwa “pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses oembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyrakat, bangsa dan negara.” (sulfemi, 2018).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan non formal merupakan jalur pendidikan di luar pendidikan formal dan sebagai penunjang, pelengkap ataupun pengganti dari adanya pendidikan formal. Dan bagaimana peran pendidikan non formal tersebut terhadap masyarakat terutama di masa pendemi ini. Di masa pandemi ini sangat mempengaruhi semua aktivitas kehidupan manusia terutama untuk pendidikan. Sehingga beberapa negara harus memutuskan untuk menutup sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, sebagai upaya untuk mencegahh penyebaran covid-19.
Lembaga Pendidikan mengalami dampak dari Pandemi Covid-19 baik pendidikan Formal maupun non formal. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap bertahannya suatu lembaga termasuk lembaga pedidikan non formal dalam mempertahankan eksistensinya dalam bertahan dimasa yang sulit seperti sekarang ini.
Program Pendidikan nonformal juga memiliki kedudukan yang sama pentingnya dengan program lain dalam pembangunan. Akan tetapi banyak fakta yang menunjukkan bahwa, sebagai pendekatan dari sebuah pembangunan, pendidikan nonformal memiliki fungsi untuk mengembangkan SDM sebagai pelaku utama dalam sektor pembangunan dan dikembangkan melalui kegiatan pendidikan yang relevan dengan pembangunan.
Pendidikan nonformal adalah pendidikan yang dilakukan diluar sekolah yang berpotensi membantu dan menggantikan pendidikan formal dalam aspek tertentu (Pendidikan dasar atau keterampilan khusus nonforma). Konsep tersebut mencakup perkembangan yang direspon indonesia secara praktis dalam konsep pendidikan nonformal didunia yang diantaranya adalah konsep Pendidikan Masyarakkat, Pendidikan Sosial, Pendidikan Luar Sekolah, Dan pendidikan Nonformal. Adapun jenis pendidikan lain (yoyon suryono,2008; yoko arai, 2009; santoso, 1956)yaitu:
- Pendidikan dasar (fundamental education),
- Pendidikan masyarakat (mass education),
- Pendidikan orang dewasa (adult education),
- Pendidikan perluasan (extension education),
- Pendidikan pascasekolah (recurrent education)
- Pendidikan berkelanjutan (continuing education)
Pendidikan non formal diselenggarakan dari berbagai satuan yang meliputi:
- Lembaga kursus
- Lembaga pelatihan
- Kelompok belajar
- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
- Majelis taklim, dll.
Hambatan dan Tantangan Eksistensi Pendidikan Nonformal
Kondisi pandemic sekarang ini juga memiliki hambatan bagi pegiat Pendidikan Nonformal mulai dari tantangan struktural,kultural,finansial,individual,sosial-etika,konflik sosial dan kondisi lingkungan. Namun,kondidi pandemic ini selain memiliki tantangan tapi juga bisa menjadi peluang untuk membangkitkan dunia pendidikan sebagai pelengkap dan pengganti pendidikan formal yang kosong dikarenakan kebijakan dari pemerintah. (pranoto, wahida, & kurniadi, 2021).
Referensi :
pranoto, s. a., wahida, a., & kurniadi, e. (2021). pernana manajemen pengelolaan pendidikan non formal untuk mempertahankan eksisitensi pada masa pendemi covid-19. prosifing seminar nasional desain dan arsitektur, 376-378.
sulfemi, w. b. (2018). modul manajeman pendidikan nonformal. 1-2.
Nama kelompok :
- Refina Rian Putri Wijoyo
- Siti ‘Aisyah
- Sherly Purnama F.