Nama : M. Nashiruddin Amru
NIM : 15102241052
Nama Lembaga : SKB Wonogiri
Nama Program : Paket B
Mata Pelajaran : IPA
Alokasi Waktu : 60 menit (1 Pertemuan)
Pertemuan : Ketigabelas
- Standar Kompetensi
Memahami konsep dan pengenalan ciri-ciri makhluk hidup
- Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu memahami konsep dan mengenal ciri-ciri makhluk hidup
- Indikator pembelajaran
- Menjelaskan definisi makhluk hidup
- Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
- Membedakan makhluk hidup dan non makhluk hidup
- Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik mampu menjelaskan pengertian ciri-ciri makhluk hidup
- Peserta didik mampu menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
- Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan makhluk hidup dan non makhluk hidup
- Materi ajar (Materi Pokok)
- Makhluk hidup atau organisme, yang dalam bahasa Yunani adalah organon yang berarti alat adalah kumpulan molekul-molekul yang saling memengaruhi sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. Istilah organisme kompleks mengacu pada organisme yang memiliki lebih dari satu sel.
- Ciri-ciri makhluk hidup adalah bernafas, makan, bergerak aktif, tumbuh, berkembang biak, peka terhadap rangsangan, mengeluarkan zat sisa, beradaptasi, memiliki bahan genetic,
- Strategi Pembelajaran
Ceramah dan Latihan Soal
- Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan awal
Berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengabsen peserta didik yang masuk, apresiasi.
- Kegiatan inti
Pemaparan materi :
Pemaparan materi bioteknologi kepada peserta didik
Eksplorasi :
Menujukkan contoh kepada peserta didik antara makhluk hidup dan non makhluk hidup
- Evaluasi :
Memberikan latihan soal kepada peserta didik berupa pilihan ganda berjumlah 10 soal
- Kegiatan akhir
Berdoa sesudah belajar sebelum berakhirnya pembelajaran.
- Alat/bahan/sumber belajar
Buku IPA terpadu kelas 7 Sudjino Waldjinah & Endang Purwanti
Latihan soal berupa pilihan ganda
- Penilaian
Berupa memberikan soal pilihan ganda sejumlah 10 butir soal kepada peserta didik