• HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
IMADIKLUS
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
  • HomeAwal
    • TentangTentang Kami
      • Pemenang Lomba
      • Vidio
      • InstaDIKLUS
      • Gallery Diklus
      • SK Dikti
      • Makna lambang
      • Sosial Media
      • Data PKBM
      • Hubungi Admin
    • Team LejJurnal Imadiklus
      • Call for Reviewer
      • Call For Papers
      • Kerjasama
      • Alamat Jurnal
      • E-Modul
  • KategoriKategori ALL
    • Berita
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan nonformal
      • Pendidikan masyarakat
      • Berita PLS
    • Harapan PLS
      • Kenal Lebih Dekat
      • Curhat
      • PLS UM
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
      • Artikel dan Opini
      • Pemanfaatan TIK
      • Prestasi Mahasiswa PLS
      • Campur
      • LOWONGAN
      • Tugas Kuliah
      • Kebudayaan
  • Kegiatan
    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    PEMBUKAAN PPKO HIMAPENMAS 2023 DI DESA PAJATEN, KEC. CIBUAYA, KAB. KARAWANG, JAWA BARAT

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group Discussion Tentang Model Pelatihan Competency Based Economies Through Formation of Enterprises dalam Mengelola UMKM di Kota Cimahi,

    Prodi Pendidikan Masyarakat FIP UPI Selenggarakan Focus Group

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membentuk Generasi Mahasiswa PLS, Penmas, PNF yang Berwawasan Tinggi, Proaktif, dan Dinamis

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Membangun Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    Dosen UNSIKA Kembangkan Model Pembelajaran Menarik Berbasis Web bagi Pendidikan Kesetaraan

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    PENMAS FEST 2022 HIMAPENMAS FKIP UNSRI

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Literasi Keaksaraan Fungsional oleh Tim PPK Ormawa Himapenmas FKIP UNSIKA

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    Sustainable Development Goals Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Lokal Penyandang Buta Aksara

    seminar dan rakernas imadiklus8

    SEMINAR DAN RAPAT KERJA NASIONAL IMADIKLUS 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Trending Tags

    • HIMA PLS UNNES 2021
    • pls unesa
    • pelatihan canva
    • Penyuluhan Bahaya Banjir Melalui Pendidikan Nonformal
    • imadiklus 8
    • PHP2D
  • Acuan
    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar dan perubahan dalam pendidikan

    Apa itu PPKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Apa itu PKKMB Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Masa Depan LPK dan LSK Selaras dengan perpres 68 Tahun 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Tawaran Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Panduan Cara Daftar KIP Kuliah 2022 KIP KULIAH MERDEKA

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    Download Buku E-Modul Kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C

    UNDANGAN KONGRES NASIONAL IMADIKLUS UNESA 2009

    Surat Pemberitahuan Iuran Kas IMADIKLUS

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    Issues/challenges in the implementation and monitoring of SDG4 Education 2030 Agenda

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    The Importance of Indonesian National Commission for UNESCO (INCU) in Mainstreaming SDGs

    • CPNS
Kirim Artikel
REGISTER & LOGIN
No Result
View All Result
IMADIKLUS
No Result
View All Result
Home Pendidikan Luar Sekolah

Mengenal Pengertian Dan Peran Pendidikan Luar Sekolah

admin imadiklus by admin imadiklus
in Pendidikan Luar Sekolah
Reading Time: 3 mins read
0
Mengenal Pengertian Dan Peran Pendidikan Luar Sekolah

Mengenal Pengertian Dan Peran Pendidikan Luar Sekolah

203
SHARES
1.8k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pengertian Pendidikan Luar Sekolah

Pendidikan luar sekolah memiliki peran dasar sebagai penambah, pelengkap dan pengganti pendidikan sekolah PLS atau kepanjangan dari Pendidikan Luar Sekolah* adalah kegiatan Pendidikan Terstruktur dan Terorganisir yang diselenggarakan diluar sistem persekolahan yang mapan. Pendidikan Luar Sekolah Mencangkup 2 jenis Pendidikan yakni Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Informal. Pendidikan Luar Sekolah dapat difungsikan sebagai Suplement, Komplement, dan Subsitusi dari Pendidikan Sekolah.

Beberapa universitas di Indonesia terdapat program studi pendidikan luar sekolah. Namun banyak masyarakat yang belum mengetahui apa pendidikan luar sekolah itu. Lalu apa saja prospek kerja lulusan pendidikan luar sekolah itu. Disini saya akan menjelaskan tentang pendidikan luar sekolah dan peluang kerjanya. PHILIPS H. COMBS, mengungkapkan bahwa pendidikan luar sekolah adalah setiap kegiatan pendidikan yang terorganisir yang diselenggarakan diluar sistem formal, baik tersendiri maupun merupakan bagiandari suatu kegiatan yang luas, yang dimaksudkan untuk memberikan layanan kepada sasaran didik dalam rangka tujuan-tujuan belajar.

Pendidikan luar sekolah atau dikenal juga pendidikan non formal merupakan kegiatan pendidikan diluar sistem formal, membantu masyarakat baik anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua untuk belajar. Dengan adanya pendidikan luar sekolah ini diharapkan memperoleh pendidik yang mampu menciptakan kemajuan bangsa dengan mendidik masyarakat yang terbatas akan ilmu pengetahuan. Dan dengan adanya pendidikan non formal diharapkan dapat melahirkan orang-orang yang cerdas, berwawasan luas dan kreatif.

Ada tiga dasar pijakan bagi PLS sehingga memperoleh legitimasi dan berkembang di tengah-tengah masyarakat yaitu : UUD 1945, UU RI No. 2 tahun 1989 dan Peraturan Pemerintah RI No. 73 Tahun 1991 tentang pendidikan luar sekolah. Ketiga pasl tersebut mempunyai inti bahwa PLS adalah kumpulan individu yang memiliki ikatan satu sama lain untuk mengikuti pendidikan yang diselenggarakan diluar sekolah dalam rangka mencapai tujuan belajar. Adapun bentuk-bentuk satuan PLS, sebagaimana diundangkan didalam UUSPN tahun 1989 pasal 9:3 meliputi pendidikan keluarga, kelompok belajar, kursus dan satuan pendidikan sejenis

Program studi pendidikan luar sekolah terbentuk karena beberapa alasan. Di Indonesia masih banyak masyarakat yang kurang akan pengetahuan karena tidak mengenyam pendidikan. Tentunya ada faktor yang mendasari mengapa bisa mereka tidak melanjutkan pendidikannya. Faktor yang paling umum adalah keterbetasan ekonomi. Faktor ekonomi di kalangan masyarakat kurang mampu tentu menjadi pengahambat untuk mereka ingin melanjutkan pendidikan. Alhasil mereka bekerja apa adanya dengan pendidikan yang terbatas. Bahkan ada juga yang masih menganggur. Hal ini yang menjadi tugas pendidik dari pendidikan luar sekolah. Dapat mendidik dan membantu mereka untuk belajar. Tidak hanya anak-anak, namun orang tua yang buta huruf pun juga harus ikut belajar. Disini lah pendidikan luar sekolah berperan penting.

Di Indonesia kini marak kasus anak putus sekolah. Ada berbagai hal yang melatarbelakangi kasus tersebut seperti kurang perhatian orang tua, lingkungan, dan teman. Pendidik dari pendidikan luar sekolah dapat ambil peran disini. Membantu mereka yang putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Misalnya kelompok belajar paket A untuk Sekolah Dasar, paket B untuk Sekolah Menengah Pertama dan paket C untuk Sekolah Menengah Atas. Lulusan pendidikan luar sekolah dapat menjadi pendidik atau guru dalam kasus ini.

Banyak di temui saat ini di Indonesia lembaga bimbingan belajar (Bimbel) dan Home Schooling. Karena kesibukan atau faktor lain, orang kemudian mengambil keputusan untuk berhenti di sekolah formal dan melanjutkan pendidikan dengan Home Schooling. Home schooling, Bimbel, dan les privat merupakan peluang kerja juga untuk lulusan pendidikan luar sekolah.

Pemberdayaan perempuan, pelatihan kursus dan lembaga bimbingan lainnya adalah prospek kerja yang baik untuk lulusan pendidikan luar sekolah karena sudah sesuai dengan apa yang dipelajari. Mulai dari anak-anak dan lansia pun akan diajarkan di program studi pendidikan luar sekolah ini. Lulusan pendidikan luar sekolah juga dapat bekerja di instansi pemerintah nantinya, jadi tidak usah khawatir atau salah jurusan jika mengambil program studi pendidikan luar sekolah.

Dengan adanya pendidikan luar sekolah ini kita diajarkan untuk mengabdi dan mengayomi masyarakat. Mahasiswa/mahasiswi pendidikan luar sekolah tentu akan memiliki jiwa solidaritas dan jiwa sosial yang tinggi. Dan menjadi orang yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar menjadi kebanggaan tersendiri.

Banyak orang sukses dari jurusan pendidikan luar sekolah. Dengan usaha dan kegigihan setiap orang pasti akan berhasil. Ada yang bekerja sebagai PNS, ada yang mendirikan sekolah, sanggar, tempat kursus, kelas bimbingan belajar, dan lain sebagainya. Nah.. sekarang sudah ada gambaran kan seperti apa pendidikan luar sekolah dan prospek kerjanya? Jadi jangan khawatir dan tidak perlu takut atau gengsi untuk memilih program studi pendidikan luar sekolah.

*saat ini jurusan pendidikan luar sekolah, di berbagi perguruan tinggi negeri ada yang berganti , pendidikan non formal dan pendidikan masyarakat

Previous Post

Andragogi – Pembelajaran Orang Dewasa Bagi SDM Pelaksana Program Keluarga Harapan

Next Post

Makna, Fungsi, Karakteristik dan program pembelajaran Pusat kegiatan belajar masyarakat

admin imadiklus

admin imadiklus

telegram @tanpatinta

Related Posts

Ibu dan Anak Raih Gelar Magister Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Bareng

Ibu dan Anak Raih Gelar Magister Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Bareng

by admin imadiklus
12 Agustus 2023
0

Biasanya orang tua menjadi pendamping saat acara wisuda putra-putri mereka. Namun berbeda dengan kisah satu ini, Yekti Wulancahyani dan putra...

Jurnal Terbit – Edisi Terbaru LIFELONG EDUCATION JOURNAL Vol 3 No 1 (2023): April

Jurnal Terbit – Edisi Terbaru LIFELONG EDUCATION JOURNAL Vol 3 No 1 (2023): April

by admin imadiklus
27 Mei 2023
0

Jurnal Terbit - Edisi Terbaru LIFELONG EDUCATION JOURNAL Vol 3 No 1 (2023): April Kami dengan senang hati mengumumkan terbitnya...

Pengertian Pendidikan Luar Sekolah, Contoh Pendidikan Luar Sekolah, Prospek Pendidikan Luar Sekolah

Pendidikan Luar Sekolah: Pengertian, Contoh Dan Prospek

by admin imadiklus
25 Maret 2023
0

Pendidikan luar sekolah adalah bentuk pendidikan yang berada di luar lingkungan sekolah formal, dan dapat terjadi di berbagai tempat, waktu,...

Pendidikan Luar Sekolah, Satu Jurusan Sejuta Tujuan

Pendidikan Luar Sekolah, Satu Jurusan Sejuta Tujuan

by admin imadiklus
4 Januari 2023
0

Pendidikan Luar Sekolah, Satu Jurusan Sejuta Tujuan Delapan tahun yang lalu ketika seseorang mendengar kata Pendidikan Luar Sekolah (PLS) atau...

Next Post
Makna, Fungsi, Karakteristik dan program pembelajaran yang diselenggarakan Pusat kegiatan belajar masyarakat

Makna, Fungsi, Karakteristik dan program pembelajaran Pusat kegiatan belajar masyarakat

Analisis Kebijakan dan Program Pendidikan Masyarakat

Analisis Kebijakan dan Program Pendidikan Masyarakat

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERLANGANAN

Bergabung dengan 5,874 pelanggan lain

Arsip

RSS JOURNAL IMADIKLUS

  • Peran Kader Posyandu dalam Mencegah Kasus Stunting di Kelurahan Ngijo 27 Juni 2023 Nisa Nugraheni
  • Penguatan Program Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Dusun Sumber Lingkungan Banjarjo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur 27 Juni 2023 Devi Candra Nindiya
  • Sosialisasi Pembelajaran STEAM Guna Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur 27 Juni 2023 Laela Lutfiana Rachmah
  • Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran 27 Juni 2023 Rana Indah Setiawati
  • Pengelolaan Program Pelatihan Kursus Komputer Microsoft Office di Lembaga Kursus GOLEVAT Kota Semarang 27 Juni 2023 Bhakti Kusuma Wardani
  • Pelatihan Life Skill Membuat Sablon dalam Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis 27 Juni 2023 Dhanni Meisya
  • Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali) 27 Juni 2023 Shomedran Shomedran
  • Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo 27 Juni 2023 Evada Hardiyanti
  • Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat 27 Juni 2023 Zahra Ikhsania Putri
  • Analisis Metode Caper, Membaca Permulaan Dalam Pendidikan Keaksaraan Dasar di Rumah Belajar Desa Pergulaan 27 Juni 2023 Dwiayu Chairinisa
IMADIKLUS

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

NAVIGASI MENU

  • Hubungi
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Disclaimer
  • Tentang
  • Team Lej

Ikuti temukan kami

No Result
View All Result
  • Depan
    • Video
    • Contact
    • GALLERY IMADIKLUS
    • Upload Imadiklus
    • E-Modul
  • Tentang
  • Artikel dan Opini
    • Berita Utama
    • Berita PLS
      • Pendidikan Luar Sekolah
      • Pendidikan masyarakat
      • Pendidikan nonformal
      • Harapan PLS
    • ACUAN
    • Curhat
      • PLS UM
    • Campur
    • CPNS
    • Kebudayaan
    • Kegiatan Kampus
    • Kenal Lebih Dekat
      • Kisah Sukses
    • Life Skills
    • LOWONGAN
    • Pemanfaatan TIK
    • Prestasi Mahasiswa PLS
    • Tugas Kuliah
    • Uncategorized
  • Team Lej
  • Posting Artikel
    • Log In

@IMADIKLUS 2021 by @tanpatinta Jasa Pembuatan Web

Terkait imadiklus